CARA FLASH REALME C2 (RMX1941) TESTED

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Tutorial Flash Realme C2 RMX1941 tanpa PC dan menggunakan SP Flash Tool akan menjadi panduan dasar bagi Anda untuk perbaikan perangkat software pada smartphone Realme Anda. Ini merupakan salah satu cara untuk melakukan update firmware resmi dan mengatasi beberapa masalah seperti halnya stuck di logo, atau lupa pola kunci layar.


Apakah memang demikian yang saat ini Anda dapati dengan smartphone Realme Anda. Bukan waktunya lagi bagi Anda membiarkan itu berangsur lama. Sehingga, keadaanya seperti tidak dapat digunakan.

Seharusnya, Anda bisa memulai mencari solusi yang dapat membantu memperbaiki smartphone Anda dengan cara flash Realme C2 supaya bisa kembali normal.

Ada beberapa diantaranya yang bisa Anda lakukan selain dari menggunakan firmware. Anda juga dapat memulihkan smartphone Anda tanpa harus melakukan flash. Mengembalikan pengaturan pabrikan dapat menjadi tips yang tepat untuk saat ini.

Anda dapat mencoba langkah tersebut tanpa ragu melalui mode pemulihan. Terkadang ini bisa menjadi sarana untuk membersihkan cache yang ada dismartphone yang sebelumnya telah menumpuk dimemori Anda. Penyebab smartphone mengalami bootloop bisa juga dari hal tersebut.

Simak: Cara Hard Reset Realme C2

Langkah wiping data atau format data bisa Anda pilih untuk menjadi solusi awal pada smartphone Anda. Cara ini tidak memerlukan waktu yang lama dan dalam sekejap, Anda sudah dapat memulai ulang pengaturan system.

Yang terpenting, Anda sudah melakukan backup data jika memang memiliki kesempatan. Sedangkan cara flash Realme C2 dapat menjadi pilihan untuk memperbaiki smartphone Anda dari beberapa kasus. 

Bukan hanya masalah stuck dilogo saja. Karena yang paling umum, itu masih ada hubungannya dengan software. Begitu juga kalau smartphone mengalami bugs dengan aplikasi.

Biasanya bisa dilihat saat ia sering muncul notifikasi aplikasi tidak merespon atau aplikasi telah terhenti. Kendala seperti itu hanya bisa diperbaiki dengan melakukan pembaruan software.

Anda dapat memulai tindakan sederhana ini sebagai solusinya. Mengembalikan setelan pabrik tidak akan membantu menyelesaikan itu. Jadi, diperlukan langkah yang matang untuk mengatasi itu semua.

Cara Flash Realme C2 (RMX1941) TESTED

Cara flash Realme C2 ini bisa Anda simak sebagai langkah lebih lanjut dalam memperbaiki smartphone Android Realme Anda dari kendala yang terjadi. Anda harus menyiapkan satu file untuk bisa memulai langkah tersebut.

Cara Flash Realme C2 (RMX1941) Tanpa PC

Tahap pertama, nonaktifkan smartphone Realme Anda dan pastikan daya baterai masih tersisa sekitar 50% keatas.

Tahap kedua, Download dan simpan firmware berikut ke dokumen root di memori SD Card Anda.

Tahap ketiga, sekarang Anda dapat menyalakan kembali smartphone Anda dengan menekan tombol yakni Volume Bawah dan Power lalu tahan selama beberapa detik, hingga smartphone memasuki Mode recovery.

Tahap keempat, pada bagian ini Anda dapat menekan Volume Bawah atau Volume Atas sebagai navigasi dan Power untuk konfirmasi.

Tahap kelima, di bawah Mode recovery pilih Instal from storage device.

Tahap keenam, Anda memilih lagi Instal from SD dan cari firmware yang diperbarui.

Tahap ketujuh, pilih firmware yang Anda simpan tadi untuk mulai menginstal.

Tahap kedelapan, jika pesan konfirmasi muncul di layar Anda, lalu cukup tekan Ok.

Tahap kesembilan, smartphone Anda akan reboot secara otomatis dan mulai memperbarui perangkat lunak.

Tahap kesepuluh, proses pembaruan akan memakan waktu beberapa menit dan menunggu kesuksesan.

Tahap kesebelas, Anda dapat memilih REBOOT dan biarkan smartphone Anda loading.

Lebih mudahnya, Anda dapat menyimak panduan tambahan kami mengenai cara flash Realme C2 ini. Tidak berbeda dari tahap diatas dan Anda akan memahaminya dengan jelas dan singkat. Pastikan Anda dapat lebih teliti mengenai apa yang telah dijelaskan.


Setelah Anda selesai, smartphone akan restart cukup lama dan ini hanyalah proses loading saja. Anda akan melihat bahwa device Anda telah diperbarui dengan firmware melalui cara flash Realme C2 diatas.

Selain dari cara diatas, Anda juga bisa memilih untuk flashing menggunakan SP Flash Tool. Ini adalah tutorial yang akan saya tambahkan untuk membantu Anda memperbaiki device Realme C2.

Flashing melalui FlashTool gratisan ini dapat menjadi solusi ketika device Anda mengalami masalah berikut.
  •  Device benar-benar bootloop
  •  Mati suri tapi masih ke baca di Device Manager Komputer
  • Error pada Sistem
  • Sering retart
  • Lupa kunci layar pola/sandi
  • Device selalu masuk Recovery Mode
Tentunya untuk memulai pekerjaan ini, Anda memerlukan file pendukung yang memang harus disiapkan sebelumnya.

Catatan

Firmware dan tutorial ini sudah tested. Usahakan agar Anda bisa menyimak dengan teliti mengenai semua langkah yang saya jelaskan. Gunakan firmware Android scatter yang telah direkomendasikan.

Jika Anda memilih firmware Realme C2 versi lain yang masih dalam format OFP file, Anda bisa mengubahnya menjadi file Scatter dengan Tool gratis yang juga sudah pernah saya share. Untuk metodenya, Anda dapat mengikuti tutorial saya mengenai Cara mengubah file ofp ke Scatter.

Tutorial Cara Flash Realme C2 via SP Flash Tool

1. Silahkan download kedua file yang telah saya sediakan.
2. Sambil menunggu semua file terdownload, Anda bisa charger terlebih dulu device Realme Anda. Ini sebagai persiapan, dan pastikan device memiliki daya baterai yang cukup.

3. Nonaktifkan dulu Antivirus/Windows Scurity di Komputer Anda. Ekstrak kedua file yang sudah Anda download.

4. Install MTK USB Driver sampai selesai.

5. Ekstrak SP Flashtool v5.2020.00 dan buka foldernya, jalankan aplikasi bernama Flash_tool.

6. Ekstrak firmware Realme C2 RMX1941EX_11_A.23 untuk mendapatkan file Android Scatter.

7. Pada aplikasi Flash_tool klik Download-Agent. Temukan dan tambahkan file No_Auth.bin yang ada didalam folder SP Flash Tool.

menambahkan file scatter realme c2

8. Klik pada kolom Scatter-loading File. Temukan dan tambahkan file MT6765_Android_scatter yang ada didalam folder firmware.

9. Ekstrak mtk bypass rev1, lalu buka foldernya. Jalankan aplikasi didalamnya.

10. Nonaktifkan device Realme C2 Anda. Jika device tidak bisa dimatikan karena kondisinya tidak memungkinkan, buka tutup belakang, dan cabut soket baterainya lalu pasang kembali.

11. Sekarang pada aplikasi mtk bypass rev1, klik tombol Bypass. Tekan bareng tombol Volume Bawah dan Volume Atas pada device Realme C2 Anda sambil colok dengan USB kabel ke Komputer. Tunggu aplikasi mengatakan PROTECTION DISABLED.

bypass auth realme c2

12. Penting: pada aplikasi SP Flash Tool, hilangkan centang pada bagian Preloader dan Opporeserve2.

Flashing Firmware Realme C2

13. Klik Download pada SP Flash Tool. Anda dapat menunggu flashing firmware Realme C2 berlangsung beberapa menit.

14. Tunggu saja sampai proses tersebut mengatakan Download OK. Ini berarti flashing telah sukses.

15. Anda bisa mencabut USB kabel dari device Realme C2. Kemudian tekan beberapa detik tombol Power untuk menghidupkan device Anda.

16. Device akan loading beberapa menit. Saat sudah dalam posisi konfigurasi pada pilihan bahasa, pilih saja panggilan darurat. Ketikkan *#813# untuk membuat device bisa langsung masuk menu.

Kesimpulan

Flashing Realme C2 dari Recovery Mode dengan file OTA dan menggunakan FlashTool tujuannya adalah sama, yaitu perbaikan sistem yang sudah kurang efektif. Begitu juga mengatasi masalah lainnya yang sudah saya sebutkan.

Kalau Anda merasa ada masalah error saat memflash, coba pilih firmware versi lainnya yang cocok. Berhubung saya sudah sediakan beberapa versi, semuanya bisa saja Anda gunakan.

Demikian tutorial dari saya pada postingan ini tentang cara flash Realme C2 tanpa PC dan menggunakan FlashTool untuk perbaikan software dan beberapa masalah diantaranya. Jadikan ini sebagai pengetahuan baru Anda mengenai solusi yang tepat untuk smartphone Anda sendiri.