Cara Download Firmware. Readmore

Cara Flash Xiaomi Redmi 9T (Lime)

Cara Flash Xiaomi Redmi 9T bisa memilih dengan metode EDL Mode Test Point, atau pada Mode Fastboot.
Cara Flash Xiaomi Redmi 9T. Tutorial kali ini kita akan beralih ke smartphone Xiaomi. Dimana cara flashing ini akan membantu kalian semua yang belum mengetahui tentang cara upgrade MIUI, atau juga cara downgrade. Tentunya langkah ini menjadi peranan penting untuk semua pengguna.


Cara Flash Xiaomi Redmi 9T akan kami bahas sebagai bagian yang tidak bisa kita jauhi. Karena bisa saja kamu memerlukan tindakan ini ketika ingin memperbaiki device kamu. Jika smartphone kamu hari ini masih aman dan tidak menemui kendala, mungkin saja kamu belum harus bertindak untuk memperbaikinya.

Akan tetapi saat dimana kamu melihat device tiba-tiba bootloop dilogo, tentu kamu tidak harus membiarkannya. Selama ini kamu bisa saja tenang dalam menggunakan smartphone. Seandainya kamu suka mengoprek sistem, bisa saja masalah terjadi saat itu juga.

Baca: Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 9T

Semua pengguna samrtphone rata-rata hampir memiliki kesamaan. Ada yang sangat bisa menjaga device mereka, ada juga yang beberapa diantaranya tidak. Meningktakan stabilitas kinerja sistem memang diperlukan agar dapat menjaga kinerja device.

Semua orang bisa melakukannya, termasuk kamu yang baru saja membeli smartphone. Banyak tips yang bisa kamu pelajari untuk sekedar memahami cara pengoptimalan. Tapi itu saja tidak akan cukup bagi semua pengguna. Ada kalanya masalah itu datang secara tidak kamu duga.

Seperti halnya kamu malah lupa kata sandi pada device sendiri. Pastinya ketika itu harus terjadi, kamu tidak bisa mengakses menu karena device sudah terkunci. Hal ini mungkin baru kamu alamai selama kamu menggunakan smartphone.

Sementara ketika itu memang menjadi masalahmu, kamu bisa segera mencari tips yang dapat membantu untuk menghapusnya. Kalau tidak dengan cara mereset data pabrik, kamu bisa memilih untuk menginstal ROM.

Kami melalui postingan ini akan menjelaskan tentang bagaimana caranya upgrade MIUI melalui metode Test Point atau EDL Mode. Dimana cara ini lebih mudah dilakukan karena tidak menyulitkan pada saat menghubungkan device dengan Komputer.

Baiklah sekarang kami akan menjelaskan tentang beberapa tahapannya. Kami harap kamu bisa teliti dengan semua yang telah kami sampaikan.

Silahkan download terlebih dahulu semua file berikut:
Cara Flash Xiaomi Redmi 9T (Lime)

Ada dua cara untuk flashing ROM Redmi 9T. Kamu bisa memilih dengan metode EDL Mode Test Point, atau pada Mode Fastboot. Agar lebih jelas, kamu bisa simak dengan teliti tutorial kami.

1. Charger device kamu sampai daya baterai terisi sekitar 70 persen. Ini agar device terjaga dengan baik saat proses flashing. Begitu juga ketika device loading. Device tidak akan tiba-tiba mati karena kehabisan daya baterai.

2. Ekstrak file Qualcomm USB Driver dan MiFlashTool terlebih dahulu. Instal keduanya di Komputer kamu.

3. Untuk ROM Redmi 9T. Jika kamu menemui masalah karena file berwarna putih setelah ekstrak. Solusinya mudah saja.
  • Tambahkan kata rar dibelakang nama file tersebut.
  • Kamu akan melihat file berubah dalam format rar.
  • Kamu bisa ekstrak lagi file tersebut.
  • Setelah diekstrak, kamu akan mendapatkan folder berisi File ROM yang akan digunakan.
  • Pindahkan saja folder ROM Redmi 9T tersebut ke Lokal Disk (C) > Xiaomi (Pindahkan kedalam folder Xiaomi hasil dari instal MiFlashTool.
4. Sekarang kamu buka aplikasi XiaoMiFlash dari layar Komputer kamu.

5. Kalau kamu ingin mem-flash Redmi 9T dalam Mode EDL atau test point, kamu bongkar device kamu untuk menemukan titik kedua pin seperti contoh berikut. Selanjutnya, lepas soket baterai lalu pasang kembali. Satukan titik pin tersebut menggunakan pinset sambil colok device dengan USB kabel ke Komputer.

Redmi 9T Test Point

5. Jika kamu ingin mem-flash dalam Mode Fastboot. Matikan dulu device kamu (Turn Off). Kemudian, tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power. Tekan bareng kedua tombol tersebut lalu tahan beberapa detik sampai ia benar-benar masuk ke Mode Fastboot seperti contoh berikut. Jika gagal, kamu bisa ulang sampai bisa.

Mode FastBoot

6. Kembali ke MiFlash Tool. Setelah kamu menentukan metode flashing sesuai dengan yang kamu inginkan, klik Refresh maka device akan dikenali dan di Port berapa ia tersambung. Contohnya kami di COM 7. Mungkin akan berbeda disetiap Komputer.

7. Berikutnya klik menu Select, tambahkan file ROM Redmi 9T yang sudah diekstrak tadi. Contohnya seperti berikut. Pastikan tidak salah dalam menambahkan file ROM. Jika salah maka MiFlashTool tidak akan bekerja atau ada notifikasi failed dan lainnya.

menambahkan file rom redmi 9t

8. Dibagian bawah XiaoMiFlash, pilih Clean all. Klik tombol Flash untuk perintah menginstal ROM Redmi 9T.


Flashing ROM Redmi 9T

9. Sekarang kamu dapat menunggu karena proses ini memerlukan waktu hingga 30 menit.

10. Setelah MiFlash Tool mengatakan Success, berarti flashing sudah berhasil.

Dengan demikian kamu sudah menyelesaikan tahap upgrade MIUI atau biasa dibilang flashing firmware. Tahap ini juga bisa dijadikan solusi untuk melakukan downgrade ROM MIUI. 

#Kalau kamu sebelumnya memilih flash dalam mode EDL, kamu bisa lepas USB kabel dari device, juga lepas soket baterai dari mesin, lalu pasang kembali. Tekan tombol Power selama beberapa detik untuk menyalakan device.

#Kalau ternyata yang kamu pilih adalah metode Fastboot, lepaskan USB kabel dari device. Tekan terus tombol Power sampai device benar-benar menyala. Jika tidak bisa, tekan ketiga tombol secara bareng. Yaitu tombol Volume Atas dan Volume Bawah dan Power lalu tahan beberapa detik sampai device reboot.

Mungkin itulah tutorial kami sebagai panduan dasar buat kamu yang belum memahami cara flash Xiaomi Redmi 9T. Pertama kalinya kamu mengerjakannya, pastinya banyak pertanyaan yang akan terjawab secara perlahan.

Tetapi semakin kamu teliti dengan baik langkah-langkah diatas, kamu pasti bisa berhasil melakukannya dengan baik. Instal ROM, upgrade, maupun downgrade bisa juga kamu kerjakan sampai benar-benar sukses seperti yang diharapkan.

Post a Comment