2 CARA RESET SAMSUNG M10 Ke SETELAN PABRIK

Selamat Datang di Blog Khasbi.com. Hari ini kami akan berbagi tips mengenai cara hard reset Samsung Galaxy M10. Cara ini dapat menjadi solusi untuk mengembalikan pengaturan awal pada device. Terutama ketika device Anda sering ngelag atau ngehang saat digunakan.

Memori hampir penuh tapi ketika di bersihkan device tetap saja masih sering ngehang. Juga ketika layar touchscreen device terasa kurang responsif.

Tutorial ini akan kami bahas sekaligus menjadi referensi kami untuk Anda pemilik smartphone ini. Sebagai pengguna smartphone Samsung Galaxy M10, tentunya Anda menginginkan kemudahan dalam menemukan solusi.

Apa lagi mengenai permasalahan smartphone Anda karena harus di reset data pabrik, dan sekarang Anda merasa belum paham dengan benar bagaimana mengerjakannya.

Semakin Anda mencari sarana untuk mengetahui langkah itu maka Anda akan menemukan panduan, dan itu bisa Anda dapatkan secara mudah. Seperti pada postingan ini yang akan menjelaskan tentang cara hard reset Samsung Galaxy M10.

Cara reset hp Samsung Galaxy M10 ini dapat dilakukan dengan dua metode yang berbeda. Pertama kita bisa mengerjakannya melalui mode Android system recovery. Cara kedua kita bisa mengerjakannya melalui menu pengaturan. Biasanya metode kedua ini yang paling mudah.

Mengembalikan pengaturan pabrik merupakan cara paling efektif dan sagat disarankan sebagai metode perbaikan pada device kita sendiri. Selain dari hard reset, sebenarnya ada metode lainnya lagi yang dapat kita pilih.

Yaitu dengan cara flashing firmware Samsung Galaxy 10. Cara ini mungkin akan membuat Anda ribet kalau memang belum paham. Tapi itu menjadi langkah tepat untuk melakukan perbaikan software pada device Samsung kita saat ini. Seperti mengatasi masalah error, bootloop, dan ketika device terkena malware atau virus.

Jadi, sekarang kita bisa memilih untuk mengerjakan cara yang paling umum dan sangat mudah. Terlebih kalau hanya mengenai hard reset Samsung Galaxy M10. Kalau hari ini Anda ingin tahu mengenai langkah ini, simak dengan baik penjelasan kami.

Smartphone terbaru luncuran Samsung ini sudah mulai dijual di Indonesia, dan itu tidak berselang jauh dari awal ia diresmikan. Spesifikasi yang ditawarkan memanglah bagus sehingga membuat banyak konsumen tertarik untuk membelinya.

Samsung Galaxy M10 dilengkapi dapur pacu yang cukup mumpuni. Mulai dari prosesor dan RAM, itu membuatnya mampu menjalankan aplikasi secara responsif. Smartphone ini hadir dengan dua varian yang membedakan antara RAM dan ruang penyimpanan pada memori internal.

Namun, ini tidak akan mempengaruhi faktor pada kinerja yang mana smartphone ini memang dirancang untuk cukup berkinerja secara optimal. Kami yakin Anda merasa senang setelah membeli smartphone ini.

Sekarang setelah Anda memilikinya, mulailah untuk belajar tentang cara memperbaiki smartphone Anda sendiri ketika ada masalah yang muncul seiring waktu penggunaan.

Diantara banyak pengguna smartphone berbasis Android maupun iPhone, mereka ingin mengetahui tentang cara mereset data pabrik. Seperti halnya mereset Samsung Galaxy M10 yang akan menjadi metode pemulihan.

Hal ini dikarenakan memang perlu, dan ketika mendapati masalah device karena mengalami error atau sering ngelag, itu dapat menjadi cara terbaik dalam memulihkannya.

Begitu juga ketika Anda sendiri harus menemui masalah lupa password atau lupa pola kunci layar pada Samsung Galaxy M10. Sangatlah mudah untuk menyelesaikannya dengan hanya meresetnya saja.

Sehingga Anda tidak perlu lagi melihat device terkunci. Tapi, ini juga memerlukan pertimbangan dari Anda. Karena mereset device Samsung Anda melibatkan resiko bahwa tindakan ini tentu dapat menghapus data di dalamnya.Untuk itu kami sarankan agar Anda membuat cadangan terlebih dahulu agar data-data Anda aman.

Saat Anda sudah mem-backup data penting Anda sebelumnya, maka hard reset ini bisa dikerjakan secara mudah. Lain halnya jika Anda sendiri tidak membuat backup data, maka otomatis data Anda akan hilang karena terhapus.

Biasanya kalau device kita mengalami bootloop, kita tidak akan memiliki kesempatan untuk membuat cadangan. Tapi data yang di maksud akan terhapus ini hanya yang tersimpan pada memori internal saja, dan bukan yang tersimpan pada memori microSD.

Cara reset samsung m10

Baiklah, sekarang kami akan memberikan tutorial pertama tentang cara reset Samsung Galaxy M10 melalui Mode Recovery. Kami harap agar Anda bisa teliti dengan baik setiap langkah yang dijeslakan.

Cara Hard Reset Samsung Galaxy M10 Via Recovery Mode (Metode 1)

1. Sebelum memulai langkah ini, harap charger dulu baterai smartphone Samsung Anda hingga terisi minimal 60 persen. Kami sarankan agar Anda memperhatikan daya baterai device Anda agar selalu terjaga. Jangan sampai device mati saat proses hard reset berlangsung di karenakan kehabisan daya.

2. Jika daya baterai sudah terisi cukup, maka matikan dulu smartphone Anda (Power Off Device). Jangan lupa untuk mengeluarkan slot kartu SIM dan memori microSD.

power off samsung m10

3. Setelah itu, Anda dapat menyalakan smartphone Anda dengan cara menekan tombol 'Volume Atas' dan tombol 'Power' secara bersamaan. Caranya, tekan dulu tombol Volume Atas, lalu tombol Power kemudian tahan beberapa detik. Lepaskan kedua tombol yang Anda tekan setelah muncul 'Installing System Update' atau gambar Android dilayar. Seperti contoh berikut.

CATATAN: Kalau Anda terjebak dengan password atau pola kunci layar karena device terkunci, Anda dapat menekan tombol Power lalu konfirmasi Restart. Setelah layar device gelap atau mati, maka langsung cepat tekan tombol Volume Naik dan tombol Power.

installing system update

4. Ketika Anda sudah melihat dilayar device muncul gambar Android seperti diatas, tunggu sebentar maka device akan masuk di mode 'Android System Recovery'. Seperti contoh berikut.

samsung m10 factory reset

5. Pada langkah ini, Anda bisa memulai menavigasi dengan menekan tombol Volume Turun atau Volume Naik, dan untuk tombol Power bisa Anda tekan untuk eksekusi dalam memilih.

6. Silahkan navigasi kebagian 'Wipe data atau Factory reset', lalu konfirmasi Yes.

7. Selanjutnya Anda bisa menunggu sejenak sampai Format data sudah mengatakan komplit.

8. Setelah itu Anda dapat memilih Reboot system.

9. Hard reset Samsung Galaxy M10 berhasil. Sekarang waktunya menunggu smartphone Samsung Anda restart.

Perhatikan juga bahwa, Anda memerlukan langkah lain seperti mengtaur setelan awal. Mengatur bahasa dan wilayah. Siapkan juga email yang aktif untuk dapat login jika smartphone sudah terhubung dengan layanan data internet seluler dari kartu SIM Anda.

Kalau Anda sendiri tidak memiliki paket data internet aktif dari kartu SIM tersebut, maka Anda dapat mengandalkan jaringan Wi-Fi terdekat untuk mulai mengatur penyiapan.

Ketika Anda sudah menemukan jaringan yang dapat terhubung dengan baik, Anda dapat mengoperasikan smartphone Samsung Galaxy M10 Anda dari pertama, dan usahakan lebih teliti setiap Anda menggunakannya.

Cara Reset Samsung Galaxy M10 dari Pengaturan (Metode 2)

1. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah daya baterai. Jika baterai device Anda hampir habis, sebaiknya Anda mengisi daya terlebih dahulu.

2. Sekarang Anda bisa cari menu Pengaturan dari layar device Anda. Buka menu Pengaturan tersebut.

3. Kemudian cari menu Tentang Ponsel atau Buat Cadangan dan Reset.

4. Pilih menu Reset jika tersedia. Pilih lagi Reset data pabrik. Biasanya Anda akan melihat daftar mengenai semua data yang akan di hapus dari ponsel Anda. Termasuk diantaranya sebagai berikut:

  • Akun Google
  • Data sistem dan aplikasi
  • Pengaturan
  • Aplikasi unduhan
  • Musik/Gambar
  • Semua data pengguna lainnya
  • Aplikasi dan konten penyedia layanan
  • Kunci dekripsi untuk file di kartu SD

5. Kalau Anda sudah yakin, pilih tombol Reset. Device Anda akan restart.

6. Tunggu saja proses Wipe data selesai, sampai device Anda menyala lagi. Biasanya akan loading cukup lama. Setelah itu Anda bisa mengatur ulang untuk penyiapan. Anda dapat memilih bahasa dan wilayah seperti pada metode pertama diatas.

Kesimpulan

Mereset device Samsung Galaxy M10 umumnya sangatlah mudah. Ini adalah metode yang paling banyak di sarankan. Ketika Anda tidak menemukan solusi dari langkah ini, kemungkinan device Anda ada masalah software atau hardware.

Tapi setelah di analisa lebih lanjut ternyata masalahnya adalah software, Anda bisa mengambil tindakan untuk flashing firmware. Seandainya masalahnya di hardware (Mesin), Anda memerlukan analisa lagi. Ketika Anda sendiri memiliki kemampuan terbatas mengenai ini, Anda bisa datang ke layanan servis terdekat rumah Anda.

Itulah tips dan tutorial dari kami tentang cara reset hp Samsung Galaxy M10 ke setelan awal pabrikan. Beberapa langkah yang kami jelaskan ini cukup efektif untuk menyelesaikan masalah pada device. Perlu diperhatikan juga bahwa keberhasilan ini tergantung dari masalah pada device itu sendiri.