Ninja ZX-4RR Fitur & Spesifikasi

Ninja ZX-4RR Fitur & Spesifikasi - Setelah keberhasilan proyek ZX-25R, Kawasaki kembali meluncurkan versi motor sport terbaru dengan konsep mesin 4 silinder. Model Supersport yang inovatif, Ninja ZX-4RR, memiliki mesin In-Line Four 400cc dan sasis kompak terbaik di kelasnya.

Dirilis untuk pertama kalinya di Amerika Serikat pada 1 Februari 2023, Kawasaki Ninja ZX-4RR memiliki banyak fitur yang memanjakan pengguna, seperti clutch assist dan slipper, Kawasaki traction control, quick shifter, mode berkendara, dan Rideology's smartphone connectivity, yang memungkinkan pengendara dapat terhubung dengan Ninja ZX-4RR.


Ninja ZX-4RR Fitur & Spesifikasi
Table of Contents

Berbeda dengan peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R di Indonesia, Ninja ZX-4RR dirilis untuk pasar Amerika Serikat. Memiliki mesin 400cc dengan 4 silinder, 16 katup berpendingin udara, bore x stroke 57,0 mm x 39,1 mm, dan tenaga maksimal 57 kW (77 PS) dan 59 kW (80 PS) dengan fitur ram air.

Selain itu, Ninja ZX-4RR memiliki panel instrumen digital TFT 4,3 inci yang dapat menampilkan berbagai indikator dan informasi. Ini termasuk status bahan bakar, putaran mesin (rpm), speedometer, indikator kontrol traksi, ABS, pengecekan mesin, status tegangan aki, dan lainnya.

Urusan kaki-kaki terdiri dari shock BFRC lite gas charged dengan piggyback reservoir, compression, rebound, dan spring preload yang dapat disesuaikan pada 4.9 inci. Bagian depan memiliki fork yang diputar 37 milimeter dengan internal SFF-BP dan keluwesan preload batang pada 4,7 inci.

Profil roda ZX-4RR cukup besar dengan ban 120/70 depan dan 160/60 belakang. Sistem pengeremannya terdiri dari dua cakram 290 mm di depan dan satu cakram 220 mm di belakang yang dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS).

Kawasaki Ninja ZX-4RR memiliki tinggi jok 800 mm dan bobot 189 kg, dan dapat bersaing dengan F3, Brutale 800, Dragster, dan CB650R.

Tidak peduli apakah pengguna berada di trek atau di jalanan, ia dapat merasakan kehebatan tenaga Ninja ZX-4RR yang belum pernah ada sebelumnya, raungan rpm tinggi yang mendebarkan, dan penyerahannya yang gesit dan cepat pasti akan membangkitkan keinginan pengguna untuk menjadi Supersport.

FITUR

Performansi Mesin Kelas A

Performansi Mesin Terbaik di Kelasnya. Kawasaki meningkatkan kinerja mesin 400cc dengan menghasilkan tenaga 57 kW (77 PS) yang belum pernah terlihat sebelumnya. Kegembiraan pengendara ditingkatkan oleh deru mesin saat putaran melebihi 15.000 menit-1.

Dengan kecepatan cepat dan respons throttle langsung, karakternya yang fleksibel menawarkan torsi yang kuat pada kisaran rendah hingga menengah untuk berkendara di kota dan tenaga rpm tinggi yang ideal untuk olahraga atau berkendara di trek.

Angka homologasi spesifikasi JPN dihitung dengan menggunakan kondisi tetap. Spesifikasi bervariasi berdasarkan kebutuhan pasar. Gambar dapat berbeda-beda tergantung pada situasi. Ada kemungkinan bahwa ini tidak berlaku untuk semua unit.

Suspensi Tinggi

Suspensi Berkualitas Tinggi Garpu terbalik ø37 mm Ninja ZX-4R menggunakan internal SFF-BP untuk kegunaan sehari-hari dan performa trek balap, sedangkan suspensi belakang Horizontal Back-link memberikan karakter progresif. Garpu ront Ninja ZX-4R SE dan ZX-4RR memiliki preload pegas yang dapat disesuaikan, dan Ninja ZX-4RR memiliki shock belakang Showa BFRC lite—jenis yang sama dengan Ninja ZX-10R.

High-revving Strength

Performa Putaran Tinggi: Mesin ini menampilkan teknologi yang terinspirasi dari balap yang juga ditemukan pada Ninja ZX-10R, dengan redline melampaui 15.000 menit-1, menunjukkan potensinya yang luar biasa. Putaran tinggi menghasilkan suara mesin yang khas dan menggembirakan, ciri khas Kawasaki In-line Four berperforma tinggi.

Komponen dan fitur premium

Komponen dan Fitur Premium: Ninja ZX-4R SE dan ZX-4RR memiliki quick shifter untuk perpindahan gigi yang cepat dan mudah, dan gaya berpadu dengan substansi dengan gaya kelas atas dan paket bermutu tinggi.

Selain itu, Ninja ZX-4R memiliki fitur premium seperti instrumentasi warna TFT yang memberikan informasi yang jelas, Riding Mode terintegrasi yang menghubungkan kontrol traksi dan mode daya untuk pengaturan mesin yang mudah. transformasi.

Nimble Supersport Ultra-Compact Chassis

Sasis Supersport yang Canggih dan Ringkas. Semua Ninja ZX-4R memiliki handling yang sangat tajam dan feedback yang luar biasa yang membangkitkan rasa percaya diri. Hal ini berasal dari upaya Kawasaki untuk mengembangkan Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R, yang menghasilkan Ninja ZX-4R dengan karakter handling yang mirip dengan saudaranya.

KQS ganda (SE/RR)

Quick shifter memungkinkan pengendara untuk memaksimalkan karakter mesin Ninja ZX-4R yang menggembirakan dengan memungkinkan perpindahan gigi naik dan turun tanpa kopling, yang memungkinkan akselerasi dan deselerasi yang cepat.

World Superbike Inspired Chassis Design

Desain sasis Terinspirasi dari World Superbike: Pembalap World Superbike Ninja ZX-10RR Kawasaki menjadi inspirasi untuk desain sasis WorldSBK, yang mencakup dimensi utama sasis, seperti posisi pusat gravitasi, posisi poros lengan ayun, posisi sumbu mesin, dan sudut kastor, antara lain.

Kompatibel dengan smartphone

Konektivitas Ponsel Cerdas: Teknologi Bluetooth yang tertanam pada panel instrumen memungkinkan pengendara menghubungkan fungsi instrumen melalui aplikasi ponsel pintar "RIDEOLOGY THE APP", yang meningkatkan pengalaman bersepeda motor.

Trellis Frame with Optimised Rigidity Balance

Rangka Teralis yang Dioptimalkan untuk Kekakuan dan Keseimbangan Rangka teralis yang terbuat dari baja berkekuatan tarik tinggi ini, yang dibuat menggunakan analisis kekakuan dinamis Kawasaki yang canggih, memberikan keseimbangan kekuatan dan kelenturan sasis yang diperlukan untuk penanganan gaya supersport yang gesit dari Ninja ZX-4R.

Styling Fierce Ninja ZX

Gaya Ninja ZX yang Ganas: Ninja ZX-4R, yang disesuaikan dengan mesin terkuat di kelas 400cc, memancarkan aura agresif dengan tenaga terkendali dan aksi eksplosif.

Ergonomics for Control and Comfort

Ergonomi untuk Kenyamanan dan Kontrol Posisi berkendara Ninja ZX-4R yang agresif secara alami (lebih ke depan daripada Ninja 400, tetapi masih sedikit santai) memungkinkan pengendara menikmati penanganan gesitnya.

Tangki bahan bakarnya terasa ramping, sehingga lebih dekat dengan sepeda motor, dan bentuk bantalan kursi yang kokoh memudahkan perpindahan berat pengendara selama berkendara sport dan membuatnya nyaman untuk berkendara jauh.

Integrated Riding Mode

Mode Berkendara Terintegrasi: Ada empat mode berkendara terintegrasi: Sport, Road, Rain, atau Rider (manual). Ini memudahkan untuk memilih tingkat kontrol traksi dan mode daya yang sesuai dengan kondisi berkendara saat ini.

Ram Air Intake

Asupan Udara Ram: Saluran Ram Air samping, yang dirancang dengan umpan balik Ninja H2, melengkapi asupan Ram Air di tengah dan mengarahkan udara ke kotak pembersih udara, berkontribusi pada kinerja yang luar biasa. Tampilan agresif dan suara intake In-Line Four menambah pengalaman menjerit. Secara visual, motor ini mirip dengan model Ninja ZX Kawasaki.

All-LED Lighting

Semua pencahayaan Ninja ZX-4R menggunakan LED, mulai dari lampu depan kembar hingga lampu belakang yang terinspirasi dari Ninja ZX-10R.

Disc Brake Front Dual

Rem Cakram Depan Ganda: Dengan kaliper monoblok radial-mount dan dua cakram rem depan ZX-4R berukuran ø290 mm, Anda memiliki tenaga pengereman yang kuat dan sensasi pengereman yang luar biasa yang menginspirasi kepercayaan diri baik di trek maupun di jalan.

Teknologi Informasi Warna TFT dengan Modul Circuit

Instrumentasi Warna TFT dengan Sirkuit Mo. Instrumentasi warna TFT serba digital 4,3” dengan mode tampilan yang dapat dipilih (Normal atau Sirkuit) menampilkan informasi paling relevan, baik di jalan raya maupun di trek. Mode Sirkuit menampilkan posisi gigi, waktu putaran, dan rpm di atas 10.000 dengan lebih jelas.

Teknologi Ninja ZX-4RR

Power Modes

Modus Operasi. Model dengan beberapa Mode Tenaga memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan penyaluran tenaga mesin dengan mudah sesuai dengan preferensi dan kondisi berkendara. Selain mode Daya Penuh, ada mode alternatif yang disebut Rendah dan dua mode yang disebut Menengah dan Rendah, yang masing-masing memiliki daya maksimum terbatas dan respons throttle yang lebih ringan.

ABS

Roda sepeda motor dapat terkunci dan tergelincir jika Anda mengerem terlalu lama atau pada permukaan dengan koefisien gesekan rendah, seperti aspal basah atau penutup lubang got. ABS dibuat untuk mencegah hal seperti itu terjadi. Pemrograman Kawasaki ABS yang sangat presisi dan andal dibuat berdasarkan pengujian menyeluruh dalam berbagai situasi berkendara.

Mereka meningkatkan kenyamanan berkendara dengan memastikan kinerja pengereman yang stabil. Selain itu, ada sistem ABS khusus yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan khusus pengendara tertentu. Misalnya, sistem rem Kawasaki Intelligent Anti-Lock Brake System (KIBS), yang dibuat khusus untuk model supersport, memungkinkan lebih banyak pengendara menikmati berkendara sport.

Selain itu, K-ACT (Kawasaki Advanced Coactive-braking Technology) ABS menghubungkan rem depan dan belakang, memungkinkan Anda menikmati touring dengan model kelas berat. Kawasaki terus bekerja untuk mengembangkan sistem ABS yang lebih canggih.

KTRC (tiga mode)

KTRC 3-mode menggabungkan teknologi kontrol traksi dari KTRC 1-mode, yang meningkatkan stabilitas dalam situasi licin dengan mencegah selip roda, dan S-KTRC, yang memprediksi rasio selip roda belakang selama berkendara untuk memastikan traksi yang ideal dalam situasi berkendara olah raga. Kecepatan, menggabungkan ke dalam satu sistem.

Bahkan saat berkendara, saklar pegangan yang nyaman memungkinkan Anda mengubah jenis kontrol traksi secara instan dengan memilih salah satu dari tiga mode. Seperti S-KTRC, yang dirancang untuk olahraga berkendara, mode 1 dan 2 memastikan traksi terbaik saat menikung dengan memaksimalkan penggerak ke depan dari roda belakang. Jumlah intervensi yang digunakan oleh mode 1 dan 2 berbeda.

Mode 1 dirancang untuk kondisi jalan kering dan cengkeraman yang baik. Ini juga mempertahankan rasio slip yang ideal untuk memastikan traksi yang sempurna. Mode 3, yang mirip dengan mode KTRC 1, mengurangi tenaga untuk memungkinkan cengkeraman kembali ketika terdeteksi putaran roda belakang.

Sangat ideal saat berkendara di lingkungan basah atau licin. Mode KTRC 3 adalah sistem manajemen mesin paling canggih Kawasaki yang memungkinkan pengendara dengan mudah mengubah karakter kontrol traksi.

KQS: Pemindah Gigi Kawasaki yang Cepat

KQS mendeteksi bahwa tuas transmisi telah diaktifkan dan mengirimkan sinyal ke ECU untuk mematikan kunci kontak, yang memungkinkan gigi berikutnya diaktifkan tanpa kopling dengan mengaktifkan perpindahan gigi tanpa kopling.

Dalam model yang memungkinkan perpindahan gigi ke bawah tanpa kopling, sistem mengontrol kecepatan engine secara otomatis saat deselerasi, memungkinkan untuk memilih gigi bawah berikutnya tanpa menggunakan kopling.

Konektivitas Smart Phone

Pengendara dapat terhubung ke sepeda motornya secara nirkabel berkat teknologi pintar. RIDEOLOGY THE APP adalah aplikasi smartphone yang memungkinkan Anda mengakses berbagai fitur instrumen, meningkatkan pengalaman bersepeda motor Anda.

Smartphone dapat melihat data kendaraan seperti odometer, pengukur bahan bakar, jadwal perawatan, dll. Ponsel cerdas dapat melihat catatan berkendara, yang bervariasi tergantung pada model, tetapi mungkin mencakup rute GPS, posisi gigi, rpm, dan informasi lainnya. Panel instrumen menampilkan pemberitahuan telepon (panggilan atau surat) saat terhubung.

Pengendara juga dapat menggunakan smartphone untuk mengubah pengaturan tampilan instrumen sepeda motor, seperti pilihan unit, jam, dan tanggal. Bahkan, pada model tertentu, Anda dapat menggunakan smartphone untuk melihat dan mengubah pengaturan kendaraan seperti Mode Pengendara, Fitur Dukungan Pengendara Elektronik, dan Pengaturan Muatan.

Suspensi Belakang dengan Tautan Horizontal

Dengan suspensi belakang Horizontal Back-link, unit shock hampir horizontal. Ini berbeda dengan suspensi belakang Uni-Trak Kawasaki tradisional yang memasang unit shock secara vertikal. Pengaturan suspensi asli Kawasaki mendekatkan unit shock ke pusat gravitasi sepeda motor, meningkatkan sentralisasi massa.

Selain itu, karena tidak ada linkage atau shock unit yang menonjol di bawah swingarm, ada ruang yang lebih besar untuk exhaust pre-chamber, atau ruang ekspansi knalpot yang terletak tepat di hulu peredam. Dengan ruang depan yang lebih besar, volume peredam dapat dikurangi dan komponen knalpot yang berat dapat ditempatkan lebih dekat ke bagian tengah sepeda, yang membantu sentralisasi massa.

Hasilnya adalah kualitas perawatan yang lebih baik. Salah satu keuntungan tambahan adalah unit shock ditempatkan jauh dari panas knalpot. Panas dari sistem pembuangan meningkatkan tekanan oli dan gas suspensi, meningkatkan stabilitas suspensi. Banyak manfaat sekunder yang ditawarkan oleh suspensi back-link horizontal.

Sandal dan Kopling

Menurut informasi yang dikumpulkan dari aktivitas balap, Assist & Slipper Clutch menggunakan dua jenis kamera cam bantu dan slipper cam untuk menggerakkan hub kopling dan pelat operasi baik bersamaan maupun terpisah. Cam bantu bertindak sebagai mekanisme self-servo saat beroperasi secara otomatis dengan menarik hub kopling dan pelat operasi bersama-sama untuk menekan pelat kopling.

Hal ini mengurangi beban pegas kopling secara keseluruhan, sehingga tuas kopling terasa lebih ringan saat mengoperasikannya. Ketika gigi bergerak ke bawah dengan cepat (atau tidak disengaja) menyebabkan pengereman mesin yang berlebihan, slipper cam mengganggu hub kopling dan pelat operasi.

Hal ini mengurangi tekanan pada pelat kopling, sehingga mengurangi torsi balik dan mencegah ban belakang tergelincir. Fungsi gaya balap ini sangat bermanfaat saat berolah raga.

Spesifikasi Ninja ZX-4RR

Detail

Panjang x Lebar x Tinggi : 1,990 x 765 x 1,110 mm
Jarak poros roda : 1,380 mm
Jarak ke Tanah : 135 mm
Tinggi Tempat Duduk : 800 mm
Berat : 189 kg
Kapasitas Bensin : 15 litres

Power

Power Maksimum : 56.7 kW {77 PS} / 14,500 rpm (with Ram Air)
Torsi Maksimum : 37.6 Nm {3.8 kgfm} / 12,500 rpm
Jenis Mesin : Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four
Volume Silinder : 399 cc
Diameter x Langkah : 57.0 x 39.1 mm
Perbandingan Kompresi : 12.3:1
Sistem Katup : DOHC, 16 valves
Sistem Suplai Bahan Bakar : Fuel injection: ø34 mm x 4
Sistem Pengapian : Digital
Start : Electric
Transmission : 6-speed, return
Primary Reduction Ratio : 2.029 (69/34)
Final Reduction Ratio : 3.429 (48/14)
Kopling : Wet multi-disc, manual
System Final Drive Type : Chain

Performance

Tipe Rangka : Trellis, high-tensile steel
Suspensi Depan : ø37 mm inverted fork (SFF-BP) with spring preload adjustability and top-out springs
Suspensi Belakang : Horizontal Back-link, BFRC lite gas-charged shock with piggyback reservoir, compression and rebound damping and spring preload adjustability, and top-out spring
Wheel Travel Depan : 120 mm
Wheel Travel Belakang : 124 mm
Sudut Putar/Trail : 23.5° / 97 mm
Roda Depan : 120/70ZR17M/C (58W)
Roda Belakang : 160/60ZR17M/C (69W)
Rem Depan : Dual semi-floating ø290 mm discs
Kaliper Depan : Dual radial-mount, monobloc, opposed 4-piston
Rem Belakang : ø220 mm disc
Kaliper Belakang : Single-piston

Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024, satu-satunya varian yang tersedia di Indonesia, memiliki mesin 399 cc dan transmisi 6-speed. Harga awalnya adalah Rp 244,800,000.