Cara Flash Samsung Galaxy A14 (SM-A146P) UPDATE

Tutorial Cara flash firmware Samsung Galaxy A14 dengan kode model SM-A146P menjadi tips yang dapat kami berikan untuk membantu dalam memperbaiki device Android Samsung kamu ketika menemui masalah. Seperti ketika sistem device kamu sudah kurang efektif, ditemui masalah error yang terus berulang.

Cara Flash Samsung Galaxy A14 (SM-A146P) UPDATE

Hal ini memang bisa saja terjadi pada setiap smartphone. Yang paling umum juga saat ia mengalami bootloop dilogo. Kadang ada juga yang ngelag tiba-tiba. Sebenarnya bukan suatu masalah sulit untuk diperbaikinya. Cara flash Samsung A14 bisa kamu pilih untuk memperbarui sistem seperti awal lagi.

Tapi ini bukan tentang mereset ke pengaturan pabrikan. Karena tujuannya adalah menulis data ulang pada device Samsung kamu menggunakan firmware resmi. Tentunya adalah flash file original.

Saat ini smartphone Samsung dari beberapa model telah didukung dengan chipset MediaTek. Seperti Samsung Galaxy A14 ini yang bakal kita bahas tentang cara memperbaikinya.

Meski demikian, kita tidak akan menggunakan SP Flash Tool untuk sekedar menginstal stock ROM yang tersedia. Walaupun kamu sendiri sudah mendownload file yang diperlukan, jangan terburu-buru memilih FlashTool.

Karena file yang sudah kami share sebelumnya bukan file Android Scatter. Sehingga tidak akan kompatibel dengan SP Flash Tool. Kita akan memilih untuk menggunakan Odin yang merupakan Tool yang biasa digunakan untuk memflash device model Samsung.

Smartphone Samsung Galaxy A14 ini berjalan dengan OS Android 13 yang merupakan OS awal sejak pertama ia diluncurkan. Kabarnya belum ada berita yang menjelaskan akan ada upgrade ke OS terbarunya Android.

Sepertinya ia akan tetap setia dengan  menggunakan OS Android yang sekarang. Tapi kamu tidak perlu khawatir jika ada masalah bug, pihak Samsung sendiri akan tetap memberikan dukungan pembaruan path sistem dan keamanan kepada setiap pengguna smartphone ini.

Cara flash Samsung A14 ini bukan hanya sekedar memperbaiki masalah bootloop, dan error saja. Terutama bagi kamu yang ingin membuka kunci layar seperti pola/sandi, kamu bisa mencoba langkah ini.

Device terbaru Samsung sekarang ini cukup sulit ketika ingin meresetnya. Karena ketika device kamu terkunci dan kamu berulang kali mencoba membukanya itu cukup membutuhkan waktu. Seperti meminta sandi saat ingin dimatikan.

Biasanya mereset hp Samsung A14 yang lupa pola/sandi memerlukan akses ke menu Android system recovery. Jadi, kamu memerlukan teknik khusus untuk bisa mmembuatnya memasuki Mode Recovery.

Hal ini tidak akan kami bahas pada postingan ini. Karena kita akan fokuskan dulu untuk mengulas tutorial flashing firmware Samsung A14 saja. Jika kamu sudah tidak sabar ingin memflash device kamu sendiri, kamu bisa mulai dulu menyiapkan file dukungan.

Berikut kami rekomendasikan file apa saja yang dibutuhkan.

  • Odin
  • Samsung USB Driver
  • Stock Firmware A146PXXU3BWF1
  • Pilihlah file versi yang sama sesuai yang bisa kamu lihat pada device, atau versi terbaru untuk upgrade software

Cara Flash Samsung Galaxy A14 (SM-A146P) UPDATE

1. Sebelum memulai, usahakan agar device Samsung kamu tetap terjaga dengan kondisi daya baterai yang cukup. Setidaknya kamu sudah charger hingga daya baterai terisi sekitar 80 persen.

2. Sekarang kamu bisa mulai ekstrak Odin dan file firmware yang baru saja kamu download.

3. Selanjutnya kamu Install Samsung USB Driver for mobile di Komputer. Driver memiliki peranan penting saat kita ingin memflash device. Jadi jangan sampai kamu lewatkan langkah ini.

4. Dalam posisi device menyala, sambungkan device kamu tersebut dengan USB kabel ke Komputer. Matikan dulu device Samsung kamu (Turn Off). Setelah itu, tekan saja tombol Volume Atas dan Volume Bawah dan tombol Power, lalu tahan beberapa detik sampai device bergetar dan muncul logo Samsung. Pada posisi ini langsung lepaskan tombol Power, dan kedua tombol Volume tetap ditekan. Tunggu sampai kamu melihat teks Warning. Kemudian tekan sekali tombol Volume Atas supaya device kamu berada pada Mode Downloading. Contohnya seperti berikut.

Samsung Odin Mode

5. Buka aplikasi Odin Flash Tool. Cek apakah device kamu sudah terbaca oleh Odin dengan kotak biru dan muncul dengan nomor port COM.

6. Kamu bia mulai menambahkan file firmware Samsung A14 ke setiap bidang di Odin sesuai dengan nama kolomnya. Yaitu file BL, AP, CP, CSC.

7. Pada bagian kotak tambahan, piilihan yang akan diperiksa adalah F Reset Time dan Auto-Reboot.

flash firmware samsung a14

8. Klik tombol Start, kamu dapat menunggu beberapa menit sambil melihat proses flashing firmware berlangsung. Jika flashing sukses, Odin akan mengatakan PASS!.

9. Setelah flash selesai, device akan reboot sendiri, dan Anda dapat memutuskan koneksi USB kabel dari device.

Dengan demikian kamu sudah berhasil memflash firmware Samsung Galaxy A14 melalui beberapa langkah saja.

Saatnya kamu melihat device rstart, kemudian ia akan menampilkan beberapa setelan. Selain itu, kamu juga mendapatkan setelan sistem seperti baru lagi. 

Kesimpulan

Flashing dengan tujuan menginstal firmware biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Ini kalau kondisi device memang tidak ada kendala lain. Seperti halnya konektor USB rusak, USB kabel kurang bagus, atau memang device kamu memiliki masalah hardware.

Melalui langkah ini kamu juga bisa meningkatkan versi software. Tapi ini bukan dengan cara update OTA, tapi memflash secara manual menggunakan dukungan Komputer.

Load comments

0 Comments