2 Cara Flash Xiaomi Mi A3 ROM Global Stable

Tutorial Cara Flash Xiaomi Mi A3 ROM Global Stable dapat Anda pahami sebagai bagian dari langkah penting untuk perbaikan software dan update MIUI. Ketika smartphone kesayangan Anda mendapatkan kendala seperti stuck dilogo, ini merupakan cara yang tepat untuk segera memulihkannya.

2 Cara Flash Xiaomi Mi A3 ROM Global Stable

Cara flash Xiaomi Mi A3 tidak hanya dapat memperbaiki satu masalah saja. Disaat smartphone sering muncul notifikasi aplikasi telah terhenti (application has stopped) dilayar, itu tidak menjadi hal yang sulit untuk mengatasinya.

Terkadang, notifikasi ini membuat banyak pengguna merasa tidak nyaman dan menghalangi aktifitas ketika menggunakan device.

Namun, bukan hal yang sulit bagi Anda agar bisa menemukan solusi yang tepat untuk semua masalah yang ada. Dari beberapa kasus yang terjadi pada perangkat Anda, cobalah secara pelan-pelan untuk bisa memperbaikinya.

Jika memang bukan kendala software dan harus dilakukan flashing, Anda masih bisa memilih untuk mengembalikan stelan pabrik. Factory data reset Xiaomi Mi A3 menjadi salah satu pilihan bagi pengguna dan itu dapat diterapkan.

Dari segi perbaikan, memang tidak semuanya akan diatasi namun itu dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum flashing. Anda juga dapat memasuki mode recovery dan memilih perintah Wipe data untuk cara lainnya selain dari itu.

Kalau semua kedua langkah tersebut memang tidak membantu Anda untuk mengatasi seluruh kendala yang ada, Anda masih dapat menemukan solusi untuk segera memulai cara flash Xiaomi Mi A3. Melaui postingan ini, pastinya Anda dapat belajar lebih jauh tentang hal baru yang mungkin belum pernah Anda temui.

Flashing MIUI merupakan solusi untuk melakukan perbaikan perangkat lunak. Dengan tahapan ini, Anda bisa saja memulai update atau downgrade perangkat Anda kapan saja dan itu sangat mudah. Anda juga tidak akan menemui kesulitan ketika memulai tindakan ini sebagai pilihan Anda sekarang.

Saya akan mencoba memberikan Anda dua metode yang berbeda tentang cara flashing Xiaomi Mi A3 MIUI upgrade. Metode lokal update recovery kemungkinan dapat menjadi langkah pertama jika itu bisa.

Karena langkah ini tergantung dari kondisi smartphone itu sendiri. Jika memang dalam keadaan bootloop, pastinya Anda harus memflash menggunakan metode kedua yaitu dalam mode fastboot.

Perhatikan juga bahwa tindakan ini dapat saja menghapus data pada device Anda. Lakukan backup untuk menghindari hal tersebut sehingga aman untuk Anda. Pikirkan kembali sebelum Anda melanjutkan proses ini.

Cara Flash Xiaomi Mi A3 ROM Recovery

1. Isi daya smartphone Xiaomi Anda hingga tingkat baterai di atas 50%. Utamakan ini terlebih dulu sebelum menyiapkan bahan dukungan yaitu firmware untuk device Anda.

2. Sekarang, Anda bisa mulai mengunduh file ROM Recovery V12.0.25.0.RFQMIXM.

3. Hubungkan Device Xiaomi Anda ke Windows PC/laptop menggunakan kabel micro USB, salin file ROM yang sudah selesai di unduh tadi ke folder Downloaded_ROM pada dokumen internal atau root perangkat Anda didalam memori SD Card.

4. Setelah itu, nonaktifkan perangkat Xiaomi Anda terlebih dahulu. Kemudian Anda nyalakan kembali untuk memulai instal firmware.

5. Jika sudah menyala, buka saja aplikasi Pengaturan (Settings) di Xiaomi Anda. Pilih Tentang Telepon (About Phone) dan klik Pembaruan sistem (Update System).

6. Pilih 3 titik di sudut kanan atas dan pilih paket pembaruan (Choose Update Package). Pilih file ROM di folder Downloaded_ROM pada memori Anda.

7. Setelah memilih file ROM yang sesuai, smartphone Anda akan memulai proses pembaruan MIUI. Proses ini tentunya akan memakan waktu beberapa menit dan Anda dapat menunggu hingga sukses. Smartphone Anda akan secara otomastis reboot ketika proses pembaruan sudah selesai.

Anda sudah berhasil menyelsaikan metode diatas untuk update ROM Xiaomi Mi A3 dan juga perbaikan. Silahkan Anda menunggu hingga smartphone selesai reboot.

Selanjutnya saya akan bahas mengenai cara flash Xiaomi Mi A3 untuk metode yang kedua. Ini diperlukan beberapa file pendukung termasuk Windows PC/Laptop. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai langkahnya, Anda dapat mengunduh beberapa dukungannya terlebih dagulu.

Siapkan bahannya:

Cara Flash Xiaomi Mi A3 Menggunakan MiFlashTool

1. Isi daya smartphone Xiaomi Anda hingga tingkat baterai di atas 50%.

2. Kumpulkan jadi satu mengenai file yang telah didownload. Ekstrak semuanya sehingga menghasilkan folder. Install Qualcomm Driver hingga selesai. Cek format penamaan file ROM Xiaomi Mi A3 harusnya adalah (.tgz). 

3. Matikan smartphone Xiaomi Anda. Tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan untuk masuk ke mode Fastboot seperti berikut.

4. Hubungkan saja device Xiaomi Mi A3 Anda ke Windows PC/laptop menggunakan dukungan kabel USB.

5. Install MiFlash yang sudah didownload. Klik dua kali untuk menginstall pada Windows PC/laptop Anda. Kalau ada peringatan keamanan, pilih 'Run'. Setelah selesai di install, buka aplikasi MiFlash tersebut. Klik Select, lalu temukan dan tambahkan file ROM laurel_sprout_global_images_V12.0.26.0.RFQMIXM_20220808.0000.00_11.0_2292e2c0b1.

menambahkan file rom xiaomi mi a3

6. Klik tombol Refresh, MiFlash akan mendeteksi smartphone Xiaomi Anda dengan terbaca nomor PortCOMnya. Pada bagian bawah contohnya seperti gambar diatas, pilih Clean All. Ini untuk membuat device kembali kepengaturan awal. Termasuk menghapus data, akun, dan lainnya.

7. Selanjutnya klik tombol Flash untuk mulai flashing ROM Xiaomi Mi A3 Anda. Tindakan ini tidak dapat dibatalkan, dan memerlukan waktu kurang lebih antara 20 menit.

flash mi a3 success

9. Tunggu sampai progress di MiFlash berubah menjadi hijau, artinya ROM telah sukses di install diperangkat Anda. Device akan otomatis reboot dengan versi terbaru.

Anda sudah berhasil menyelesaikan tahapan diatas tentang cara flash Xiaomi Mi A3. Jika terjadi kendala di halaman reboot setelah selesai flashing ROM, pilih wipe data melalui Mode Recovery.

Caranya:

  • Matikan dulu device Xiaomi kamu.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Atas dan tombol Power secara bersamaan untuk masuk ke Mode Recovery.
  • Kemudian, pilih wipe all data.
  • Pilih Reboot system.

Itulah tutorial saya pada postingan ini mengenai cara flash Xiaomi Mi A3 dengan dua metode yang berbeda. Semoga dapat menjadi panduan yang dapat Anda pahami dengan baik.

Load comments

0 Comments