Cara Flash Samsung Galaxy Tab A SM-T385 Tested

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Pada postingan ini saya berikan tutorial flashing firmware Samsung Galaxy Tab A SM-T385 menggunakan Odin dan komputer. Metode ini adalah sebagai salah satu bagian yang dapat kamu lakukan dalam memperbaiki masalah software dan pembaruan firmware.


Cara Flash Samsung Galaxy Tab A SM-T385

Saya akan bahas tips ini semudah mungkin agar kamu bisa mengerti mengenai semua tahapannya. Cara ini sudah saya tested dengan tablet yang kami dapati dari pelanggan. Mungkin kamu bisa menjadikan pengalaman ini untuk perbaikan tablet kamu sendiri.

Baru-baru ini kami mendapati kasus pada Samsung Galaxy Tab A SM-T385 karena bootloop (Stuck On Logo). Menurut pengguna, ia tidak mengerti cara memperbaikinya sendiri. Maka dari itu, kami jadikan pengalaman ini buat kamu yang mengalami masalah yang sama dengan pelanggan saya.

Semoga dengan adanya tutorial yang saya sediakan, kamu bisa melihat tablet Samsung kamu kembali seperti awal. Karena terkadang ada saja tablet yang menemui kendala tersebut karena disebabkan memori penuh. Itu membuat perangkat tidak dapat loading ke sistem Android dan menampilkan menu seperti biasanya.

Memang ada saja tablet yang menemukan masalah dan membuat penggunanya sendiri bingung akan sebabnya. Kebanyakan pengguna hanya tahu apa yang mereka pahami selain dari itu. Belum tentu ia menyadari apa yang sebelumnya mereka lakukan pada tablet tersebut.

Setiap pengguna memang memiliki karakter yang berbeda mengenau cara menggunakan perangkat mereka sendiri. Ada sebagian yang suka mengoleksi aplikasi game. Ada juga yang melengkapi aktifitas belajar mereka dengan menggunakan tablet ini.

Kebetulan orang yang nyervis Samsung Galaxy Tab A ini sangat memperhatikan kondisi yang ada. Dengan cepat masalah tersebut terjadi, ia langsung datang minta diperbaiki.

Karena keperluan pendidikan sehingga perangkat tersebut harus benar-benar bisa digunakan kembali. Saat ini jika kamu merasa bahwa tablet Samsung Galaxy Tab A kamu memerlukan pemulihan dengan cara pembaruan software, saya coba bantu dengan tutorial ini agar kamu bisa memperbaikinya sendiri.

Semua langkah pasti bisa kamu pahami karena kami akan melengkapinya dengan video yang bisa langsung disimak.

Harap untuk dikethaui bahwa langkah ini bisa saja menghapus data diperangkat kamu. Pastikan kembali untuk membuat cadangan sebelum flashing firmware dilakukan. Namun kalau kondisinya memang tidak memungkinkan karena kamu tidak dapat menyalin semua data kamu, kamu bisa langsung memflash saja.

Cara Flash Samsung Galaxy Tab A SM-T385 via Odin

1. Kamu bisa mulai dengan mendownload bahan berikut yang kami sebutkan.

2. Setelah file selesai didownload, lebih baik kamu kumpulkan menjadi satu folder yang sama. Ekstrak file firmware dan kamu seharunya mendapatkan 5 file Tar.MD5 seperti contoh berikut.

AP_T385DXS4CUD3.tar.md5: File System dan Recovery
BL_T385DXS4CUD3.tar.md5: Bootloader File
CP_T385DXS4CUD3.tar.md5: Modem
CSC_T385DXS4CUD3.tar.md5: Country | Region | Operator
HOME_CSC_T385DXS4CUD3.tar.md5: Country | Region | Operator

3. Pastikan driver SAMSUNG diinstal pada komputer kamu. Ditambah lagi, pastikan juga daya baterai device kamu cukup, atau setidaknya memiliki daya sekitar 50% atau lebih akan sangat kami sarankan.

4. Matikan tablet kamu karena flashing firmware ini akan dimulai dengan device telah nonaktif.

5. Nyalakan kembali tablet kamu dengan cara tekan tombol Volume Turun dan Power lalu tahan beberapa detik. Setelah tampil logo Samsung Galaxy Tab A dan disusul dengan pesan Warning, kamu tekan sekali tombol Volume Naik agar dia masuk ke Mode Download.

6. Setelah dalam mode Downloading, sambungkan tablet ke Komputer, lebih baik menggunakan kabel USB asli yang didapatkan saat pembelian perangkat tersebut.

7. Jalankan aplikasi Odin Flash Tool, kamu akan melihat bahwa Odin akan mendeteksi perangkat dengan kotak biru dan muncul dengan nomor port COM dikolom atas.

8. Kemudian tambahkan setiap file ke setiap bidang di Odin sesuai dengan nama kolomnya BL, AP, CP, CSC. Gunakan file CSC jika kamu ingin melakukan flash bersih atau HOME CSC jika kamu ingin memflash dengan tetap menyimpan aplikasi dan data kamu agar tidak terhapus.

9. Jangan centang kotak tambahan dan satu-satunya pilihan yang akan diperiksa adalah F Reset Time dan Auto-Reboot.

10. Selanjutnya klik saja tombol Start, tunggu Odin Flash Tool mengatakan 'PASS' dengan notifikasi sukses.

11. Setelah flash selesai, tablet akan reboot, dan kamu dapat memutuskan koneksi perangkat dari Komputer.

Agar lebih jelasnya kamu dapat menyimak tutorialnya langsung dari video yang akan sangat mudah dipahami. Ini akan melengkapi semua mengenai tahapan yang sudah saya uraikan.


Demikianlah tips dari kami tentang flashing tablet Samsung Galaxy Tab A model SM-T385 menggunakan software Odin. Dengan waktu yang cepat kamu sudah bisa memperbaiki tablet kamu dari bootloop. Selain itu, cara ini juga bisa memulihkan tablet ketika mengalami error sistem dengan aplikasi bawaan.

Tablet Samsung kamu juga akan diperbarui menggunakan firmware versi terbaru yang telah kamu download sebelumnya. Harap simpan file tersebut agar nantinya kamu tidak perlu download lagi ketika ingin melakukan flashing atau perbaikan.

Load comments

0 Comments