Cara Download Firmware. Readmore

CARA FLASH SAMSUNG GALAXY A30 SM-A305F Full File

Tutorial Flash Samsung Galaxy A30 SM-A305F binary file AP, BL, CP, dan CSC gratis menggunakan software Odin untuk mengatasi Bootloop.

Selamat Datang di Blog Khasbi.com - Hari ini saya akan memberikan tutorial Cara Flash Samsung Galaxy A30 SM-A305F binary file AP, BL, CP, dan CSC  gratis menggunakan software Odin. Ini adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi smartphone ketika stuck dilogo/bootloop.

Kalau smartphone Anda terkunci karena alasan lupa password/sandi, Anda juga bisa menggunakan metode ini. Flashing firmware Samsung Galaxy A30 ini juga dapat membantu untuk Anda yang ingin melakukan upgrade OS Android 11.

Tahap ini akan saya bahas untuk Anda yang hari ini ingin melakukan perbaikan secara menyeluruh. Terutama, bagi Anda yang mendapati smartphone mengalami error pada aplikasi. Masalah ini tidak dapat dihindari kalau Anda memang terlalu berlebihan menggunakan smartphone.

Oleh sebab itu, memahami tentang cara flash Samsung Galaxy A30 menjadi pemikiran yang sangat penting. Apalagi untuk mengatasi masalah bootloop yang sekarang memang sulit diperbaiki dengan mereset data pabrik.

Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mencegahnya agar itu tidak akan terjadi. Mengoptimalkan kinerja smartphone Anda dapat mendukung smartphone tetap baik.

Rutin dengan membersihkan cache yang menumpuk pada memori adalah awal yang dapat Anda lakukan. Anda dapat menggunakan dukungan aplikasi untuk melakukan itu.

Dapatkan aplikasi yang terpercaya untuk mengoptimasi smartphone Anda dan pastikan aplikasi tersebut selalu up to date. Untuk mengetahui ini, Anda dapat melihat berapa yang sudah menggunakan aplikasi tersebut dan apa pengalaman mereka yang sudah menginstalnya.

Seandainya smartphone Samsung Anda sudah terlanjur stuck dilogo, jangan ragu untuk mencoba tahap wipe data atau factory reset terlebih dulu. Mulailah dengan langkah sederhana dan ini dapat Anda jadikan sebagai pertolongan pertama.

BACA: Cara Hard Reset Samsung Galaxy A30

Jika sekarang Anda lebih siap untuk cara flash Samsung Galaxy A30 Anda, dapatkan ROM yang tepat sesuai dengan model dari smartphone Anda tersebut.

Pada halaman ini, saya akan mencoba menjelaskan secara detail tentang tahap flash menggunakan firmware resmi empat file. Mengenai firmware dukungan dan beberapa alat lainya sudah kami sediakan secara lengkap untuk Anda.

Bahkan, Anda akan mendapatkannya secara free tanpa harus meminta password untuk membuka file tersebut. Saran saya, tindakan cara flash Samsung Galaxy A30 ini adalah merupakan pembaruan system dan ada hal yang perlu Anda perhatikan.

Mungkin akan ada data yang terhapus dan Anda usahakan untuk membuat backup jika memang diperlukan. Kalau masalah yang terjadi sungguh tidak memungkinkan, Anda dapat langsung mem-flash.

Untuk memulai tahapan ini, Anda dapat segera menyimak panduan saya. Ini juga bisa dijadikan langkah untuk update OS Android device Anda.

Pertama, siapkan bahan berikut:

  • PC/Laptop
  • USB kabel
  • USB Driver Samsung
  • Odin Tool
  • Firmware Update Versi A305FDDS6CWA3
  • Untuk upgrade Android 11 pilih sesuai versi yang diinginkan

Cara Flash Samsung Galaxy A30 SM-A305F via Odin

1. Isi terlebih dahulu daya baterai smartphone Samsung Anda hingga tingkat baterai di atas 60 persen. Ini menjadi syarat terpenting untuk menjaga smartphone tetap menyala ketika nantinya restart

2. Jangan lupa untuk ekstrak firmware yang baru saja Anda unduh dan Anda akan mendapatkan lima file (md5) didalam folder terpisah dan Anda bisa cek.

3. Selanjutnya Anda install driver SAMSUNG sampai mengatakan finish. Kalau ternyata di komputer Anda sudah ter-instal driver USB ini maka abaikan saja langkah ini

4. Nonaktifkan smartphone Anda terlebih dahulu.

5. Selanjutnya, buat smartphone dalam Mode Download dengan cara menekan tombol Volume Bawah dan Volume Atas secara bersamaan lalu tahan sambil menghubungkannya sama USB kabel.

6. Setelah itu, buka saja software Odin. Ketika smartphone Samsung A30 sudah dalam Mode Download, Anda akan melihat bahwa aplikasi Odin akan mendeteksi perangkat Anda dengan kotak biru yang muncul dengan nomor port COM. Seperti contoh berikut.

Samsung Mode Download

7. Tambahkan setiap file ke setiap bidang di Odin sesuai dengan nama kolomnya yakni BL, AP, CP, CSC. Hanya empat file saja yang diperlukan untuk di flash ke perangkat. Gunakan file CSC jika Anda ingin melakukan flash bersih dengan tujuan menghapus dan membersihkan data di smartphone Samsung Anda. Contohnya ketika Anda berniat ingin menjual smartphone Anda tapi tidak ingin ada data yang tertinggal di perangkat. Bagi yang tidak ingin datanya terhapus saat memflash firmware, ganti saja file CSC dibidang Odin dengan file HOME CSC. Dengan ini maka aplikasi dan data-data Anda akan tetap untuh

menambahkan firmware ke bidang odin

8. Jangan mencoba untuk mencentang kotak tambahan dan satu-satunya pilihan yang akan diperiksa adalah bagian F Reset Time dan Auto-Reboot.

9. Jika sudah, klik tombol Start dan tunggu sampai Tools Odin mengatakan 'PASSED' di kotak hijau.

flash firmware samsung done

10. Setelah flashing selesai, perangkat Anda akan Restart dengan sendirinya, dan Anda dapat memutuskan koneksi smartphone Anda dari USB kabel. Kemudian Anda dapat menunggu proses loading yang kemungkinan cukup lama. Harap sambil charge smartphone Anda agar baterai tetap terjaga.

Kalau Anda ingin tutorial tambahan, lebih jelasnya Anda juga dapat menyimak video berikut.

Anda telah berhasil menginstal firmware pada smartphone Anda dengan beberapa tahap saja seperti diatas yaitu memflash Samsung Galaxy A30.

Sekarang Anda dapat melihat smartphone kembali dengan optimal seperti setelan awal. Jika sebelumnya memang mentok dilogo/bootloop, itu sudah tidak lagi dan keadaannya akan seperti baru lagi.

Tambahkan aplikasi pihak ketiga kalau Anda sudah melihat smartphone siap untuk di gunakan. Jangan berlebihan dalam penggunaan aplikasi agar smartphone Anda tidak mudah ngehang.

Demikianlah tutorial flashing firmware Samsung Galaxy A30 yang bisa saya tambahkan pada kesempatan hari ini. Meski sedikit, mudah-mudahan bisa membantu memperbaiki smartphone Anda yang sebelumnya menemui masalah software atau terkunci karena Anda lupa sandi/pola.

Post a Comment