Cara Flash Lenovo Vibe X2-AP via Flashtool

Terbaru yang akan kami posting kali ini merupakan pengalaman pribadi dan hal ini menyangkut tentang cara flash Lenovo Vibe X2-AP. Kali ini kami mendapati satu smartphone Lenovo Vibe X2 ini dengan kondisi bahwa smartphone tidak bisa booting kemenu yakni mengalami bootlogo di Lenovo saja ketika dinyalakan.

Sepertinya smartphone mengalami bootscreen saat pengguna mencoba melakukan update sistem secara online yaitu Update OTA ke Android Lollipop yang merupakan versi terbaru namun gagal. Tidak disangka bahwa kondisi jaringan yang tidak memungkinkan sehingga kegagalan terjadi ditengah proses dan smartphone langsung menjadi off.

Setelah dicoba dihidupkan dengan menekan daya, smartphone terkondisi dengan sistem tidak bisa bekerja atau loading. Bagi sobat semua yang memiliki smartphone Lenovo Vibe X2 dan bermasalah seperti ini diperlukan perbaikan software yaitu sistem operasi harus diperbaharui. Caranya ialah dengan melakukan flash ulang mengandalkan SP flashtool untuk memproses semuanya.Flashing Lenovo Vibe X2-AP via FlashtoolTentunya tahap melakukan flashing ini dilakukan dengan menggunakan PC dan dengan prosedur yang sangat mudah. Pada tutorial yang kami bagikan pada postingan ini mencakup perbaikan seluruh software pada smartphone dan bahan yang kami gunakan adalah firmware terbaru untuk Lenovo Vibe X2-AP dengan versi (X2-AP_ROW_S223_150528). 

Namun, kami juga sudah menyediakan dua firmware yang mana itu dapat menjadi sebuah pilihan tentang file mana yang hari ini ingin sobat gunakan. Atau jika sobat ingin melakukan factory data reset terlebih dahulu pada Lenovo Vibe X2,, maka sobat bisa mengikuti panduan kami yang sudah dibahas sebelumnya. Mungkin wiping data dapat menjadi satu pilihan pertama dan dapat menjadi pertolongan ketika sobat hanya lupa password.

Simak juga: Cara Hard Reset Lenovo Vibe X2

Bagi sobat yang ingin melakukan downgrade ke versi lama yaitu Android Kitkat (X2-AP_ROW_S130_150412), itu bisa dilakukan hari ini jika OS yang baru belum memberikan kenyamanan. Dalam melakukan downgrade langkahnya juga sama seperti tutorial yang akan kami uraikan ini.

Kedua file yang kami sajikan juga telah kami tested dan tidak ada kendala sama sekali mengenai hasil dari setelah flash ulang. Sobat tidak perlu khawatir mengenai dua firmware ini untuk sekedar bahan yang memang diperlukan.

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Bahan bisa download terlebih dahulu:

Berikut adalah tutorial flashing Lenovo Vibe X2-AP via Flashtool silahkan simak dengan teliti:

  1. Ekstrak file firmware hasil download dan kamu akan mendapati bahan sudah lengkap dengan flashtool dan tentunya firmware ada didalam folder target.bin
  2. Buka folder hasil ekstrak dari Auto Installer Driver v1.1236.00, lalu install MTK Driver dan SmartPhoneDriver
  3. Mulai jalankan Flashtool
  4. Setelah flashtool terbuka lalu klik saja pada Scatterloading
  5. Cari file txt seperti (MT6595_Android_scatter) tepat didalam folder target.bin lalu pilih file tersebut dan biarkan beberapa detik flashtool memproses file
  6. Peringatan: Pastikan pada Option > Download > General Setting, centang Da DL All with Cheksum
  7. Setelah itu matikan smartphone dan siapkan kabel USB
  8. Klik Download
  9. Sambungkan smartphone Lenovo Vibe X2-AP ke kabel USB ke PC dalam posisi mati
  10. Proses download file akan berlangsung beberapa menit jadi tidak perlu panik
  11. Jika telah selesai akan bertanda Download Ok sebagai notifikasi bahwa flash ulang pada perangkat atau smartphone Lenovo Vibe X2-AP telak sukses
  12. Hidupkan smartphone untuk melihat hasilnya

Berikut merupakan video tutorial yang dapat kami sajikan dari hasil melakukan flash ulang Lenovo Vibe X2 sebagai tambahan dan semoga bisa membantu sobat untuk memahami langkah diatas.

Jangan panik jika proses restart setelah flashing cukup lama karena memang demikian. Hal ini dikarenakan proses penataan aplikasi dan pengoptimalan sistem yang baru dari smartphone.

Demikian tutorial flash Lenovo Vibe X2 yang dapat mengisi waktu untuk berbagi pengalaman baru kami melalui postingan ini. Semoga tutorial flash ini dapat bermanfaat untuk semua pengguna blog kami dalam memulihkan smartphone.

2 Comments

  1. BAMBANG KMS May 4, 2017
    • khasbi.com™ May 4, 2017

Add Comment