Cara Hard Reset Samsung Galaxy J5 Pro SM-J530/DS

Hai teman-teman, pada kesempatan ini saya akan memberikan ulasan tentang cara hard reset Samsung Galaxy J5 Pro SM-J530. Untuk semua yang belum mengerti akan tahap ini, semoga tips yang saya bahas hari ini dapat membantu kalian semua.

Pada dasarnya, hard reset merupakan tahapan yang ditujukan untuk kembali mengatur ulang pengaturan smartphone. Ini dilakukan karena untuk membantu penggunanya dapat memulihkan kembali smartphone yang sebelumnya terdapat masalah yang tidak diduga.

Disaat pengguna harus terjebak pada kondisi yang dinamakan lock screen atau keamanan layar yakni pola maupun password maka ini dapat segera diselesaikan. Dengan tahap wipe data semua pengaturan yang pernah dibuat pada smartphone akan kembali menjadi standar.

Simak juga: Cara Hard Reset Lenovo Vibe X2-AP

Jika memang kalian sekarang mengahadapi masalah ini, sekarang kalian dapat segera mengahpus lock screen yang membuat kalian menjadi bingung. Terjebak dengan masalah ini terkadang kita tidak dapat mengetahui tentang langkah apa yang dapat dilakukan. Untuk itu, tips ini saya sajikan kepada teman-teman semua yang pada kesempatan ini ingin mendapatkan solusi.Cara Hard Reset Samsung Galaxy J5 Pro SM-J530/DSMempunyai smartphone dengan model Samsung Galaxy J5 Pro ini mungkin sudah sangat membanggakan diri kita. Smartphone ini memiliki fitur yang sangat menakjubkan karena Samsung Galaxy J5 Pro dilengkapi dengan fitur Samsung Scure Folder. Fitur ini dapat berguna untuk memberikan perlindungan tambahan secara pribadi dan hanya pengguna yang dapat mengaksesnya.

Selain dari itu, Samsung Galaxy J5 Pro juga menyandang spesifikasi yang bagus dan mendukung sebuah kinerja yang cukup optimal. Prosesor pendukungnya yakni CPU memiliki kecepatan kinerja Octa-core yang mencapai hingga 1,6 GHz. Telah didukung juga dengan penyematan RAM sebesar 3 GB serta tambahan memori internal untuk penyimpanan data yang mencapai 32 GB.

Smartphone besutan Samsung ini telah dibekali dual kamera dengan kamera belakang dan kamera depan yang keduanya memiliki resolusi sama. Pada kamera belakang dan kamera depan, Samsung Galaxy J5 Pro ini memiliki kamera dengan besar resolusi mencapai 13 MP.

Sebenarnya, masih banyak lagi fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone model Samsung Galaxy J5 Pro ini. Namun, kita kembali pada titik pembahasan yang lebih penting yaitu tentang tips untuk smartphone ini dalam menyelesaikan beberapa masalah kecil. Ini bisa dilakukan jika memang muncul sebuah masalah yang memang hanya bisa diperbaiki dengan cara ini.

Simak juga: Cara Hard Reset Vivo Y65 Dengan Sederhana

Seperti yang sudah saya singgung diatas, ketika kita sebagai pemilik smartphone lupa dengan gambar pola maupun hanya password, tips ini dapat berguna untuk mengatasi itu. Disisi lain, saat dimana kalian telah melihat respon kinerja yang kurang baik pada smartphone maka itu juga bisa diatasi dengan hard reset ini.

Mungkin ketika smartphone yang kita pegang memiliki banyak aplikasi yang berlebihan itu juga dapat menyebabkan smartphone menjadi lemot. Tidak hanya itu saja yang dapat kita simpulkan akan terjadinya masalah itu. Terkadang, bisa juga dikarenakan kita sering menggunakan smartphone untuk selalu bermain game yang terlalu berlebihan.

Sekarang kita dapat segera memulihkan semua fungsi pada pengaturan smartphone kita sendiri dengan sangat cepat dan dengan hanya memulai untuk merestart ulang. Semua upaya apapun dan masalah yang terjadi tersebut itu bisa saja dengan mudah dipulihkan dengan tahap ini.

Berikut adalah tahap hard reset Samsung Galaxy J5 Pro:
  1. Pertama silahkan charger dahulu baterai hingga terisi sekitar 70%
  2. Selanjutnya silahkan matikan dahulu smartphone dengan menekan tombol Power lalu konfirmasi matikan daya
  3. Berikutnya nyalakan kembali smartphone dengan menekan tombol Vol (+) dan tombol Home serta tombol Power
  4. Tekan saja ketiga tombol tersebut selama beberapa detik
  5. Sesaat logo Samsung Galaxy J5 Pro telah muncul, silahkan lepaskan tombol Power saja
  6. Tidak menunggu lama smartphone akan muncul robot Android dengan notifikasi installing system update
  7. Selanjutnya tekan kedua tombol Vol hingga masuk pada menu Android system recovery seperti berikutMasuk Menu Recovery Pada Samsung Galaxy J5 Pro
  8. Sekarang kita lanjut ketahap selanjutnya yaitu dengan tekan tombol Vol (-) sebagai scrol untuk menuju kemenu Wipe data/factory reset
  9. Setelah itu tekan tombol Power untuk memulai konfirmasi Ok
  10. Tekan kembali tombol Vol (-) untuk scrol pada menu Yes–delete all user data
  11. Silahkan tekan tombol Power untuk konfirmasi
  12. Smartphone akan segera memulai proses wiping data selama beberapa detik dan itu mungkin cukup lama karena tergantung dari beberapa data yang akan dihapus
  13. Setelah komplit maka tekan tombol Power untuk mulai mereboot system
  14. Selesai

Beberapa tahap diatas sebenarnya bisa dilakukan dengan hanya beberapa menit saja. Tidak seperti kita melakukan flash firmware yang kadang membutuhkan waktu hingga satu jam lamanya.

Pada tips tambahan, saya akan memberikan panduan untuk melakukan factory reset. Ini tidak seperti tahap diatas karena caranya sangatlah lebih mudah dan teman-teman pasti bisa melakukannya.

Berikut adalah cara factory reset Samsung Galaxy J5 Pro:
  1. Pastikan smartphone memiliki daya baterai cukup
  2. Silahkan ketuk saja menu Pengaturan atau Settings
  3. Dari beberapa pengaturan pilih menu Manajemen umum atau General management
  4. Berikutnya Anda ketuk Reset
  5. Ketuk lagi Reset data pabrik atau Factory data reset
  6. Kembali Anda ketuk Reset dan konfirmasi Hapus semua atau Erase all
  7. Smartphone akan restart dengan sendirinya
  8. Tunggu hingga smartphone mulai reboot lagi
  9. Selesai

Ketika proses telah selesai dan smartphone sudah direboot maka loading penyiapan aplikasi akan dimulai dan ini tinggal menunggu waktu saja. Pengaturan bahasa akan dimunculkan pada saat smartphone sudah selesai reboot. Pastikan juga smartphone dapat terhubung dengan salah satu layanan data internet sehingga proses masuk menu dapat dimulai.

Add Comment