Cara Hard Reset Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G/DS

Berganti kepembahasan terbaru bahwa diartikel ini saya sempatkan untuk berbagi tips tentang cara hard reset smartphone Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G/DS. Sebagaimana ini adalah tips yang bisa saya sampaikan untuk sekedar membantu Anda pemilik smartphone Samsung Galaxy J3 Pro dalam memulai tahap pemulihan awal.

Apa Anda sudah mengetahui bagaimana caranya menghapus gambar pola yang Anda lupa? Bisa saja Anda kedapatan bahwa masalah Anda hampir sama dan masih bersangkutan dengan pengaman layar seperti sandi. Anda akan mengetahui secara betul akan cara menghapus masalah itu dan Anda hanya memerlukan tindakan nyata untuk menyimak tips saya ini.

Beberapa kendala lain yang Anda alami dengan smartphone mungkin juga bisa Anda selesaikan dengan mudah. Dimana ketika smartphone Anda sudah mulai lamban dalam pembukaan aplikasi atau beberapa hal lain, Anda sudah tahu cara yang tepat untuk mengatasi itu semua. Setahu saya, jika smartphone sudah mulai lamban atau lemot itu tergantung dengan kita sebagai pemilik.

Simak juga: Cara Hard Reset Lenovo K5 A6020a40 from Recovery

Anda mungkin kurang memperhatikan aplikasi yang belum diupdate dan bisa jadi memori internal smartphone Anda hampir kepenuhan aplikasi tambahan yang Anda pasang. Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan smartphone Anda menjadi kritis adalah memulai tahap root dengan aplikasi yang tidak kompatible.

Hard Reset Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G

Seharusnya Anda tidak benar-benar melakukan itu dan saya sarankan memang tidaklah perlu. Smartphone Anda sebenarnya sudah didukung perlengkapan hardware yang tangguh juga beberapa fitur menarik dari OS yang dijalankannya.

Samsung Galaxy J3 Pro sendiri dibekali OS Android v7.0 Nougat yang merupakan sistem operasi terbarunya Android. Smartphone ini sudah cukup canggih untuk keperluan dasar dalam akses internet. Tidak jauh dengan beberapa smartphone lainnya bahwa Samsung Galaxy J3 Pro telah dibekali jaringan 4G LTE.

Kinerja dari Samsung Galaxy J3 Pro juga sangat handal karena disemati prosesor model Exynous 7570 Quad-core 1.4 GHz dengan dampingan RAM 2 GB serta pengolahan grafik layar dari Mali-T720MP2. Ditunjang juga dengan energi baterai yang memiliki daya sekitar 2400 mAh. Layarnya memiliki luas 5.0 Inci bersama teknologi LPS capacitive touchscreen.

Samsung Galaxy J3 Pro sudah mendukung memori internal dengan kapasitas 16 GB serta satu slot untuk memori tambahan berupa microSD hingga 256 GB. Memiliki kelebihan disektor kamera belakang yang ternayata sudah tersemat kamera beresolusi 13 MP lengkap dengan autofokus dan LED flash. Kamera depannya yang beresolusi 5 MP lengkap dengan LED flash juga sangat bagus untuk menghasilkan gambar selfie.

Samsung Galaxy J3 Pro menjadi salah satu smartphone kelas menengah karemna dibanderol harga mencapai Rp 2,5 jutaan. Anda sebagai pemilik harus sangat hati-hati dengan smartphone Anda sendiri dan jangan sampai terbelit dengan masalah sendiri. Seperti yang sudah saya perjelas dengan beberapa problem yang dapat menyulitkan Anda sendiri yaitu lupa gambar pola maupun sandi.

Saat Anda sudah terlanjur menghadapi itu, mulai detik ini Anda bisa belajar bagaimana Anda menyelesaikan itu semua. Bagaimana Anda memulihkan smartphone Anda sendiri dengan Anda tangani sendiri sesuai tahap yang benar. Saya akan berikan penjelasan kepada Anda tentang beberapa tahap memulihkan smartphone Samsung Galaxy J3 Pro dan semoga bisa Anda pahami.

Tahap Hard Reset Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G:
  1. Perhatikan dahulu bahwa smartphone Anda sudah memiliki tingkat daya baterai sekitar 60%
  2. Karena Anda terjebak dilupa pola maupun sandi maka Anda harus membuat smartphone Anda bisa reboot ke menu Android recovery
  3. Silahkan tekan tombol daya yakni tombol Power kemudian konfirmasi dengan ketuk memulai lagi
  4. Ketika itu juga Anda sudah melihat smartphone Anda berkedip dan silahkan Anda gerak cepat untuk tekan ketiga tombol Vol (+), Home, dan Power
  5. Anda perlu tekan ketiga tombol tersebut dan tahan selama beberapa detik
  6. Sesudah Anda melihat bahwa smartphone Anda sudah menyala kembali dan muncul logo Samsung Galaxy J3 Pro maka lepaskan hanya tombol Power
  7. Anda perlu menunggu beberapa detik hingga smartphone Anda memasuki menu Android system recovery
  8. Anda sudah bisa ketahap selanjutnya yaitu dengan navigasi kebawah dengan tekan tombol Vol (-) dan Anda arahkan kemenu Wipe data/factory reset
  9. Setelah itu Anda tekan tombol Power untuk mulai konfirmasi Ok
  10. Berikutnya Anda tekan kembali tombol Vol (-) sebagai navigasi kemenu pilihan Yes–delete all user data
  11. Silahkan Anda konfirmasi lagi dengan menekan tombol Power
  12. Smartphone Anda akan mulai memproses wiping data selama beberapa detik tergantung beberapa data yang akan dihapus
  13. Setelah Anda melihat bahwa wipe data komplit maka Anda bisa langsung tekan tombol Power untuk memulai reboot smartphone Anda

Untuk memahami tahap diatas, saya bantu Anda dengan satu buah video yang sudah saya sematkan dan Anda bisa simak langsung sebagai pemahaman tambahan dari saya.

Artikel terkait: Cara Flashing Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G/DS

Saya juga akan bantu Anda untuk mengetahui tips cara mereset ulang smartphone Anda dari tahap lain selain dari cara diatas. Ini kita sebut dengan factory reset settings dan tahap ini bisa dilakukan lebih cepat tanpa Anda harus menekan beberapa tombol. Anda bisa melakukan ini juga untuk tujuan pemulihan smartphone Anda dengan beberapa masalah seperti mulai lemot.

Cara Factory Reset Settings Samsung Galaxy J3 Pro
  1. Kondisikan smartphone Anda tetap dengan daya baterai minimal 60%
  2. Silahkan Anda ketuk saja menu Pengaturan
  3. Setelah beberapa pengaturan terlihat oleh Anda maka pilih menu Manajemen umum
  4. Berikutnya Anda ketuk Reset
  5. Selanjutnya Anda ketuk Reset data pabrik
  6. Kembali Anda ketuk Reset dan konfirmasi Hapus semua
  7. Smartphone Anda akan restart dengan sendirinya
  8. Tunggu hingga smartphone Anda mulai reboot lagi

Ketika Anda sudah berhasil memulai ulang smartphone Anda dengan tujuan pemulihan kembali keawal, Anda akan melihat lagi bahwa smartphone Anda hanya menyisakan menu bawaan dari OS. Selebihnya Anda bisa menambahkan lagi aplikasi kesukaan Anda setelah itu. Perhatikan bahwa Anda perlu login dengan akun gmail Anda untuk bisa mengakses Playstore.

Jika Anda sebelumnya memiliki Samsung Akun, Anda juga bisa segera login dan mulai menggunakan fitur Samsung Apps dari smartphone Anda tersebut. Saya sarankan untuk tidak berlebihan dalam pemasangan aplikasi tambahan dan Anda bisa menggunakan yang sekiranya perlu saja. Hal ini untuk menghindari adanya respon kinerja yang lamban dari smartphone Anda dan cepat penuhnya memori dari smartphone Anda.

Demikian tips yang bisa saya bahas diartikel ini buat Anda semua pengguna smartphone Samsung Galaxy J3 Pro. Semoga tips diatas bisa sepenuhnya Anda pahami dan dapat membantu Anda untuk kembali memulihkan smartphone Anda dari beberapa problem diluar dugaan Anda.

Add Comment