Cara Flashing Samsung Galaxy J7 Prime (SM-G610F)

Hai teman-teman semua, hari ini saya akan memberikan panduan dasar tentang cara flashing Samsung Galaxy J7 Prime (SM-G610F) dengan menggunakan tool Odin. Tidak salah lagi bahwa tahapan ini akan menjadi sarana kamu semua sebagai pengguna smartphone ini yang memiliki tujuan untuk melakukan update firmware.

Ini juga akan menjadi panduan dasar dalam memulihkan smartphone ketika bootloop dilogo juga saat kamu ingin membuka password karena lupa. Namun, ketika masalah kamu merupakan kesalahan seperti gambar pola yang dicoba berkali-kali tidak bisa maka ini bisa dilakukan hard reset sebagai solusinya.

Cara Flashing Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F

Panduan dan tips tentang cara mereset data pabrikan Samsung Galaxy J7 Prime sudah kami jelaskan dan kamu dapat langsung mengikuti tahapan dari kami. Lupa dengan kunci layar merupakan masalah kecil dan mudah untuk dihapus.

Terutama jika smartphone kamu hanya memiliki respon lamban ketika menjalankan aplikasi, maka ini juga bisa dengan mudah dimulai ulang. Ketika aplikasi dari smartphone kamu tidak bekerja dengan optimal, maka ini dapat kamu optimalkan sekarang.

Simak: Cara Hard Reset Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F

Sedangkan dengan cara flashing Samsung Galaxy J7 Prime, itu bisa kita sebut bahwa cara ini untuk melakukan perbaikan software. Tentu yang kita gunakan adalah firmware dan berupa bahan pendukung lainnya. Melakukan update OTA juga tidak akan bisa dilakukan jika smartphone kita tersebut telah stuck dilogo.

Otomatis, smartphone tidak dapat terhubung dengan server Samsung untuk mengunduh firmware pembaruan. Langkah yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki smartphone kita sendiri ketika mengahadapi masalah software serius tentu dengan melakukan flashing firmware.

Mengunduh beberapa bahan dan melakukan tindakan flashing dengan pemahaman kita merupakan solusi yang bisa kita lakukan sekarang. Nah, disini kami akan bantu kalian untuk memahami langkah melakukan flashing Samsung Galaxy J7 Prime dengan metode yang sangat mudah.

Dua metode akan kami ulas supaya kamu semua bisa memilih untuk menentukan langkah terbaik mana yang akan kamu lakukan. Keduanya juga masih menggunakan tool dari Odin dan pasti kamu dapat dengan mudah memahaminya.

Sebelumnya, silahkan siapkan bahan berikut:

  • Windows PC/laptop
  • USB kabel bawaan
  • USB Driver Samsung
  • Tool Odin
  • SM-G610F_XID

Metode Cara Flashing Samsung Galaxy J7 Prime pertama:

1. Pertama, Smartphone kamu harus dalam kondisi daya baterai terisi penuh.

2. Silahkan ekstrak semua file dengan menggunakan winrar.

3. Install dahulu USB Driver Samsung hingga finish.

4. Matikan smartphone lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol Vol (-) lalu tombol Home dan tombol Power. Tekan saja bersamaan ketiga tombol tersebut sampai smartphone kamu muncul tanda seru warning dilayar.

5. Setelah itu, lepaskan ketiga tombol dan kamu tekan saja tombol Vol (+) sebagai perintah untuk memasuki Mode Odin dan perintah teks Downloading.

Mode Odin Samsung Galaxy J7 Prime

6. Hubungkan smartphone kamu dengan Windows PC/laptop menggunakan USB kabel. Jalankan aplikasi Odin hingga terbuka seperti berikut.

Progres Flashing Firmware Samsung Galaxy J7 Prime

7. Setelah terbuka, maka smartphone akan secara otomatis terdetek oleh Odin dengan nomor ID COM-nya.

8. Berikutnya, kamu klik AP kemudian temukan file MD5 yang berada pada folder firmware dari hasil ekstrak tadi.

9. Selanjutnya kamu konfimasi open dan biarkan Odin memeriksa firmware.

10. Setelah menunjukan komplit maka klik Start.

11. Sebuah progres flashing firmware akan berlangsung beberapa menit.

12. Pastikan kamu bersabar menunggu sampai Odin menunjukkan notifikasi PASSED yang berarti flashing telah sukses.

13. Segera lepaskan sambungan USB kabel dan jika smartphone kamu tidak reboot secara otomatis, maka kamu hidupkan dengan menekan tombol Power sampai bergetar.

14. Selesai. 

Langkah diatas bisa kalian lakukan untuk melakukan recovery pada beberapa aplikasi smartphone kamu yang bermasalah. Untuk memulai ulang smartphone Samsung Galaxy j7 Prime seluruhnya, itu dapat dilakukan dengan flashing menggunakan firmware yang terbagi dengan beberapa file.

Tentang metode ini, itu dapat kalian temukan pada tahap kedua dan pastikan kalian sudah memiliki beberapa bahannya. Bahan seperti tool dan pendukung lainnya mungkin bisa menggunakan yang sama namun untuk firmware, maka kamu dapat mengunduhnya lagi dengan dua pilihan varian update terbaru.

Siapkan bahan:

Metode Cara Flashing Samsung Galaxy J7 Prime kedua: 

1. Siapkan smartphone kamu dengan daya baterai penuh.

2. Ekstrak semua file dengan winrar. Untuk firmware kalian akan mendapatkan beberapa file dan berbeda dengan file yang metode pertama diatas.

3. Kamu install dulu USB Driver Samsung jika belum melakukannya. Jika sudah maka abaikan langkah ini.

4. Matikan dahulu smartphone kamu dengan menekan tombol Power selama beberapa detik. Selanjutnya, hidupkan kembali dengan menekan ketiga tombol yaitu Volume (-), tombol Home dan tombol Power sampai ia menampilkan pesan warning dilayar.

5. Berikutnya, tekan saja tombol Volume (+) sehingga smartphone bisa masuk di Mode Odin dengan teks Downloading sama seperti metode pertama.

Mode Odin Samsung Galaxy J7 Prime

6. Hubungkan smartphone kamu dengan PC/laptop menggunakan USB kabel. Jalankan saja aplikasi Odin dan smartphone akan segera terdetek dibagian ID COM.

Flashing Samsung Galaxy J7 Prime 4 File
  • Silahkan klik BL dan temukan file BL yang menentukan nama yang sama dari firmware hasil ekstrak tadi.
  • Silahkan klik AP kemudian pilih file AP yang ditentukan
  • Silahkan klik CP dan pilih file CP yang menentukan nama yang sama.
  • Silahkan klik CSC dan pilih file sejenis CSC.

7. Setelah semua file sudah kamu pilih sesuai dengan kolom yang diperintahkan, maka lanjut dengan kamu klik Start pada Odin.

8. Progres flashing akan dimulai dan tindakan ini akan berlangsung selama beberapa menit.

9. Ketika Tool Odin sudah menunjukkan PASSED, maka flashing Samsung Galaxy J7 Prime berarti telah berhasil. Silahkan lepaskan sambungan USB kabel dari smartphone dan jika smartphone reboot, maka tinggal menunggu saja.

Mohon dimaklumi jika loading pertama setelah smartphone reboot memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan sebuah proses pemuatan aplikasi baru dari firmware yang baru kamu install.

Itulah panduan yang bisa kami ulas yaitu tentang cara flashing Samsung Galaxy J7 Prime. Semoga semua langkah diatas dapat membantu kamu semua pengguna smartphone ini yang ingin melakukan update firmware maupun perbaikan software.

2 Comments

  1. News Desa February 17, 2019
    • Heppy February 18, 2019

Add Comment