Cara Update MIUI Pada Smartphone Xiaomi

Bagi Anda semua pengguna smartphone Xiaomi entah apapun model dari samrtphone Anda, saatnya Anda untuk tahu tentang tips ini. Anda mungkin pengguna awam yang tidak tahu bagaimana Anda bisa memahami cara melakukan update MIUI atau juga ROM dengan mudah dari smartphone Anda.

Sekarang, Anda dapat menemukan langkah-langkah yang akan dapat Anda simak dengan lebih dari sekedar tips. Apakah Anda sudah tahu tentang manfaat dari update MIUI? Jika Anda belum mengerti dari beberapa keuntungan tentang hal ini, saya akan mencoba menjelaskan sedikit untuk Anda sebagai informasi saja.

Melakukan update pembaruan atas OS dari smartphone Anda memang memberikan banyak keuntungan atas fitur-fitur yang baru. Selain dari itu, memastikan antar muka dari MIUI juga akan di perbarui dengan tampilan yang lebih cantik dan lebih halus. Termasuk juga dengan perbaikan bug jika memang ROM yang sekarang terpasang dismartphone ada sedikit masalah yang sengaja muncul.

Terkadang juga smartphone tiba-tiba error karena ada salah satu aplikasi kurang kompatible dengan ROM. Untuk itu, pihak pengembang MIUI dari Xiaomi terus melakukan perbaikan dengan merilis ROM terbaru sebagai software untuk membenahi itu. MIUI merupakan software atau perangkat lunak yang dikembangkan untuk smartphone cerdas maupun perangkat komputer sebagai antarmuka pada sistem operasi Android.Cara Update MIUI Pada Smartphone XiaomiNamun, ada juga hal yang perlu Anda pahami tentang penting dan tidaknya melakukan update MIUI. Bahwasannya tidak semua smartphone Xiaomi akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan  update OS. Begitu juga dengan MIUI baru yang telah rilis karena tidak semua cocok dan versi MIUI baru juga tetap memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Simak juga: Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 5A Dengan Mudah

Biasanya, smartphone yang mendapatkan peluang atas rilisnya OS terbaru akan mendapatkan notifikasi yang sering muncul dari antarmuka. Apakah Anda termasuk dari salah satu pengguna smartphone Xiaomi yang hari ini mendapatkan pemberitahuan tentang update firmware?

Pemberitahuan itu muncul melalui antarmuka yang niatnya untuk mengabarkan berita gembira untuk Anda. Anda menjadi salah satu pengguna yang juga mendapatkan peluang untuk menikmati rilisnya MIUI terbaru. Ada juga dari beberapa versi MIUI yang semuanya tidak dirilis secara resmi yaitu disebut dengan versi beta atau dalam pengujian.

Lalu bagaimana caranya Anda menanggapi itu? Terkadang banyak dari sebagian mereka ada yang mengabaikan akan munculnya notifikasi tersebut. Ada juga yang ingin menunggu  notifikasi update resmi tentang MIUI. Selain itu, alasan lain dari mereka juga berpikir bahwa melakukan update berarti membutuhkan koneksi data internet yang cukup stabil. Sebagian lainnya, mereka juga menyayangkan pekat data internet mereka karena kurang mencukupi atau takut akan cepat habis.

Hal ini memang sengaja membuat orang-orang untuk mengabaikan pemberitahuan update sehingga itu dianggap kurang penting. Melakukan update memang memerlukan koneksi data internet apalagi bila itu adalah tentang update OTA.

Sekarang, untuk Anda yang ingin segera menikmati akan kelebihan  dari fitur-fitur terbaru atas MIUI yang dirilis untuk Anda, silahkan memulai dengan beberapa persiapan. Perhatikan bahwa pembaruan OS yang akan Anda lakukan akan menemui resiko akan terhapusnya data.

Usahakan untuk melakukan backup data sepenuhnya dari beberapa data yang menurut Anda itu sangat penting. Termasuk juga untuk mengurangi dahulu beberapa file yang tersimpan dimemori internal pada smartphone Anda tersebut. Anda dapat memindahkan data-data Anda ketempat penyimpanan yang lain seperti microSD jika Anda memilikinya atau bisa juga Anda salin langsung dikomputer Anda.

Update OS yang akan Anda lakukan juga akan memerlukan ruang tambahan dimemori internal. Pastikan Anda sudah memikirkan itu karena memori internal yang kapasitasnya minim dapat menyebabkan kegagalan dalam melakukan update.

Simak juga: Cara Hard Reset Oppo A83 CPH1729 Dengan Mudah

Gunakan koneksi data seperti WiFi untuk mempercepat proses mengunduh firmware dan menentukan kecepatan smartphone ketika memulai menginstall firmware. Berdo’a dan berusaha dengan teliti mengikuti tahapan yang akan kami jelaskan sebagai panduan Anda.

Langkah-langkah update MIUI atau ROM pada smartphone Xiaomi:

  1. Siapkan daya baterai yang cukup untuk smartphone Anda dan usahakan daya yang ada bisa penuh 100 persen
  2. Siapkan kuota atau data internet yang cukup stabil untuk memulai langkah ini dan jika tidak ada, Anda bisa memanfaatkan jaringan dari WiFi
  3. Silahkan Anda buka menu Settings dismartphone AndaMelakukan update system Xiaomi
  4. Selanjutnya pilih About phone
  5. Langkah selanjutnya Anda pilih System update
  6. Disini Anda akan melihat versi dari MIUI yang akan diupdate atau MIUI yang telah siap untuk diinstall dismartphone AndaMemulai Update MIUI Xiaomi
  7. Ketuk Update untuk memulai
  8. Smartphone Anda akan memulai mengunduh firmware dan ini memakan waktu cukup lama
  9. Usahakan bahwa koneksi data internet tetap bisa tersambung dengan baik dan daya baterai cukup memadahi untuk memulai proses
  10. Silahkan Anda tunggu selama proses mengunduh itu selesai
  11. Setelah selesai maka smartphone Anda akan mulai untuk meginstall firmware atau MIUI terbaru tersebut dengan sendirinya

Itulah beberapa tahapan mengenai cara melakukan update system dismartphone Xiaomi atau bisa disebut dengan pembaruan MIUI sebagai antarmuka smartphone untuk model Xiaomi. Setelah selesai Anda memperbarui MIUI dismartphone Anda tersebut maka Anda dapat memulihkan kembali data-data yang sudah Anda backup sebelumnya.