Cara Mudah Flash Ponsel Lenovo S90-A

Tips tentang cara flash Lenovo S90-A akan saya bahas untuk menjadikan ini sebagai tutorial dalam melakukan perbaikan. Bagi sobat yang memiliki ponsel Lenovo S90-A dan ponsel tersebut mengalami kendala pada bootloop, ini harus segera diselesaikan sehingga ia bisa digunakan kembali secara normal.

Hal yang dinamakan bootloop ini bisa dibilang ponsel tidak mau masuk ke menu home screen dan biasanya hanya mentok dilogo saja. Masalah ini terjadi biasanya ada kerusakan pada sistem Android dan disebabkan karena gagal update atau kesalahan saat proses rooting di OS Android tersebut. Hal seperti ini juga terkadang terjadi tidak hanya pada model ponsel ini saja namun juga ada diantara yang lainnya.

Bagi sobat yang tidak tahu bagaimana cara mengatasi permasalahan pada saat ponsel mengalami bootloop atau Bricked, disini saya akan share tentang cara mudah untuk memulai ulang ponsel Lenovo S90-A. Ponsel ini sendiri menggunakan chipset berjenis Qualcomm. Jadi, kita bisa melakukan flash dengan bantuan dari tool bernama QPST.

Sebelum memulai kelangkah flashing, ada bahan yang mestinya harus disiapkan terlebih dahulu yakni firmware dan disini saya juga akan menyiapkan link yang bisa sobat manfaatkan untuk mengambil bahan tersebut. Tentunya, pada file ini sudah tersedia beberapa file yang akan menjadi dukungan juga dan sobat tidak harus memikirkan itu.

Silahkan download bahan berikut :

Jika sobat sudah menyiapkan bahan diatas sekarang kita lanjut kelangkah cara install Lenovo S90-A yang mengalami bootloop atau Bricked.

Tutorial Cara Flash:

  1. Ekstrak file yang sudah didownload.
  2. Buka folder qcom_Upgrade_Tool-V1400-158 dan install QPST  hingga proses selesai.
  3. Ekstrak QC_Dload_driver.rar.
  4.  Install Driver.
  5. Sambungkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB sambil menekan tombol Volume Up atau Volume Down dan PC akan mendeteksi hardware baru dan meminta untuk menginstal driver.
  6. Pada direktori C di Windows sobat, buka Program Files pilih folder Qualcomm lalu buka folder bin.
  7. Jalankan aplikasi QFIL.
  8. Hubungkan kembali ponsel sobat ke PC menggunakan kabel USB maka Qfile akan mendeteksi tepat seperti “Lenovo Diagnostic HS-USB”, lihat gamabar di bawah.
  9. Ekstrak paket perangkat lunak untuk flash, klik tombol “Browse” dan pilih prog_emmc_firehose_8916.mbn dari paket file firmware.
  10. Klik “Load XML …” pilih rawprogram0 untuk memuat rawprogram0.xml dan patch0.xml
  11. Klik “Download” untuk memulai flash dan progress bar akan ditampilkan.
  12. Jika gagal untuk memulai flash, klik “Download” lagi
  13. Dilangkah ini sobat tinggal menunggu hingga progres “Download” selesai.
  14. Pada saat proses telah selesai dengan pesan sukses, sobat langsung putuskan sambungan ponsel dari PC lalu hidupkan.

Itulah beberapa langkah yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini mengenai cara mudah flashing Lenovo S90-A. Semoga dengan langkah diatas para sobat yang saat ini ingin melakukan pemulihan pada Lenovo S90-A bisa terbantukan dan mendapatkan solusi. Jika masih ada yang ditanyakan jangan ragu untuk meninggalkan komentar dibawah ini.

Add Comment