Cara Hard Reset Samsung Galaxy J7 Prime (SM-G610F/DS)

Cara Hard Reset Samsung Galaxy J7 Prime (SM-G610F/DS) via Recovery untuk wipe data dan mengatasi lupa kata sandi atau pola serta mengembalikan setelan pabrik. Ini menjadi tips terbaru untuk saya share kepada Anda semua yang hari ini sedang menghadapi beberapa problem ringan. Tentu tidak semata untuk memulihkan masalah itu saja atau karena ada pesan error yang kadang muncul.

Cara Hard Reset Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F

Sebagai pemilik smartphone ini, Anda pasti pernah mendapati masalah lupa dengan pola atau password. Apakah ini memang Anda alami hari ini dan Anda belum mengetahui cara menghilangkannya?

Tips yang akan saya bahas kali ini akan membantu Anda untuk belajar bagaimana memulihkan smartphone Anda. Secanggih apapun smartphone yang Anda miliki jika Anda tidak memahami cara pemulihan, maka Anda akan bingung ketika terjadi hal-hal diluar kendali Anda.

Apalagi masalah yang muncul terjadi secara mendadak dan Anda merasa bahwa itu tidak harus Anda alami. Jika kendala yang Anda alami seperti lupa kata sandi, memang diharuskan Anda untuk tahu cara hard reset Samsung Galaxy J7 Prime. Ini tidak hanya terjadi pada Anda sebagai pemilik smartphone tersebut dan mungkin teman kita lainnya juga ada yang mengalami hal yang sama.

Adapun sebagian teman kita yang mendapati masalah seperti touchscreen error yakni lompat-lompat meskipun tidak merasa disentuh. Hal ini bisa terjadi diakibatkan oleh virus atau ada theme yang kurang cocok dengan sistem smartphone. Kinerja menjadi tidak stabil dan malah membuat pengguna terasa kesal akan hal tersebut.

Mendapati demikian memang perlu lebih ketelitian kita sendiri sebagai pemilik smartphone. Apakah masalah tersebut karena virus atau memang ada kendala dengan layar depannya yaitu sensor pada layar sentuhnya. Masalah dengan touchscreen bisa kita prediksikan dari beberapa tata letak tempat yang tidak bisa disentuh dan ketika membuka aplikasi hanya menandakan diam tidak respon.

Bisa juga keyboard pada pengetikan pesan sebagian ada yang tidak fungsi dan mungkin beberapa huruf atau bagian angkanya. Untuk lebih mengetahui akan kondisi ini bisa kita cek dengan melakukan hard reset sebelum melakukan pergantian touchscreen.

Simak juga: Cara Flashing Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Prime memang sudah sangat canggih. Dari beberapa faktor pendukung kinerja seperti prosesornya juga sudah dilengkapi prosesor berkekuatan Quad-core 1,6 GHz. Selain itu, pada prosesor tersebut telah didukung dengan RAM sebesar 3 GB dan memori internalnya sebesar 32/16 GB.

Smartphone terbaru keluaran Samsung ini menjalankan sistem operasi dengan OS Android v6.0 Marshmallow. Kabarnya, Samsung Galaxy J7 Prime bakal mendapatkan update resmi ketingkatan OS Android v7.0 Nougat. Apakah Anda sudah melakukan update OS atas smartphone Anda untuk bisa mendapatkan kinerja sistem yang lebih optimal?

Sekarang permasalahannya adalah Anda sedang menghadapi beberapa problem ringan dan tentu memerlukan teknik awal untuk solusi pemulihan. Melakukan update OS bisa Anda lakukan setelahnya ketika smartphone Anda sudah kembali normal.

Melalui postingan ini, Anda akan belajar tentang cara hard reset Samsung Galaxy J7 Prime dan pastikan Anda bisa menyimak dengan teliti dari tips yang akan saya terangkan pada Anda. Pada intinya adalah, Anda paham betul bagaimana membuat smartphone Anda bisa masuk pada menu Android recovery.

Cara Hard Reset Samsung Galaxy J7 Prime (SM-G610F/DS) Adalah Sebagai Berikut

1. Persiapkan smartphone Anda dengan daya baterai sekitar 50% atau lebih sebelum memulai tahap ini. Sekarang matikan dahulu smartphone Anda dengan tekan tombol Power lalu konfirmasi untuk mulai mematikan daya. Biarkan diam smartphone Anda selama beberapa detik.

2. Setelah itu, Anda nyalakan kembali smartphone Anda dengan menekan tombol Volume Atas, Home dan Power. Ingat bahwa Anda harus menekan dan menahan ketiga tombol tersebut selama beberapa detik saja.

3. Sesaat sudah muncul logo Samsung Galaxy J7 Prime di layar, maka lepaskan hanya tombol Power dan tombol Volume Atas dan Home tetap Anda tahan. Setelah smartphone Anda muncul gambar robot Android di layar, maka Anda sudah bisa melepaskan kedua tombol.

Mulai masuk Android Recovery Samsung Galaxy J7 Prime

4. Pada gambar robot Android terlentang dengan teks atau perintah ‘No command‘, Anda langsung tekan bersamaan tombol Volume Bawah, Home dan Power hanya satu detik saja. Anda akan melihat dilayar smartphone Anda bahwa smartphone menampilkan menu Android recovery seperti berikut.

Tampilan menu Android Recovery Samsung Galaxy J7 Prime

5. Anda tekan tombol Volume sebagai scrol dan fungsi tombol Power sebagai opsi konfirmasi pilihan.

6. Sekarang Anda tekan tombol Volume kemenu Wipe data/factory reset lalu tekan Power. Scrol kembali ke pilihan menu Yes lalu tekan Power untuk konfirmasi. Smartphone Anda akan memulai proses formating data dan itu hanya memakan waktu beberapa menit saja.

7. Ketika proses formating sudah selesai maka pilih Reboot system now dengan Anda menekan tombol Power lagi. Smartphone Anda akan restart dan Anda harus menunggu beberapa menit sementara loading sedang berlangsung dan memulai pengoptimalan aplikasi.

Mungkin Anda mengharuskan untuk menyediakan koneksi internet setelah smartphone Anda sudah menampilkan layar awal. Anda juga perlu untuk login dengan akun email Anda untuk bisa langsung masuk ke menu homescreen dan mulai menggunakan smartphone Anda.

Itulah tips dari saya mengenai cara hard reset Samsung Galaxy J7 Prime. Semoga semua tahap yang sudah saya bahas dapat memberikan Anda solusi dalam memperbaiki smartphone Anda dari kendala yang ada.

One Response

  1. Heri sugiyarto September 18, 2020

Add Comment