Cara Hard Reset Oppo A51 Dengan Mudah

Tips yang akan saya sharing kepada Anda hari ini ialah tentang cara mereset ulang smartphone Oppo A51 sebagai solusi pemulihan. Anda pasti memerlukan tips ini tidak hanya menyelesaikan pada dasar masalah sepele saja namun ketika smartphone Anda bootlogo maka ini bisa Anda coba.

Semua bisa kita coba dengan langkah ini supaya kita sendiri dapat memastikan tentang problem apa yang terjadi dengan smartphone. Jika bootlogo apakah bisa dipulihkan dengan ini atau malah harus dengan cara yang lain selain mereset ulang.

Anda sebagai pemilik smartphone juga memang perlu tahu bagaimana cara ini dilakukan dan kegunaannya untuk apa saja. Ketika tidak bisa kita harapkan saat smartphone Anda sering hang atau respon kinerja sudah mulai lamban, kita perlu penanganan khusus untuk mengatasi hal ini.

Tujuannya adalah untuk membuat smartphone kita sendiri bisa selalu optimal bila kita gunakan. Kinerja lamban akan membuat smartphone bekerja secara tertunda-tunda ketika membuka beberapa aplikasi. Mungkin tidak hanya itu saja, terkadang ada saja masalah yang membuat Anda harus melakukan hard reset.

Simak juga: Cara Hard Reset Advan Vandroid S5E 4G 5059

Anda sekarang sedang menghadapi masalah dengan lupa pola sehingga itu memang perlu tindakan untuk memulai lagi dari awal. Mengatasi masalah dengan pola hanya bisa diselesaikan dengan hard reset maupun dengan langkah menginstall OS.

Cara Hard Reset Oppo A51 Dengan Mudah

Hal yang sering kali dialami oleh setiap pengguna smartphone adalah lupa dengan kode pengaman smartphone mereka yakni pola maupun sandi. Apakah memang Anda sedang mengalami ini? Kita tidak bisa berbuat apa-apa selain mengatur ulang pengaturan sistem pada smartphone. Itupun Anda akan mendapati resiko jika Anda sebelumnya tidak memiliki salinan data nomor kontak yang diimpor ke kartu SIM.

Hard reset akan menghapus segala data yang tersimpan pada memori internal smartphone Anda kecuali hanya sistem saja. Termasuk juga aplikasi yang sudah Anda pasang sebelumnya semua akan terhapus setelah proses ini. Anda akan memulai menggunakan smartphone Anda dari awal lagi dengan menu-menu bawaan dari ColorOS smartphone Anda saja.

Lantas, seperti apakah tahap hard reset ini dilakukan? Anda hanya perlu mengetahui tahap-tahap yang sudah sesuai dengan prosedur. Anda bisa langsung menyimak langkah berikut yang sudah saya jelaskan dengan rinci sesuai apa yang saya bisa lakukan untuk Anda demi membantu Anda menyelesaikan problem atas smartphone Anda.

Langkah Hard Reset Oppo A51 via ColorOS Recovery
  1. Persiapkan smartphone Anda dengan daya baterai yang cukup antara 50-60%
  2. Setelah daya baterai sudah mencukupi maka matikan dahulu smartphone Anda
  3. Nayalakanlah kembali smartphone Anda dengan tekan tombol Volume (-) dan Power kemudain Anda tahan beberapa detik sebagai perintah untuk langkah masuk ke Color OS seperti berikutMasuk Recovery Oppo A51
  4. Dari menu Color OS yang tersedia Anda bisa mengetuk dengan jari Anda atau menggunakan tombol Volume untuk navigasi dan Power sebagai opsi ok
  5. Anda pilih bahasa English
  6. Silahkan navigasi kebawah menggunakan tombol Volume (-) kebagian Wipe data
  7. Tekan tombol Power untuk opsi ok
  8. Selanjutnya navigasikan kembali kebawah ke Wipe all data and removable application dan tekan tombol Power
  9. Sekarang konfirmasi dengan mengetuk OK
  10. Anda akan melihat status Wipe please wait sebagai proses wiping data
  11. Silahkan Anda konfirmasi OK setelah selesai
  12. Pilih Reboot
  13. Konfirmasi OK dan proses reboot akan berlangsung cukup lama
  14. Setelah masuk dimenu layar utama Anda tinggal menyelesaikan panduan seperti pilihan bahasa dan pengaturan lainnya

Perhatikan bahwa, jika Anda sudah selesai mereset ulang smartphone Anda diperlukan lagi untuk login dengan beberapa akun Anda seperti akun Gmail atau akun lainnya yang Anda pernah gunakan dengan smartphone Anda.

Simak juga: Cara Hard Reset Lenovo Phab Plus

Langkah selanjutnya yang akan saya bahas ialah tentang cara factory reset yang tujuannya juga sama seperti langkah diatas yakni untuk mengatur ulang sistem smartphone Anda. Cara yang dilakukan ini berbeda dengan langkah diatas dan untuk mengetahui itu silahkan Anda simak tahap berikut.

Langkah Factory Reset Settings Oppo A51

  1. Hidupkan smartphone Oppo A51 Anda bila sebelumnya pada posisi standby
  2. Pastikan daya baterai sudah terisi minimal 50%
  3. Luncurkan Menu dilayar smartphone Anda
  4. Pilihlah menu Settings/Pengaturan
  5. Pilih lagi General/Umum
  6. Pilih Backup & reset/Backup ulang
  7. Pilih Restore factory settings/Mengembalikan pengaturan pabrik
  8. Pilih Reset phone/Ulang ponsel
  9. Setelah itu smartphone akan restart
  10. Selamat smartphone Anda sudah berhasil difactory reset dan Anda tinggal menunggu smartphone selesai reboot

Itulah beberapa tips dari saya mengenai cara memulihkan smartphone Oppo A51 dengan cara mereset ulang. Semoga smartphone Anda yang tadinya sering hang atau lamban dan bahkan Anda lupa pola bisa Anda selesaikan dengan mudah dengan cara seperti yang sudah saya jelaskan.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.