Cara Hard Reset Oppo A12 (CPH2083)

Cara Hard Reset Oppo A12 (CPH2083) dapat menjadi tips untuk mengembalikan setelan pabrik dan memulai ulang system pada device Anda. Kalau smartphone Anda memiliki kendala yang muncul seperti ngehang, error, dan beberapa kasus lainnya, Anda dapat mencoba tahap ini sebagai bagian solusi yang dapat dilakukan.

Cara Hard Reset Oppo A12 (CPH2083)

Anda tidak perlu ragu dengan tindakan ini karena semua merupakan prosedur yang tepat. Intinya Anda dapat memahami dengan baik tentang langkah ini. Cara hard reset Oppo A12 juga merupakan rekomendasi yang sangat membantu mengoptimalkan kinerja pada smartphone.

Meski Anda baru membeli smartphone ini. Anda tidak harus takut untuk mereset data pabrik device Anda sendiri. Karena nanti tips ini akan Anda perlukan ketika device Anda menemui kendala. Seandainya masalah yang ada cukup serius dan memerlukan pembaruan software, Anda juga dapat melakukannya sekarang.

Oppo A12 memang tergolomg smartphone canggih yang siap memberikan Anda fitur yang berbeda. Namun bukan berarti Anda fokus dengan cara menggunakannya saja atau tentang cara berfoto selfie saja.

Beberapa tahap penting seperti melakukan update software juga harus Anda pahami. Jika di device Anda ada notifikasi update ColorOS, Anda bisa memulainnya dengan pengetahuan Anda sendiri melalui panduan yang ada. Pada tutorial sebelumnya juga sudah dijelaskan tentang cara flash Oppo A12.

Kalau Anda menginginkan tindakan tersebut sebagai langkah untuk meningkatkan sistem dan keamanan, Anda dapat memulainya dengan mudah. Melalui tutorial tersebut, kami sudah jelaskan semua tahapannya.

Cara hard reset Oppo A12 dapat Anda lakukan ketika hanya ingin menyelesaikan masalah kecil atau untuk mereset data pabrik saja. Sebagian dari itu, bisa Anda selesaikan dengan tahap flashing. Itu jika device Anda memang memerlukan langkah perbaikan software seperti halanya mendapat masalah bootloop.

Namun, Anda juga bisa mencoba untuk mengembalikan setelan pabrik dengan pilihan Wipe data. Besar kemungkinan masalah bootloop tersebut bisa diperbaiki dengan cepat. Sekarang Anda dapat mengikuti tahap yang akan saya berikan yaitu cara hard reset Oppo A12.

Pastikan Anda siap dengan semua langkah ini. Usahakan juga untuk teliti agar Anda benar-benar sukses melakukannya. Dua metode akan saya jelaskan sehingga Anda dapat menentukan tahap mana yang ingin Anda pilih untuk memperbaiki device Anda.

Cara Hard Reset Oppo A12 (CPH2083) via Recovery Mode

Langkah 1: Usahakan bahwa smartphone Anda harus memiliki daya baterai sekitar 50% atau lebih sebelum memulai tindakan ini.

Langkah 2: Nonaktifkan device Anda dahulu jika dalam posisi masih menyala dengan cara terus menekan tombol Power kemudian Anda geser kebawah untuk konfirmasi matikan daya.

Langkah 3: Kemudian Anda nyalakan kembali dengan cara menekan tombol Volume Bawah dan tombol Power lalu tahan beberapa detik sampai logo ‘OPPO‘ muncul.

Langkah 4: Tunggu saja sejenak sampai dilayar muncul menu pilihan bahasa dan untuk lebih mudahnya, Anda dapat memilih bahasa ‘English‘.

Langkah 5: Anda akan melihat dilayar bahwa smartphone masuk dimenu ‘ColorOS Recovery‘ seperti contoh berikut.

Oppo A12 Wipe Data

Langkah 6: Anda dapat memilih Wipe data dan masukkan password atau pola yang Anda buat sebagai kunci layar untuk konfirmasi. Jika tidak mengaktifkan kunci layar, maka konfirmasi dengan kode angka yang ada pada layar. Kalau tidak ada kode yang muncul, Anda abaikan saja.

Langkah 7: Berikutnya Anda dapat memulai Format data dan silahkan konfirmasi lagi menggunakan password atau pola untuk mereset seluruh isi data pada smartphone Anda.

Langkah 8: Sebuah proses Wiping data akan berlangsung dan ini hanya memerlukan waktu beberapa menit saja. Kalau dilayar sudah muncul notifikasi Wiped successful, Anda pilih saja Reboot.

Cara Hard Reset Oppo A12 (Factory data reset) dari menu Pengaturan

Melalui langkah ini, Anda dapat mem-format data pada device Anda tanpa harus masuk ke recovery mode. Biasanya sangat berguna ketika device Anda tidak bootloop. Namun, ini juga dapat membantu untuk mengatasi beberapa hal.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tahapan ini, Anda dapat mengikuti panduan yang saya jelaskan berikut.

  • Silahkan Anda mulai dengan membuka menu ‘Pengaturan‘.
  • Kemudian Anda gulir kebawah dan pilih menu ‘Pengaturan tambahan‘.
  • Selanjutnya Anda gulir lagi kebawah untuk memilih ‘Buat cadangan dan reset‘.
  • Pada menu ‘Cadangkan & Pulihkan‘, Anda dapat mengaktifkan opsi ‘Cadangkan Dataku‘ serta Pemulihan ‘Otomatis‘. Ini agar beberapa data Anda tidak terhapus oleh proses ini. Begitu juga tentang akun yang Anda gunakan diperangkat.
  • Terakhir, Anda pilih saja ‘Reset Data Pabrik‘ lalu ‘Hapus Isi & Pengaturan‘. Ini akan membantu mem-format seluruh data yang ada. Tapi, kalau Anda sudah mengaktifkan opsi pencadangan, semua akan aman-aman saja.
  • Smartphone Anda akan reboot dan memulai proses Wiping data dan ia nantinya akan restart lagi. Anda dapat menunggu sampai ia masuk dimenu utama seperti biasanya yang Anda lihat.

Selamat! Anda sudah menyelesaikan tahap cara hard reset Oppo A12 melalui Recovery Mode dan melalui menu Pengaturan dengan sangat baik. Sekarang Anda akan melihat bahwa smartphone Anda telah dikembalikan ke setelan pabrik.

Setelah itu Anda dapat menggunakannya seperti biasa. Kalau Anda melihat ada beberapa aplikasi kesayangan Anda yang terhapus, itu perlu dimaklumi. Tapi, Anda bisa segera mengunduh aplikasi-aplikasi Anda melalui PlayStore.

Baiklah, mungkin itu saja mengenai tips yang dapat saya sampaikan melalui postingan ini tentang cara hard reset Oppo A12 (CPH2083) dengan dua metode yang berbeda.

Add Comment