Cara Flashing Ulang Vivo Y51 atau Vivo Y51L

Baiklah kali ini kami masih akan sharing tentang tutorial flashing Vivo Y51 atau Y51L buat semua sobat pembaca. Sebelum postingan ini, admin cantik juga telah berbagi mengenai tips hard reset Vivo Y51 maupun Vivo Y51L yang mana sebagai tips atau solusi sederhana untuk memulihkan smartphone dari lupa pola maupun password.

Tidak lepas dari penggunaan samrtphone bahwa yang namanya problem pasti akan kita dapati dan mungkin itu diluar pengetahuan kita. Vivo adalah salah satu vendor smartphone terbaru yang kini tampak hadir ditanah air kita.

Mengingat pengguna smartphone dan pengguna internet di Indonesia terus bertambah, ternyata makin banyak vendor pembuat smartphone tertarik untuk meluncurkan produknya dipasar tanah air. Smartphone Vivo Y51 dirilis oleh vendor Vivo pada 2015 lalu yang dilengkapi spesifikasi dan fitur menarik.

Tidak jauh dari smartphone lainnya bahwa Vivo Y51 juga sudah dibekali prosesor Quad-core 1.2 GHz dan dipadu dengan RAM sebesar 2GB. Vivo Y51 dijalankan menggunakan OS Android 5.0.2 Loolipop dan dibekali baterai berdaya 2350 mAh.Flashing Vivo Y51 atau Vivo Y51L

Vivo Y51 dilengkapi layar seluas 5.0 inci dengan memegang teknologi IPS LCD capacitive touchscreen. Resolusi layar yang dimilikinya mencapai 540 x 960 piksel dan mampu menciptakan kepadatan gambar hingga ~220 ppi. Vivo Y51 juga menyandang fitur Dual SIM dan dilengkapi jaringan 4G LTE seperti smartphone lainnya.

Smartphone Vivo Y51 menawarkan memori internal didalam berkapasitas 16GB dan tersedia slot microSD sehingga bisa dipasang memori eksternal mencakup 256GB. Smartphone ini memiliki kamera belakang sebesar 8 MP dan kamera depan sebesar 5 MP.

Sedangkan pada model satu lagi yaitu Vivo Y51L, smartphone ini memiliki spesifikasi tidak jauh dari Vivo Y51. Smartphone Vivo Y51L diluncurkan pada 2016 lalu untuk memangsa pasar kelas menengah sebagai target utama oleh vendor Vivo. Smartphone Vivo Y51L ternyata juga memiliki fitur Dual SIM yang mana juga dilengkapi jaringan 4G LTE.

Simak juga: Cara Hard Reset Samsung Galaxy S6 SM-G920F

Memang tidak berbeda jauh dari Vivo Y51 karena sebagai generasi penerus, smartphone Vivo Y51L juga dilengkapi sebuah dapur pacu yang mumpuni. Vivo Y51L juga dijalankan dengan sistem operasi Android v5.02 Lollipop. Smartphone ini juga mengadopsi prosesor Quad-core 1.2 dan mengandalkan chipset Qualcomm.

Semetara pada RAM, Vivo Y51L  disematkan RAM sebesar 1GB dan memebawa memori internal berkapasitas 16GB. Layar yang dimilikinya seluas 5.0 inci TFT capacitive touchscreen dengan resolusi layar 450 x 960 piksel. Vivo Y51L juga mendukung slot microSD yang support hingga 128GB sebagai tempat penyimpanan tambahan untuk pengguna.

Pada kamera, Vivo Y51L memiliki kamera belakang beresolusi 8 MP dan kamera depan beresolusi 5 MP serta membawa baterai berdaya sama dengan Vivo Y51 yaitu 2350 mAh. Beberapa spesifikasi yang diusung kedua smartphone ini terlihat hanya membedakan pada tingkat teknologi layar dan layar tersebut memiliki kekurangan tingkat resolusi yang rendah.

Itulah informasi yang kami ketahui mengenai spesifikasi dari kedua smartphone Vivo Y51 dan Vivo Y51L. Semenatar pada solusi untuk memperbaiki jika sobat saat ini salah satu pengguna dari smartphone Vivo Y51 dan mungkin Vivo Y51L, bisa dengan mudah sobat melakukan flashing. Yang pasti langkah ini menjadi langkah kedua untuk sobat setelah tidak berhasil melakukan hard reset.

Karena kebanyakan problem hardbrick atau Softbrik adalah merupakan kendala pada sistem operasi yang rusak. Problem tersebut bisa diakibatkan oleh virus maupun kesengajaan melakukan root yang hasilnya gagal dan smartphone malah jadi bootloop.

Mungkin bagi yang awam, masalah hardbrick tidak mereka ketahui jika mereka hanya mengetahui cara pemakaian dan mungkin hanya tahu bahwa smartphone stuck dilogo.

Simak juga: Cara Mudah Hard Reset Vivo Y51 atau Vivo Y51L

Okay sob..langsung saja kita mulai kelangkah untuk melakukan flashing atau sobat yang tidak tahu flashing mungkin juga bisa disebut melakukan upgrade ulang. Sobat harus bisa memasuki menu recovery karena dalam menu ini sobat akan mendapati beberapa pilihan untuk melakukan upgrade.

Siapkan terlebih dahulu bahannya:

  • Firmware Vivo Y51 atau Vivo Y51L
  • Sesuaikan firmware dengan tipe smartphone sobat
  • Siapkan kartu microSD

Cara Flashing Vivo Y51 atau Vivo Y51L

Langkah Memulai Flashing Ulang Vivo Y51 atau Vivo Y51L:
  1. Pastikan daya baterai pada smartphone sobat minimal 80 persen
  2. Format dahulu microSD karena nantinya akan digunakan untuk penempatan file
  3. Hasil firmware yang sobat download tadi dalam format zip copykan ke microSD yang sudah diformat tadi
  4. Matikan smartphone
  5. Pasang microSD yang sudah berisi firmware tadi ke smartphone sobat
  6. Masuk kemenu FASTBOOT dengan cara menekan secara bersamaan tombol Vol (-) dan tombol Power hanya beberapa detik saja
  7. Setelah menu FASTBOOT tampil dilayar, tekan tombol Vol (-) untuk navigasi ke menu Recovery
  8. Tekan tombol Power untuk memilih dan smartphone akan gelap lalu menampilkan logo Vivo dan menampilkan menu baru
  9. Pilih Install Update dengan menggunakan tombol Vol (-) dan tombol Power untuk memilih atau bisa mengetuk dengan jari sobat
  10. Pada menu selanjutnya pilih SD card dan akan terbuka menu baru
  11. Pilih file yang sobat copy tadi di microSD dan konfirmasi OK untuk memulai Upgrade
  12. Tunggu beberapa menit saat proses berlangsung hingga menandakan proses komplit atau sukses
  13. Setelah itu kembali kemenu awal dan pilih Reboot system
  14. Selesai

Perlu diingat bahwa setelah sobat selesai melakukan flashing pada smartphone dan reboot hingga memasuki menu awal layar, maka akan menampilkan beberapa settingan seperti pilihan bahasa. Ikuti panduan yang muncul dilayar hingga smartphone siap untuk digunakan kembali dengan tampilan menu bawaan smartphone atau bawaan OS.

Demikianlah tutorial flashing juga upgrade smartphone Vivo Y51 atau Vivo Y51L yang bisa kami bagikan sebagai panduan. Semoga didalam langkah yang kami berikan diatas, sobat bisa melakukan flashing dengan lancar dan smartphone sobat bisa kembali normal dari problem yang terjadi sebelumnya.

10 Comments

  1. Roy April 11, 2018
  2. alii April 14, 2018
    • Mas Hadi April 14, 2018
  3. TheLAstKey420 November 16, 2018
    • Heppy November 16, 2018
  4. Diki August 29, 2019
    • Mas Hadi August 29, 2019
  5. Idris November 27, 2019
    • Mas Hadi November 27, 2019

Add Comment