Cara Flashing Ulang Vivo Y15

Cara flashing ulang smartphone Vivo Y15 menjadi bahan kami di waktu senggang ini dan kami akan bahas secara tuntas sebagai panduan untuk sobat semua pengguna blog kami.

Cara ini perlu kita pahami karena sebagai pemilik smartphone sendiri kita harus siap atas solusi ketika smartphone sudah muncul problem.

Kita coba cari solusi untuk menyelesaikan kendala dengan smartphone hanya dengan kembali menginstall firmware. Kami akan sajikan dua metode dalam melakukan flashing Vivo Y15 dari recovery dengan mengandalkan microSD sebagai partisi penempatan file.

Yang kedua kita akan sajikan tutorial melakukan flash dengan mengandalkan Sp Flashtool sebagai alat untuk memeproses penulisan data ulang ke smartphone Vivo Y15. Sedangkan untuk sobat yang mengalami problem lupa pola dengan smartphone Vivo Y15, kami juga sudah sediakan tips yang bisa sobat simak.

Mengambil langkah untuk menyelesaikan problem yang di hadapi oleh smartphone kita perlu mengetahu masalah sesungguhnya. Ketika smartphone sudah menunjukkan kendala dengan permasalahan bootloop atau stuck di logo Vivo, hal utama yang harus kita lakukan adalah mencoba mereset ulang.

Lihat: Cara Mudah Hard Reset Vivo Y15 via Recovery

Ada baiknya cara tersebut bisa sobat pilih untuk permulaan dalam mengambil solusi terbaik. Kalau dengan cara tersebut smartphone masih saja stuck di logo, sobat sudah perlu menyelesaikannya dengan kembali melakukan pembharuan pada kernel sistem.

Jika kita tahu bahwa smartphone Vivo Y15 ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan dan semua itu tidak harus menjadi kebimbangan kita dalam menggunakan smartphone. Vivo Y15 lebih memiliki kelebihan dan yang pertama adalah kecepetan prosesor MediaTek MT6582 dengan CPU Quad-core 1.2 GHz.

Selain itu, Vivo Y15 juga memiliki kelebihan pada sisi kamera utama 5 MP dengan LED flash. Adapun layar seluas 4,5 Inci yang sudah diberikan perlindungan Scratch Resistance Glass dan daya baterai sebesar 1900 mAh.

Kalau sobat ingin mengetahui kekurangan yang ada pada smartphone ini adalah posisi RAM sebagai pendamping prosesor hanya berukuran 512 MB dan ROM juga hanya 4 GB. Mungkin smartphone ini akan sedikit lagging dalam hal pemprosesan kinerja multitasking. Vivo Y15 juga memiliki kekurangan pada tingkat resolusi layar yang rendah di tambah sistem operasi yang masih menjalankan OS Android v4.2.2 Jelly Bean.

Untuk mengatasi berbagai hal yang muncul selain hard reset maka sobat harus melakukan flashing ulang. Dua metode yang kami sajikan ini semoga bisa membantu sobat dalam memahami proses menginstall ulang firmware.

Semua bahan perlengkapan dari file dan tool juga USB driver telah kami siapkan dan sobat hanya tinggal download saja kemudian mengikuti prosedur cara flash yang telah kami bahas di postingan ini.

Cara flashing Vivo Y15

Cara Flashing Ulang Vivo Y15 via Recovery Dengan File Update Zip

  1. Siapkan file PD1304CW_EX_A_3.4.13-update-full.zip
  2. Kondisikan dengan mengisi daya baterai smartphone hingga 80%
  3. Siapkan memori microSD dan formt di komputer
  4. Hasil file yang sobat download di atas pindahkan ke dalam microSD dan jangan di dalam folder maupun di ekstrak
  5. Setelah itu pasang micro SD tersebut ke smartphone
  6. Posisikan smartphone tetap dari off
  7. Kemudian masuk menu recovery dengan tekan bareng dua tombol Vol (+) dan Power kemudian tahan beberapa detik saja dan menu Select Boot akan tampil di layar
  8. Scrol dengan tekan Volume dan pilih Recovery lalu tekan Power
  9. Smartphone sobat akan menampilkan sederetan menu di bagian recovery ini dan sekarang scrol lagi dengan tekan Vol (-) ke bagian Apply update from sdcard
  10. Cari file firmware yang dicopy di microSD lalu tekan Power
  11. Tunggu hingga proses install update success kemudian Reboot system

Selanjutnya untuk langkah flashing ulang dengan mengandalkan Sp flashtool yang bisa menjadi pilihan sobat kedua ini memungkinkan harus menyediakan tiga file terlebih dahulu. Setidaknya juga siapkan kuota data internet sekitar 2GB untuk mengunduh ketiga file ini.

Bahan Persiapan:

Cara Flashing Ulang Vivo Y15 via Sp Flashtool

  1. Ekstrak ketiga file setelah selesai di download
  2. Install USBDriver
  3. Buka folder hasil ekstrak Sp Flastool
  4. Kemudian run atau jalankan aplikasi bernama flashtoolCara Flashing ulang Vivo Y15 via SP Flashtool
  5. Sekarang setelah flashtool terbuka langsung saja klik Scatter loading di pojok untuk memulai mengarahkan file yaitu dengan cara cari file txt (MT6582_Android_scatter) kemudian pilih
  6. Matikan smartphone terlebih dahulu
  7. Siapkan juga USB kabel dan sambungkan ke PC/laptop
  8. Setelah langkah di atas sudah semua maka klik pada tab Download
  9. Sambil menekan Vol (-) lalu hubungkan smartphone dengan kabel USB
  10. Proses flashing file akan segera berlangsung dan ini membutuhkan waktu beberapa menit Cara Flashing ulang Vivo Y15 via SP Flashtool
  11. Tunggu hingga proses mencapai 100% dengan notifikasi Download OK pada aplikasi Flashtool
  12. Setelah itu sobat langsung bisa memutuskan sambungan smartphone dari USB kabel dan mencoba untuk menghidupkannya

Note: Upgrade ulang dan melakukan pembaharuan sistem pada perangkat smartphone merupakan langkah serius yang harus Anda perhatikan. Pastikan Anda sudah melakukan backup data sebelumnya jika memang ada data penting yang tersimpan di dalam perangkat atau smartphone.

[postingan number=3 tag=”Flashing”]

Demikianlah panduan flashing ulang smartphone Vivo Y15 dengan dua langkah atau metode yang berbeda dan semoga bisa menjadi panduan yang dapat membatu sobat untuk memperbaiki smartphone.