Cara Flashing Ulang Lenovo K6 Note K53a48

Postingan ini akan membahas secara tuntas tentang langkah-langkah melakukan flashing ulang pada smartphone Lenovo K6 Note K53a48.

Seperti terjadinya hal-hal diluar pengetahuan kita yakni jika smartphone yang kita miliki saat ini memiliki masalah hardbrick, kita harus coba untuk memulihkannya.

Bukan hanya mencoba saja namun kita perlu untuk berusaha agar smartphone bisa normal kembali. Berusaha bukan berarti kita hanya cukup melakukan flash ulang tapi ada sisi lain yang harus kita teliti terlebih dahulu apa penyebabnya.

Problem hardbrick pada Lenovo K6 Note K53a48 biasanya hanya karena masalah pada OS yang kepastiannya tidak bisa melakukan booting ke menu. Dan biasanya Anda akan melihat kondisi smartphone seperti terlihat tampil logo Lenovo saja tanpa bisa masuk pada menu homescreen.

Bisa juga smartphone hanya getar-getar dan ini mungkin perlu penanganan serius dan ekstra meneliti apa sebenarnya penyebab terjadinya problem tersebut. Untuk lebih teliti apakah ini ada hubungannya dengan problem software atau hardware adalah dengan cara mereset ulang dahulu.

Kami juga sudah berikan tips yang telah diulas dipostingan kemaren sehingga sobat disini bisa menyimak dulu tips dari kami. Ini khusus untuk solusi pada problem smartphone Lenovo K6 Note K53a48 yang tidak harus di selesaikan dengan menyiapkan file dan memulai menginstallnya.

Dari beberapa problem yang terjadi pada smartphone mungkin berbeda-beda juga disebabkan oleh hal yang berbeda pula. Problem yang bisa dinamakan sama penyebabnya adalah lupa pola atau sandi telepon. Ini bukan problem yang cukup serius untuk mengatasinya karena kita bisa mereset ulang.

Untuk sobat disini yang kebetulan menghadapi problem lupa sandi atau pola bisa menyimak tips dari kami sebagai solusi untuk memulihkan smartphone.

Simak: Cara Mudah Hard Reset Lenovo K6 Note K53a48

Memulai langkah menginstall firmware pada smartphone kita semata-mata untuk melakukan pembaharuan pada sistem operasi atau OS. Dimana jika smartphone kita tidak bisa boot kemenu karena kinerja sistem mungkin telah bermasalah yang di sebabkan oleh hal yang mungkin tidak kita pahami.

Cara flashing Lenovo K53a48

Bisa saja terjadi atas kelalaian kita sendiri atau bisa juga terjadi secara tidak sengaja dan yang paling sering adalah karena virus. Untuk itu, sebagai pemilik smartphone bila ingin lebih aman dan terbebas dari virus maka haruslah memasang aplikasi anti virus.

Selain dari itu, terkadang smartphone bila sering digunakan atau kita tambahkan aplikasi akan mulai tidak resposif. Dimana jika kita terlalu berlebihan menempatkan aplikasi sehingga hanya tersisa sedikit untuk ruang maka bisa menyebabkan proses kinerja menjadi lamban.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa hanya menggunakan aplikasi sekadarnya saja yang menurut kita aplikasi penting sebagai tambahan. Ini untuk membantu kenyaman kita dalam menggunakan smartphone sehingga tidak menyebabkan kinerja menjadi lamban.

Untuk membantu menjaga smartphone kita selalu optimal, kita juga bisa memanfaatkan satu aplikasi tambahan dan untuk beberapa aplikasi yang satu ini banyak tersedia di PlayStore. Sobat bisa download langsung dan memasangnya selanjutnya memulai untuk mengatur pengoptimalan.

Memulihkan smartphone Lenovo K6 Note K53a48 dari kondisi sekarang ini yakni hardbrick, bootloop dan getar saja maka kita perlu kembali untuk menginstall firmware. Proses ini juga memerlukan ketersediaan bahan yang harus di siapkan terlebih dahulu.

Untuk bahan keperluan yang perlu untuk disiapkan tersebut sudah kami bahas di postingan lainnya dan sudah kami sajikan link untuk mendownload bahannya. Kami akan coba ulas secara tuntas mengenai langkah-langkah flash ulang Lenovo K6 Note K53a48 dengan dua prosedur.

Pertama Siapkan Bahan Pendukung

Cara Flashing Ulang Lenovo K6 Note K53a48 Dengan Tool Lenovo Downloader V1.0.2

  1. Ekstrak file jika sudah selesai di download maka akan terdapat beberapa bahan pendukung
  2. Siapkan smartphone dengan daya baterai minimal 80 persen
  3. Lepaskan SIM yang ada pada smartphone
  4. Siapkan USB kabel dan hubungkan saja pada port PC/laptop
  5. Buka folder Driver lalu Setup dan install saja Lenovo USB Driver
  6. Buka folder Lenovo Downloader V1.0.2 dan Run as tool bernama QcomDLoaderMemulai flash Lenovo K6 Note K53a48
  7. Kemudian kita klik Load Packet lalu arahkan saja pada folder firmware dimana kita tadi mengekstraknyaMengarahkan file Lenovo K6 Note K53a48
  8. Sekarang kita mulai siapkan smartphone ditangan dalam posisi tidak dinyalakan atau dalam keadaan off
  9. Klik Start DownloadProgress flash data Lenovo K53 a48
  10. Tekan dan tahan tombol boot yakni Volume (+) kemudian sambungkan dengan USB kabel dan tidak lama progress flashing data akan dimulai
  11. Perlu kita ketahui bahwa progress ini akan memerlukan waktu kurang lebih antara 30 menit
  12. Kita tunggu saja sampai progress hingga 100% dengan notifikasi PASEED pada tool
  13. Kemudian kita lepaskan sambungan USB kabel dari smartphone dan nyalakan bila tidak restart dengan otomatis

Note: Jika progress flash telas selesai dan smartphone retart maka booting pertama kalinya akan cukup lama dan perlu untuk sabar menunggu hingga smartphone sampai pada landasan menu awal.

[postingan number=3 tag=”Flashing+Lenovo”]

Sekarang untuk prosedur kedua adalah memulai flashing ulang Lenovo K6 Note K53a48 dari menu Lenovo Recovery. Menu ini bisa kita dapati dengan memaksa smartphone untuk masuk pada recovery mode dimana kita bisa langsung menemukan beberapa menu perintah.

Langkah ini bisa kita lakukan tidak hanya untuk melakukan perbaikan atas problem bootloop maupun hardbrick. Dimana jika kita ingin melakukan update firmware dari OS versi lama ke baru maupun melakukan downgrade, kita bisa juga memanfaatkan cara ini.

Dengan ini kita bisa juga melakukan pembaharuan OS secara menyeluruh bila sebelumnya kernel pada sistem perangkat smartphone tengah usang. Kita hanya memerlukan satu file saja untuk melakukan update dan mengenai bahan yang di perlukan juga sudah kami sajikan dalam dua pilihan update OTA.

Cara Flashing Ulang Lenovo K6 Note K53a48 via Lenovo Recovery
  1. Siapkan file Update_OTA_K53_S123_170216_ROW_WC2178D800.zip
  2. Siapkan memori microSD dan formatlah dahulu sehingga kosong
  3. Posisikan smartphone dalam kondisi dimatikan dahulu dan daya baterai minimal terisi 80 persen
  4. Ketika file sudah selesai di download, maka tidak perlu di ekstrak dan hanya pindahkan saja filenya K53_S116_161115_ROW_TO_K53_S123_170216_ROW_WC2178D800.zip ke dalam microSD yang kosong tadi namun jangan tempatkan didalam folder
  5. Sekarang buat smartphone dalam mode Recovery dengan cara tekan tombol Volume (+) dan Power lalu tahan beberapa detik saja sampai logo Lenovo muncul dan di tampilkannya menu pilihanMasuk recovery mode Lenovo K53a48
  6. Sekarang pilih Recovery dan smartphone akan mulai berkedip lalu muncul logo Lenovo dan setelah itu akan masuk pada menu pilihan bahasa
  7. Pilih saja bahasa English maka selanjutnya akan di tampilkan menu Lenovo RecoveryMemulai install Lenovo K53a48
  8. Kita pilih saja Install update package untuk masuk pada menu selanjutnya
  9. Kemudian kita konfirmasi Yes untuk memulai melakukan perintah update atau menginstall firmware yang berada pada memori microSD tadi
  10. Proses ini akan memerlukan waktu beberapa menit dan bila sudah menandakan Update Complete maka pilih Back dan Reboot smartphone
  11. Sekarang tinggal menunggu saja smartphoone booting dan masuk pada menu layar awal

Demikian postingan kami diatas yang mengulas tentang tutorial flashing ulang untuk smartphone Lenovo K6 Note K53a48 dengan dua prosedur. Semoga mudah di pahami dan bisa menjadi panduan dasar dalam memulai flashing untuk memulihkan smartphone maupun bertujuan melakukan pembaharuan OS pada Lenovo K6 Note K53a48.