Cara Flashing Ulang Lenovo A2010

Setelah sebelumnya kami sibuk mengulas tentang flash pada smartphone Evercoss, pada kesempatan ini juga kami akan mencoba membahas flash pada bagian smartphone Lenovo. Ulasan kami ini membahas mengenai flashing ulang pada smartphone luncuran pihak Lenovo yaitu Lenovo A2010. Cara flashing ini kami tujukan untuk semua pengguna smartphone Lenovo A2010 jika mengalami suatu permasalahan serius diluar kata hardware.

Lenovo A2010 resmi diluncurkan oleh pihak Lenovo pada September 2015 lalu dan kami yakin smartphone ini mampu menarik peminat ditanah air. Spesifikasi meliputi layar seluas 4,5 inci capacitive touchscreen dan resolusi layarnya ialah 480 x 854 piksel.Cara Flashing Ulang Lenovo A2010Smartphone ini dibanderol harga sangat terjangkau dan sudah dilengkapi fitur Dual SIM GSM. Konektivitas internet telah didukung dengan jaringan 3G HSDPA , 4G LTE serta ada pula konektivitas Wi-Fi.

Desain sederhana namun sudah dijalankan sistem operasi terbaru yakni Android OS, v5.1 Lollipop dengan interface Vibe UI diatasnya. Ditenagai prosesor handal dari Mediatek MT6735M dengan kecepatan kinerja CPU Quad-core 1.2 GHz. Diadopsi GPU dari Mali-T720MP2 serta pasokan kinerja multitasking berupa RAM sebesar 1GB dan ROM-nya berkapasitas 8GB.

Kamera belakangnya telah disemati kamera beresolusi 5MP beserta dukungan LED flash, perekam video beresolusi 720p@30fps. Sedangkan kamera bagian depannya memiliki resolusi 2MP sebagai kebutuhan selfie untuk pengguna.

Baca juga : Hard Reset Ponsel Lenovo A2010

Sebagaimana kita ketahui dari spesifikasinya sangatlah jelas bahwa Lenovo A2010 menggunakan chipset Mediatek. Secara nyata jika kita ingin melakukan flash pada smartphone Lenovo A2010 ini, alat atau tool yang bisa digunakan ialah SP Flash Tool. Alat lainnya juga mungkin kita perlu siapkan dan semua itu bisa kamu dapatkan dalam satu paket file firmware lengkap.

Bahan yang diperlukan:

Download firmware lengkap Lenovo A2010

Cara Flash Lenovo A2010:

  1. Setelah kamu selesai mendownload file firmware kemudian ekstrak saja
  2. Buka folder Lenovo_A2010-a-t_USR_S243_1508130100_MP3V1_8G_ROW
  3. Kamu akan mendapati beberapa folder lainnya yakni peralatan flash lengkap
  4. Install Driver terlebih dahulu
  5. Kamu buka folder SP Flash Tool v5.1516 dan jalankan aplikasi bernama flash_tool
  6. Setelah Flastool terbuka klik pada tab Scatter-loading
  7. Cari file firmware Lenovo A2010 dari folder yang sudah diekstark tadi yakni folder Firmware seperti (MT6735M_Android_scatter) lalu pilih
  8. Tunggu beberapa detik hingga Flashtool selesai memproses atau mengidentifikasi file scatter
  9. Setelah proses selesai siapkan kabel USB dan hubungkan ke PC/Laptop
  10. Matikan smartphone lalu lepaskan kedua SIM dan microSD
  11. Klik pada tab Download
  12. Setelah itu lanjut dengan menyambungkan smartphone pada kabel USB
  13. Flashtool akan langsung memulai melakukan flash file firmware ke perangkat atau smartphone kamu dan ini memerlukan waktu beberapa menit
  14. Jika Flashtool sudah selesai memproses flash ulang file dengan hasil sukses maka akan terlihat munculnya Download OK
  15. Setelah itu kamu bisa melihat hasilnya dengan menghidupkan smartphone

Artikel terkait cara flash Lenovo lainnya:

Mungkin cukup sekian postingan kami mengenai cara flash ulang Lenovo A2010 dengan solusi perbaikan kendala atau permasalahan yang menimpa smartphone.