Cara Flashing Ulang Lenovo A2010-a

Setelah sebelumnya kami sibuk mengulas tentang flash pada smartphone Evercoss, pada kesempatan ini juga kami akan mencoba membahas flash pada bagian smartphone Lenovo.

Ulasan kami ini membahas mengenai flashing ulang pada smartphone luncuran pihak Lenovo yaitu Lenovo A2010. Cara flashing ini kami tujukan untuk semua pengguna smartphone Lenovo A2010 jika mengalami suatu permasalahan serius diluar kata hardware.

Lenovo A2010 resmi diluncurkan oleh pihak Lenovo pada September 2015 lalu dan kami yakin smartphone ini mampu menarik peminat ditanah air. Spesifikasi meliputi layar seluas 4,5 inci capacitive touchscreen dan resolusi layarnya ialah 480 x 854 piksel.

Smartphone ini dibanderol harga sangat terjangkau dan sudah dilengkapi fitur Dual SIM GSM. Konektivitas internet telah didukung dengan jaringan 3G HSDPA , 4G LTE serta ada pula konektivitas Wi-Fi.

Desain sederhana namun sudah dijalankan sistem operasi terbaru yakni Android OS, v5.1 Lollipop dengan interface Vibe UI diatasnya. Ditenagai prosesor handal dari Mediatek MT6735M dengan kecepatan kinerja CPU Quad-core 1.2 GHz.

Diadopsi GPU dari Mali-T720MP2 serta pasokan kinerja multitasking berupa RAM sebesar 1GB dan ROM-nya berkapasitas 8GB. Kamera belakangnya telah disemati kamera beresolusi 5MP beserta dukungan LED flash, perekam video beresolusi [email protected] Sedangkan kamera bagian depannya memiliki resolusi 2MP sebagai kebutuhan selfie untuk pengguna.

Baca juga : Cara Hard Reset Lenovo A2010

Sebagaimana kita ketahui dari spesifikasinya sangatlah jelas bahwa Lenovo A2010 menggunakan chipset Mediatek. Secara nyata jika kita ingin melakukan flash pada smartphone Lenovo A2010 ini, alat atau tool yang bisa digunakan ialah SP Flash Tool.

Alat lainnya juga mungkin kita perlu siapkan dan semua itu bisa kamu dapatkan dalam satu paket file firmware lengkap. Lenovo A2010 yang kami kerjakan hari ini kebetulan hanya stuck dilogo atau bahasa mudahnya orang bilang ialah bootloop.

Setelah kami mengambil langkah hard reset kami pikir bisa memulihkan masalah bootloop tersebut namun malah tetap saja stuck dilogo. Pada akhirnya, langkah flash menjadi keputusan terbaik kami untuk bisa membuat smartphone kembali normal dan pengguna atau pemilik bisa menggunakannya lagi.

Bahan yang di perlukan dan di siapkan:

Langkah Flash Lenovo A2010-a via SP Flashtool:
  1. Siapakan smartphone dalam kodisi daya baterai 80 persen
  2. Setelah kamu selesai mendownload file firmware kemudian ekstrak saja
  3. Buka folder Lenovo_A2010-a-t_USR_S243_1508130100_MP3V1_8G_ROW
  4. Kamu akan mendapati beberapa folder lainnya yakni peralatan flash lengkap
  5. Install Driver terlebih dahulu
  6. Kamu buka folder SP Flash Tool v5.1516 dan jalankan aplikasi bernama flash_tool
  7. Setelah Flastool terbuka klik pada tab Scatter-loading
  8. Cari file firmware Lenovo A2010 dari folder yang sudah diekstrak tadi yakni folder Firmware seperti (MT6735M_Android_scatter) lalu pilih
  9. Tunggu beberapa detik hingga Flashtool selesai memproses atau mengidentifikasi file scatter
  10. Setelah proses selesai siapkan kabel USB dan hubungkan ke PC/Laptop
  11. Matikan smartphone lalu lepaskan kedua SIM dan microSD
  12. Klik pada tab Download
  13. Setelah itu lanjut dengan menyambungkan smartphone pada kabel USB
  14. Flashtool akan langsung memulai melakukan flash file firmware ke perangkat atau smartphone kamu dan ini memerlukan waktu beberapa menitCara Flash Lenovo A2010-a
  15. Jika Flashtool sudah selesai memproses flash ulang file dengan hasil sukses maka akan terlihat munculnya Download OK
  16. Setelah itu kamu bisa melihat hasilnya dengan melepas baterai dan pasang kembali lalu menghidupkan smartphone

Kami sajikan juga berupa video tutorial yang bisa kamu simak sebagai panduan tambahan untuk memulai flash ulang Lenovo A2010. Simak video berikut bila ada beberapa langkah diatas membuat kamu sulit dan semoga video yang kami sajikan ini dapat membantu.

Untuk yang mendapati lupa dengan akun gmail dan tidak bisa login kemenu homescreen bisa menyimak video selanjutnya sebagai langkah melakukan bypass frp pada Lenovo A2010-a. Anda harus memiliki sambungan data internet dismartphone Anda atau bisa mengandalkan WiFi sebagai koneksi internet. Anda harus mempersiapkan akun gmail atau membuat akun baru setelahnya selesai malakukan bypass supaya Anda bisa menggunakan Playstore.

Catatan: Saat sesudah smartphone Lenovo A2010 sudah sukses di flash dan dihidupkan, proses awal bahwa Lenovo akan memproses loading hingga memakan waktu mencapai 10 menit. Pastikan kamu tidak panik dan bersabar menunggu smartphone memasuki layar dalam pilihan bahasa.

Cara Flash Lenovo A2010-a via Recovery

Untuk melakukan update dengan file OTA dari menu recovery yang harus dipahami adalah mengetahui bagaimana cara masuk menu recovery pada Lenovo A2010-a. Cara ini sebenarnya sangatlah mudah karena langkahnya sama dengan cara melakukan hard reset dari recovery.

  1. Siapkan file Lenovo A2010-a OTA
  2. Matikan smartphone Lenovo A2010 dan pastikan daya baterai sudah terisi sekitar 80 persen
  3. Lepaskan kartu SIM dan kartu microSD
  4. Format microSD bila diperlukan
  5. Copy file Lenovo A2010-a OTA kedalam microSD
  6. Pasanglah microSD yang sudah terisi file tersebut pada smartphone
  7. Hidupkan  smartphone dengan menekan kombinasi tombol Volume (+) dan Power button kemudian tahan
  8. Ketika smartphone sudah bergetar kemudian lepaskan kedua tombol dan akan muncul menu pilihan Recovery
  9. Gunakan tombol Volume (+) untuk navigasi dan pilih menu yang Recovery lalu tekan tombol Volume (-)
  10. Setelah itu akan muncul robot Android terlentang dilayar
  11. Tekan bersamaan tombol Volume (+) dan tombol Power button selama 2-3 detik lalu lepaskan
  12. Dilayar smartphone akan menampilkan menu Android system recovery
  13. Gulir kebawah dengan menekan tombol Volume (-) kemenu Apply update from SDcard
  14. Selanjutnya tekan tombol Power button untuk konfirmasi ok
  15. Proses update flashing akan dimulai dan ini memerlukan waktu antara 20-30 menit
  16. Tunggu hingga proses selesai
  17. Jika proses telah komplit atau finish maka pilih reboot system now dengan menekan tombol Power button
  18. Selesai dan sekarang smartphone akan reboot.

Artikel terkait cara flash Lenovo lainnya:

Mungkin cukup sekian postingan kami mengenai cara flash ulang Lenovo A2010 dengan solusi perbaikan kendala atau permasalahan yang menimpa smartphone.

Add Comment