Cara Flashing Samsung Galaxy J3 (SM-J320G/DS)

Hai sob, hari ini kami akan berbagi tutorial tentang cara flashing Samsung Galaxy J3 (SM-J320G/DS). Panduan ini tentu akan mempermudah kalian semua dalam melakukan perbaikan ketika smartphone memiliki masalah berkedip dilogo atau bootloop saja ketika dinyalakan.

Masalah seperti ini sudah terbilang sebagai kendala software yang mengharuskan kita melakukan perbaikan dengan cepat menggunakan firmware Samsung resmi. Hal ini juga menjadikan kita supaya tidak hanya tinggal diam saja ketika smartphone yang kita miliki sedang bermasalah.

Cara Flashing Samsung Galaxy J3 SM-J320G/DS

Kita harus bisa mengetahui apa penyebab dari itu dan langkah apa yang tepat untuk dapat memulihkannya. Pada postingan lainnya, kami juga sudah memberikan tips tentang hard reset untuk mengembalikan stelan pabrik. Jika dirasa kamu ingin menggunakan langkah tersebut, kamu dapat mengikuti panduan kami agar mudah memahaminya.

Simak: Cara Hard Reset Samsung Galaxy J3 SM-J320G/DS

Rasa penasaran kamu dalam mengetahui masalah yang muncul pada smartphone dapat dicek dengan melakukan hard reset terlebih dulu. Saat smartphone sudah berkedip dilogo, memang hanya dengan langkah itu kamu dapat mencoba memulihkannya. Sebelum pada tahap yang satu ini yaitu melakukan flashing firmware, semua tips yang ada dapat Anda pilih sebagai solusinya.

Smartphone keluaran Samsung ini memang tidak harus diragukan lagi tentang spek dan fitur yang sudah dimilikinya. Itu memang yang membuat kita bangga jika kita memiliki smartphone yang satu ini. Sekarang kita tidak harus bangga dengan itu saja. Kita bisa mencoba memikirkan untuk hal lainnya yaitu bagaimana memperbaiki smartphone kita sendiri.

Seandainya setelah beberapa bulan kita mendapati satu masalah software yaitu berkedip dilogo seperti yang sudah kami sebutkan. Hal yang seperti ini membuat kita tidak lagi bisa menggunakan smartphone untuk beberapa hari. Apalagi masalah itu sudah berhari-hari dan membuat kita bingung karena belum tahu bagaimana memulihkannya.

Kita tidak boleh langsung mengambil kesimpulan bahwa smartphone yang kita miliki sudah terlihat fatal. Sebagai pengguna, kita hanya bisa berusaha mencari solusi tentang bagaimana smartphone yang kita miliki dapat kembali dengan normal. Tentang masalah lain juga kita harus dapat menyelesaiknnya.

Melakukan flashing berarti kita memiliki tujuan untuk melakukan pembaruan firmware. Ini akan memberikan pengoptimalan pada kinerja sistem smartphone kita dan ketika sebelumnya memang sering lemot maka ini tidak akan terjadi lagi.

Sekarang mari kita mulai langkah ini dengan menyiapkan dulu bahan berikut:

Cara Flashing Samsung Galaxy J3 (SM-J320G/DS) Menggunakan Tool Odin

1. Setelah file sudah kamu unduh, lalu ekstrak semuanya di PC/Laptop kamu.

2. Install terlebih dahulu Samsung USB Driver sampai finish.

3. Sambungkan USB kabel ke .PC/Laptop kamu.

4. Matikan smartphone kamu dengan tekan tombol Power lalu matikan daya dan diamkan untuk beberapa detik.

5. Jika smartphone dalam keadaan bootloop, kamu lepaskan saja baterainya lalu pasang lagi.

6. Sekarang buat smartphone pada posisi MODE ODIN dengan cara menekan tombol Volume Bawah, tombol Home, dan tombol Power. Perthatikan bahwa ketiga tombol tersebut harus ditekan bersamaan selama beberapa detik.

Odin Mode Samsung Galaxy J3 (SM-J320G/DS)

7. Setelah muncul peringatan seperti Warning dilayar, maka lepaskan ketiga tombol. Selanjutnya kamu tekan tombol Volume Atas supaya smartphone masuk dibagian Downloading.

8. Sambungkan smartphone dengan USB kabel. Jalankan aplikasi Odin hingga terbuka.

9. Klik pada bagian tombol BL, AP, CP, CSC kemudian pilih file dari hasil ekstak firmware tadi sesuai namanya kolomnya. Ini untuk menambahkan file MD5 yang telah kamu ekstrak tadi dan yang akan diinstal pada perangkat kamu.

Menambahkan File Samsung Galaxy J3 (SM-J320G/DS)

10. Tunggu beberapa detik pada saat pengecekan file hingga terlihat successfully.

11. Sekarang klik Start untuk memulai flashing firmware. Proses flashing akan berlangsung beberapa menit.

12. Silahkan tunggu hingga proses sukses dengan ditandai PASS dikotak hijau.

13. Jika smartphone tidak reboot maka lepaskan sambungan USB kabel lalu tekan tombol Power untuk menghidupkannya.

Sesudah langkah flashing berhasil dan smartphone dihidupkan, maka ia akan loading untuk beberapa waktu yang tidak dapat ditentukan. Setelah ini, berarti kamu sudah melakukan langkah diatas dengan baik dan smartphone kamu sudah kembali lagi dengan normal.

Itulah tutorial dari kami tentang cara flashing Samsung Galaxy J3 (SM-J320G/DS) sebagai langkah perbaikan software dan pembaruan. Semoga dapat membantu kamu yang hari ini ingin memulihkan smartphone karena mengalami booltoop dilogo.

Add Comment