Cara Flashing Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G/DS

Melakukan flashing Samsung Galaxy J3 Pro bukan suatu hal yang rumit dan ini sangat mudah untuk dijadikan solusi. Mungkin ada beberapa hal yang dapat diperbaiki dengan langkah ini jika memang smartphone kita sekarang sedang memiliki masalah.

Meskipun tindakan ini dapat membuat smartphone kita seperti baru lagi, ada beberapa hal juga yang meski kita perhatikan. Tujuan dari flashing ini juga merupakan langkah menginstall firmware yakni untuk menghapus data yang lama dengan dilakukan pembaruan.

Jika kita memiliki data penting dari smartphone dan belum membuat cadangan, sebaiknya kita melakukan backup data. Ketika kita memiliki kesempatan tentu langkah ini dapat kita lakukan dengan cepat. Namun, bagaimana jika kita sendiri tidak memiliki kesempatan? Cara Flashing Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G/DSBiasanya kasus yang dihadapi oleh sang pemilik smartphone cukup parah. Smartphone yang mereka miliki memiliki masalah software yang memperlihatkan kondisi smartphone hanya berkedip dilogo Samsung saja. Hal ini juga menyulitkan sipengguna itu sendiri untuk memilah data yang ada didalamnya untuk dibackup.

Ketika kondisi smartphone memanglah seperti itu, kita bisa mencoba memilih langkah termudahnya dengan memulai ulang. Kita bisa mereset ulang terlebih dahulu dibanding kita terburu-buru memilih untuk melakukan flashing firmware.

Simak: Cara Mudah Hard Reset Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G/DS

Smartphone kesayangan kita hanya berkedip dilogo bisa juga disebabkan oleh kelebihan aplikasi. Selain itu, ada juga yang pertamanya erorr karena theme yang digunakan tidak kompatibel dengan OS yang dijalankan oleh smartphone ini.

Bisa dikatakan smartphone tersebut sedang mengalami bootloop dan tidak dapat booting seperti biasanya yang sering kita lihat ketika menghidupkan smartphone. Masalah ini juga terjadi pada beberapa bagian dari smartphone berbasis Android lainnya.

Namun, jika ini sudah terjadi pada smartphone kita maka itu tidak menjadi kemungkinan bahwa smartphone kita tidak bisa digunakan lagi. Sebagai pengguna tentu kita harus mencari solusi untuk memulihkannya. Memperbaiki smartphone kita yang mentok dilogo bisa dengan menginstall ulang seluruh komponen yaitu melakukan pembaruan dengan perangkat lunak atau software.

Ini dilakukan dengan menggunakan ROM atau firmware yang merupakan file untuk model smartphone tersebut. Disamping itu, kita juga memerlukan beberapa file pendukung yaitu tool Odin.  Untuk lebih lanjut, kita akan bahas panduan ini supaya kamu yang belum pernah tahu bisa mengerti.

Pertama siapkan file dukungan atau bahan:

Berikut adalah tahap flashing Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330G:

  1. Sekarang hal pertama yang perlu kita lakukan pada smartphone adalah membuatnya untuk memiliki daya baterai bisa terisi penuh
  2. Jika bootloop maka matikan smartphone kita dengan menekan tombol Power cukup lama
  3. Setelah itu ekstrak semua file jika sudah diunduh
  4. Install Samsung USB Driver
  5. Sesudah itu, kita hidupkan smartphone tadi dengan menekan secara bersamaan tombol Volume (-), tombol Home dan tombol Power selama beberapa detik saja
  6. Ketika sudah muncul tanda Warning dilayar, segera lepaskan semua tombol yang kita tekan tadi
  7. Berikutnya kita tekan tombol Volume (+) supaya smartphone kita bisa masuk diposisi Odin Mode
  8. Kemudian kita hubungkan smartphone kita pada PC/laptop dengan USB kabel
  9. Jalankan saja aplikasi Odin
  10. Ketika sudah terbuka maka smartphone akan terdetek oleh OdinMulai Flashing Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330
  11. Sekarang kita klik pada bagian AP lalu temukan file pada folder firmware dari hasil ekstrak tadi dan pilih file MD5
  12. Tunggu beberapa detik sampai Odin mengindeks file tersebut
  13. Setelah itu kita klik StartFlashing Samsung Galaxy J3 Pro SM-J330 Finish
  14. Progres flashing akan berlangsung dan tunggu hingga Finish
  15. Smartphone akan reboot dengan sendirinya
  16. Selesai

Ketika kita sudah melihat bahwa flashing telah kita lakukan dengan sesuai prosedur maka smartphone kita akan benar-benar pulih kembali. Disitu kita akan melihat smartphone kita terlihat seperti baru lagi dan meminta kita untuk mengkonfigurasi beberapa pengaturan lainnya.

Add Comment