Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5 Pro untuk pembaruan MIUI dan perbaikan software. Langkah ini juga dapat membantu mengatasi masalah bootloop, crash dan mungkin saat smartphone Anda lemot. Anda dapat memulai tindakan yang dapat menyelesaikan itu semua. Sebagai pengguna smartphone, jangan pernah membiarkan kendala apapun terjadi.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Namun kalau semua itu memang tidak sengaja Anda alami pada device Anda, cara flash Xiaomi Redmi Note 5 Pro dapat menjadi solusi. Meningkatkan stabilitas sistem di perangkat Anda memang perlu diperhatikan. Jangan sampai Anda hanya mengetahui cara menggunakannya saja.

Kalau sistem di smartphone Anda atau salah satu aplikasi ada yang mengalami bugs atau pun error, itu dapat diperbaiki dengan cepat. Meski disetiap smartphone Xiaomi sudah dilengkapi dengan aplikasi khusus untuk melaporkan hal ini, tentu tidak dirasa cukup.

Selain Anda bisa melaporkan masalah bugs yang terjadi di smartphone, Anda juga memerlukan tindakan lain sebagai solusi. Mungkin Anda akan merasa kesal ketika melihat device Anda sering muncul aplikasi telah terhenti. Sebenarnya, itu tidak hanya terjadi pada smartphone Anda saja.

Dari beberapa smartphone selain dari model Xiaomi, ada juga yang mengalami kesalahan ini. Terkadang, dari beberapa aplikasi ada yang tidak menanggapi. Hal ini tentu membuat pengguna merasa tidak nyaman. Kalau smartphone Anda memang sering seperti itu, janganlah Anda merasa panik.

Sebelum Anda berpikir lebih jauh tentang kendala tersebut, lebih baik mengambil tindakan yang dapat membantu Anda. Anda bisa mencoba menghapus cache aplikasi melalui menu ‘Manager Aplikasi’ di pengaturan Xiaomi. Seandainya itu masih belum cukup menyelesaikan masalah yang ada, Anda bisa mencoba dengan mengembalikan setelan pabrik atau reset Xiaomi.

Simak: Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Melalui metode tersebut, kemungkinan dapat mengatasi masalah yang ada. Namun jika itu tidak membantu Anda sama sekali, Anda bisa memulai tindakan untuk menginstal ROM. Cara flash Xiaomi Redmi Note 5 Pro dapat menjadi langkah untuk pembaruan MIUI dan memperbaiki masalah yang ada.

Anda dapat menggunakan dua metode untuk melakukan update ROM. Melalui postingan ini, saya akan memberikan Anda panduan tentang flashing firmware atau update. Mudah-mudahan ini dapat menjadi sarana yang bisa membantu menyelesaikan masalah pada device kesayangan Anda.

Termasuk masalah bootlop dan semua yang ada pada device Anda. Backup data Anda sebelum tahapan flash dilakukan. Tindakan ini akan menghapus semua data termasuk Kontak, Pesan SMS, Media seperti Foto dan Video yang tersimpan pada memori internal smartphone Anda.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5 Pro Melalui Lokal Update

Metode pertama, Anda dapat memulai update tanpa harus menggunakan dukungan Tools. Ini jauh lebih mudah untuk melakukan beberapa perbaikan.

  1. Sebelum memulai update, isi daya smartphone Xiaomi Anda hingga tingkat baterai di atas 50%.
  2. Download ROM miui_HMNote5Global_V11.0.3.0.PEIMIXM_ff4c5a6b1a_9.0.zip, pilihlah versi terbaru dari yang tersedia.
  3. Hubungkan Xiaomi Anda ke PC Windows/laptop menggunakan kabel micro USB, salin file ROM yang sudah di unduh tersebut ke folder Downloaded_ROM pada dokumen internal atau root perangkat Anda dalam memori SD Card.
  4. Selanjutnya, nonaktifkan smartphone Xiaomi Anda terlebih dahulu.
  5. Buka aplikasi Pengaturan/Setting di Xiaomi Anda. Pilih Tentang Telepon/About Phone.
  6. Setelah itu, klik Pembaruan sistem/Update system. Pilih 3 titik di sudut kanan atas dan pilih Paket pembaruan/Choose update package.
  7. Pilih file ROM di folder Downloaded_ROM yang Anda simpan tadi. Smartphone Anda akan memulai proses pembaruan perangkat lunak.
  8. Proses pembaruan ini akan memakan waktu beberapa menit dan menunggu sukses. Device Anda akan Reboot ketika proses pembaruan selesai.

Anda sudah menyelesaikan semua langkah diatas dengan baik dan device Anda telah berhasil di perbarui. Dengan itu, smartphone Xiaomi Anda akan stabil lagi dan kembali seperti baru lagi. Selain dari metode pertama, Anda juga bisa menggunakan cara lainnya. Namun, Anda memerlukan dukungan MiFlash Tools untuk melakukan ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5 Pro Menggunakan MiFlash Tools

1. Sebelumnya, isi daya smartphone Xiaomi Anda hingga tingkat baterai di atas 50%.

2. Unduh firmware whyred_global_images_V11.0.3.0.PEIMIXM_20191108._9.0_global_f128798d03.tgz, dan MiFlashTools terbaru. Setelah file selesai didownload, cek format penamaan file ROM harus (.tgz). Kalau formatnya (.gz), ganti namanya menjadi (.tgz) terlebih dahulu.

3. Kemudian, matikan smartphone Xiaomi Anda. Tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power selama beberapa detik untuk memasuki Mode Fastboot seperti berikut. Lalu hubungkan device Anda ke Windows PC/laptop lewat kabel micro USB yang Anda miliki.

Mode Fastboot Xiaomi Redmi Note 5 Pro

4. Ekstrak unduhan file ROM dan MiFlashTools terlebih dulu. Buka aplikasi XiaoMiFlash dan klik Driver untuk menginstall pada Windows PC/laptop Anda. Lalu klik Select dan arahkan pada ROM yang di ekstrak tadi. Dibagian bawah ada pilihan, silahkan pilih Clean all.

5. Klik tombol Refresh, MiFlash akan mendeteksi smartphone Xiaomi Anda. Klik tombol Flash untuk mulai flashing file ROM ke perangkat Xiaomi Anda.

Flash ROM Xiaomi Redmi Note 5 Pro Sukses

6. Tunggu sampai proses di MiFlash berubah menjadi hijau, artinya ROM telah sukses di install di perangkat Xiaomi Anda. Device akan otomatis restart dengan versi terbaru.

Anda sudah sukses memulai tahap tentang cara flash Xiaomi Redmi Note 5 Pro. Jika terjadi kendala di halaman reboot setelah selesai flash, pilih wipe data melalui Mode Recovery.

Caranya, Matikan dulu smartphone Xiaomi Anda dengan menekan tombol Power, Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Atas dan tombol Power bersamaan untuk masuk ke Mode Recovery. Kemudian, pilih wipe all data lalu Reboot system now.

Add Comment