Cara Flashing Xiaomi Redmi Note 4X Chipset MTK

Apakah Anda memiliki masalah dengan smartphone Anda Xiaomi Redmi Note 4X seperti gagal booting? Mungkin hal ini menjadikan Anda tidak bisa menggunakan smartphone karena memang ada masalah dengan bagian software.

Apa yang Anda lihat saat ini bisa terasa berat untuk Anda pikirkan bagaimana Anda bisa membuat smartphone Anda bisa lagi kembali dengan normal. Gagal booting atau bootloop baru saja Anda alami hari ini dan itupun Anda termasuk sebagai pengguna yang tidak tahu akan apa penyebabnya.

Okay, bootloop yang terjadi pada smartphone Anda memang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mungkin Anda sebagai pemilik tidak tahu kenapa itu bisa terjadi pada smartphone Anda. Kesalahan umum yang menyebabkan smartphone Anda mengalami hal demikian bisa karena Anda sendiri.

Seperti yang saya dapati hari ini yang merupakan smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan problem bukan hanya tidak bisa booting. Ini bukanlah permasalahan yang terjadi dengan smartphone itu. Namun, smartphone tersebut dicharger tidak ada indikator notifikasi pengisian baterai dan ketika ditekan tombol power juga tidak mau hidup.

Padahal, smartphone masih dapat terkonek dengan PC/laptop setelah saya coba untuk menghubungkanya dan bisa jadi ada masalah lain yang ternyata disebabkan oleh sang pemilik. Apakah Anda juga ada yang mengalami hal seperti ini? Baiklah, kita coba selesaikan masalah smartphone Anda supaya bisa Anda pergunakan kembali.

Kegagalan dalam cara melakukan flashing firmware juga dapat berakibat buruk terhadap kondisi smartphone. Untuk itu, ketika Anda juga salah langkah dalam proses ini dapat membuat smartphone Anda berasa mati. Sekarang beruntungnya Anda masih bisa melihat logo saja ketika smartphone Anda setiap kali dihidupkan.

Cara Flashing Xiaomi Redmi Note 4X Chipset MTKCara yang tepat untuk memulihkan smartphone Anda Xiaomi Redmi Note 4X karena bootloop memang bisa dengan cara flashing ulang. Namun, Anda tidak harus asal melakukan flashing dengan firmware yang tidak tepat.

Sebagai pemilik smartphone ini, Anda harus tahu bahwa smartphone Xiaomi Redmi Note 4X hadir dalam dua varian yang membedakan antara chipset prosesor yang diusungnya. Ada sebagian yang mengusung chipset dari MediaTek dan yang satunya lagi adalah berchipset Qualcomm.

Kebetulan, smartphone Xiaomi Redmi Note 4X yang saya tangani ini diusung dengan chipset MediaTek sehingga sangat mudah melakukan flashing firmware dengan SP Flashtool. Pastikan smartphone Anda yang sedang bootloop ini sama dengan yang punya saya sehingga Anda bisa dengan mudah untuk memulihkanya seperti cara yang saya lakukan.

Saatnya saya akan langsung mengulas tahap-tahap melakukan flashing dan untuk Anda yang ingin segera mengetahuinya maka baca dengan teliti. Anda siapkan bahanya terlebih dahulu barulah Anda bisa menuju kebagian flashing. Beberapa bahan sudah lengkap kami siapkan yang juga merupakan bahan yang kami gunakan untuk prosedur ini.

Bahan-bahan: 

Langkah Flashing ROM Xiaomi Redmi Note 4X via Flashtool
  1. Ekstrak semua file dari hasil unduhan Anda
  2. Siapkan smartphone Anda dengan daya baterai mencukupi sekitar 60-80 persen
  3. Jika syarat baterai sudah mencukupi maka buatlah smartphone Anda standby dan dalam posisi Anda matikan
  4. Insatll semua USB Driver terlebih dahulu
  5. Setelah proses installasi semua Driver selesai saatnya Anda untuk menjalankan tool
  6. Buka folder SP Flash Tool dan di dalamnya Anda akan menemukan aplikasi bernama Flash_tool lalu Run as untuk menjalankan
  7. Selanjutnya copy file cust dari hasil ekstrak cust_global.rar tadi kedalam file image copy and replace file tepatnya didalam file nikel_global_images_V8.1.2.0.MBFMIDI untuk mengganti file cust bawaan ROMMengganti file Cust global Xiaomi Redmi Note 4X
  8. Berikutnya klik Choose dibagian Scatter Loading dan arahkan pada folder nikel_global_images_V8.1.2.0.MBFMIDI dari ROM hasil Anda ekstrak tadi dan file yang harus Anda temukan dan Anda pilih adalah MT6797_Android_scatter Memilih File Scatter Xiaomi Redmi Note 4X
  9. Selanjutnya hubungkan saja USB kabel yang sudah di siapkan tadi ke PC/laptop Anda
  10. Ingat! Jangan centang pada bagian Preloader terlebih dahulu
  11. Langkah berikutnya Anda klik Download pada FlashtoolMulai Flashing Xiaomi Redmi Note 4X MTK
  12. Sambil memegang smartphone Anda maka tekan tombol Vol (+) lalu tahan dan sambungkan smartphone Anda dengan USB kabel
  13. Jika tidak terlihat respon atau menandakan failed maka klik Stop dan putuskan sambungan smartphone Anda dari USB kabel lalu centang pada bagian Preloader dan mulai kembali dilangkah 10
  14. Jika proses sudah benar maka Flashtool akan memulai flashing firmware dengan durasi yang tentu selama beberapa menit
  15. Setelah Flashtool ditandai Download OK maka proses flashing firmware telah berhasilFlashing Firmware Xiaomi Redmi Note 4X Sukses
  16. Segera putuskan sambungan smartphone Anda dari USB kabel lalu hidupkan
  17. Anda akan melihat bahwa smartphone Anda sedang load dan proses ini memakan waktu sekitar 5-10 menit
  18. Usahakan untuk sambil dicharger smartphone Anda supaya tidak kehabisan daya saat booting sedang berlangsung

Anda sudah berhasil melakukan flashing firmware dengan smartphone Anda Xiaomi Redmi Note 4X. Sekarang yang perlu Anda lakukan untuk mulai bisa menggunakan smartphone adalah menghubungkannya dengan data internet. Login ke akun gmail Anda dan siapkan Akun Mi Anda untuk login juga jika sebelumnya pernah tertaut dengan smartphone.

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Add Comment