Cara Flash Xiaomi Redmi 9 ROM Update

Cara Flash Xiaomi Redmi 9 merupakan tahap yang bisa dijadikan solusi ketika ingin mengatasi stuck di logo. Bukan hanya itu saja. Saat smartphone memiliki masalah bugs dan Anda baru mengetahuinya, itu juga dapat diperbaiki menggunakan metode ini.

Cara Flash Xiaomi Redmi 9

Melakukan update aplikasi terkadang memang harus selalu diperhatikan. Hal ini untuk menghindari terjadinya masalah yang sering muncul yaitu ‘Aplikasi telah berhenti’. Inilah yang disebut dengan bugs yang mana aplikasi tersebut mungkin sudah terlalu lama tidak diperbarui.

Cara flash Xiaomi Redmi 9 memang bisa menyelesaikan itu. Anda dapat belajar lebih jauh tentang tips ini. Kalau Anda memang sudah mengetahui langkah ini, semua masalah yang terjadi pada device Anda dapat diselesaikan dengan cepat. Termasuk jika Anda ingin melakukan update MIUI sebagai bagian untuk meningkatkan stabilitas sistem.

Memiliki smartphone seperti Xiaomi Redmi 9 memang harus selalu diperhatikan. Meski ini merupakan smartphone cukup canggih, Anda tidak harus mengabaikan hal lainnya selain dari itu. Apalagi membiarkannya tidak terjaga karena Anda lebih sering mementingkan game.

Sangat diperlukan untuk siap dengan pembaruan ROM yang baru dirilis. Biasanya, terdapat fitur dan perbaikan masalah yang ada pada versi sebelumnya seperti bugs. Maka dari itu, Anda bisa selalu mengecek apakah device Anda memang sudah tersedia ROM MIUI baru yang siap untuk dipasang.

Kalau memang ada, Anda bisa segera melakukan update agar device Anda memiliki kinerja yang sangat optimal. Selain itu, Anda juga tidak akan mendapatkan masalah error lagi karena device Anda berjalan dengan sistem yang baru yang telah ditingkatkan keamanannya.

Cara flash Xiaomi Redmi 9 bisa Anda mulai dengan memiliki ROM dukungan. Saya akan memberikan Anda dua metode tentang cara menginstal firmware sebagai bagian pembaruan MIUI. Semuanya menggunakan langkah yang berbeda dan Anda dapat menentukan sendiri mengenai langkah yang ingin Anda pilih.

Cara Flash Xiaomi Redmi 9 ROM Update

1. Silahkan Anda mulai dengan mengisi daya device Anda hingga tingkat baterai di atas 50%.

2. Kemudian, silahkan download ROM Xiaomi Redmi 9 versi terbaru yang telah tersedia. Anda dapat memilih varian yang sesuai.

3. Hubungkan smartphone Xiaomi Anda ke Komputer menggunakan kabel micro USB, salin file ROM yang sudah Anda download tadi ke folder Downloaded_ROM pada dokumen internal atau bisa ke dalam memori SD Card.

4. Selanjutnya, hidupkan smartphone Anda terlebih dahulu dengan menekan tombol Power.

5. Jalankan aplikasi Pengaturan/Settings di Xiaomi Anda. Pilih Tentang Telepon/About phone dan klik Pembaruan sistem/System update.

6. Pilih saja 3 titik di sudut kanan atas dan pilih lagi Paket pembaruan/Update package. Berikutnya cari dan pilih file ROM di folder mana Anda menyimpannya.

7. Setelah memilih file ROM yang sesuai, smartphone Anda akan memulai proses pembaruan software. Proses tersebut akan memakan waktu beberapa menit dan menunggu hingga mengatakan sukses. Ketika proses telah selesai, device Anda akan restart.

Selamat! Anda telah berhasil melakukan update MIUI pada smartphone Xiaomi Anda. Melalui cara flash Xiaomi Redmi 9 yang pertama diatas, Anda juga sudah memperbaiki device Anda dari masalah yang ada.

Sekarang Anda dapat menyimak tutorial saya berikutnya dan mungkin ini dapat membantu Anda lebih lanjut. Itu kalau Anda tidak bisa menggunakan cara yang pertama, Anda dapat memilih metode kedua ini sebagai bagian perbaikan.

Cara Flash Xiaomi Redmi 9 via XiaoMIFlash

1. Jangan lupa untuk memperhatikan daya baterai Xiaomi Anda dan pastikan terisi di atas 50%. Ini untuk menghindari kemungkinan flash berhenti ditengah jalan.

2. Unduh terlebih dulu firmware dan peralatan yang diperlukan diantaranya sebagai berikut.

3. Sekarang Anda ekstrak kedua file termasuk ROM di Komputer Anda.

4. Matikan smartphone Xiaomi Anda. Tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power bersamaan untuk masuk ke mode Fastboot. Setelah itu, hubungkan smartphone ke Komputer menggunakan kabel micro USB.

Fastboot Mode Xiaomi

5. Klik dua kali aplikasi XiaoMiFlash. Kalau ada peringatan keamanan, pilih ‘Run‘. Jika Anda pesan untuk install Driver, klik saja Install. Selanjutnya klik tombol ‘Select‘ dan arahkan atau tambahkan folder Images didalam file ROM yang di ekstrak tadi. Dibagian bawah XiaoMiFlash, pilih saja ‘Clean All‘ ini agar device Anda bersih dan kembali ke default pabrik.

Menambahkan file ROM Redmi 9

6. Klik tombol Refresh, device Anda akan langsung terdetek oleh XiaoMiFlash. Klik tombol Flash untuk mulai flash ROM Xiaomi Redmi 9 Anda.

Flash Xiaomi Redmi 9 done

7. Tunggu sampai proses di XiaoMiFlash berubah menjadi hijau dan mengatakan ‘Flash Done‘, artinya ROM telah sukses di install diperangkat Anda. Device akan otomatis restart dengan versi terbaru.

Selamat! Anda telah sukses memperbarui perangkat Anda dengan metode diatas yaitu cara flash Xiaomi Redmi 9. Sekarang Anda dapat melihat bahwa smartphone telah kembali ke setelan awal dengan MIUI yang telah Anda instal.

Jika terjadi kendala di halaman reboot setelah selesai flash, pilih wipe data melalui Mode Recovery. Caranya, Matikan dulu device Anda, tekan dan tahan tombol Volume Atas dan tombol Power bersamaan untuk masuk ke Recovery. Kemudian, pilih wipe all data lalu Reboot system.

Demikianlah tutorial saya tentang cara flash Xiaomi Redmi 9 ROM update. Semoga kedua metode yang telah kami jelaskan dapat membantu untuk memperbaiki smartphone Anda.

Add Comment