Cara Flash ROM Xiaomi Redmi 3/Prime Dengan Mudah

Apakah Anda ingin mengetahui bagaimana cara melakukan update firmware pada smartphone Anda Xiaomi Redmi 3? Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi Anda yang selama ini hanya tahu mengoperasikan smartphone saja.

Anda tidak perlu repot untuk memahami langkah update firmware karena disini saya akan mengulasnya untuk Anda. Memang terasa sempurna ketika Anda membeli smartphone baru karena Anda bisa memanfaatkan fitur yang tersedia pada smartphone. Kendati Anda mungkin tidak tahu langkah terbaik untuk memulihkan smartphone Anda ketika sedang timbul masalah.

Sebenarnya bila Anda bisa sangat hati-hati dengan smartphone Anda sendiri, pasti itu tidak akan pernah terjadi. Namun, sebagaimana kita tahu bahwa masalah yang datang tidak Anda duga adalah ketika Anda lupa konci keamanan layar.

Ya, itu menyangkut pola atau sandi yang Anda buat sendiri sehingga membuat Anda harus melihat smartphone terkunci karena Anda lupa. Inilah yang sering terjadi dan Anda sekarang pasti sedang mendapati problem ini. Hard reset dari menu recovery pasti sudah Anda coba untuk menghilangkan pola itu.Cara Flash Xiaomi Redmi 3/Prime Dengan MudahMemang cukup sulit ketika Anda harus terjebak dilayar apalagi sudah masalah pola malah ditambah lagi dengan masalah lupa akun Mi. Rasanya itu menjadi masalah lengkap dan menjebak Anda. Disatu sisi pertama Anda bisa menghapus pola dengan melakukan update firmware maupun install dan disisi lain setelahnya malah Anda lupa akun Mi.

Melakukan update firmware atau melakukan flashing memang bisa memulihkan kembali smartphone Anda dari problem software. Untuk itu, sebagai pemilik smartphone setidaknya Anda selalu ingat dengan akun yang pernah tertaut dengan smartphone Anda sendiri.

Bila Anda disini belum pernah mencoba untuk mereset ulang smartphone Anda Xiaomi Redmi 3, mungkin Anda bisa mencoba tips dari kami. Ketika Anda mencoba langkah itu tidak bisa, silahkan Anda pergi untuk kesini dan mencoba untuk kembali melakukan flashing ROM.

Simak: Cara Hard Reset Xiaomi Redmi 3

Diartikel ini saya akan mencoba memandu Anda dalam langkah melakukan flash dengan dua metode menurut saya dan semoga Anda bisa terbantukan. Ketika Anda ingin memulai langkah flash ini Anda juga diharuskan mendownload firmware terlebih dahulu.

Bahan:

Cara Install Update Xiaomi Redmi 3

Dengan cara ini Anda bisa melakukan flash ketika smartphone Anda tidak bootloop dan masih bisa masuk kemenu dan beraktifitas lainya. Ini merupakan prosedur dimana saat Anda ingin melakukan update firmware dan Anda sudah memiliki filenya.

Termasuk ketika Anda ingin melakukan pembaruan OS dimana smartphone Anda ada beberapa masalah dengan aplikasi bawaan ROM. Ini merupakan solusi pemulihan yang bisa Anda pilih. Biaklah simak dengan teliti beberapa tahap untuk prosesi update ROM.

  1. Perhatikan dahulu bahwa baterai smartphone Anda harus memiliki daya sekitar 80%
  2. Format microSD yang sudah Anda siapkan tadi
  3. Kemudian Anda pindahkan file dari Anda unduh diatas kedalam microSD atau bila Anda tidak memiliki microSD, Anda juga bisa langsung menyimpan file tersebut kedalam memori internal
  4. Pasang microSD ke smartphone Anda
  5. Hidupkan smartphone Anda bila sebelumnya Anda matikan
  6. Jalankan aplikasi Updater dari menu smartphone hingga terbuka seperti gambar berikutMulai update ROM Xiaomi Redmi 3
  7. Pilih ikon dibagian atas lalu ketik Choose Upadate Package dan akan terbuka tampilan menu selanjutnya seperti berikutProgres Update ROM Xiaomi Redmi 3
  8. Kemudian Anda pilih file zip yang sudah ada dan terlihat
  9. progres update ROM pada smartphone Anda akan berlangsung selama beberapa menit
  10. Setelah progres selesai maka smartphone Anda akan restart dan ini memerlukan waktu cukup lama sekitar 20 menit

Mengenai tips berikutnya saya akan mengulas baik cara flash maupun cara install smartphone Xiaomi Redmi 3. Langkah ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan smartphone Anda.

Ketika smartphone Anda mengalami bootloop atau beberapa masalah lainya maka melakukan flash dengan metode ini bisa menjadi pilihan juga untuk Anda. Terutama untuk Anda yang kebetulan kesulitan untuk menghapus konci pola maupun sandi telepon dilayar.

Terkadang kita sebagai pemilik sebuah smartphone tidak bisa lepas dari masalah kecil ini yakni lupa pengaman layar. Sangat menyedihkan pula bila terpaksa harus kehilangan data-data saat prosesi penghapusan. Entah dengan cara flashing firmware maupun dengan cara mereset ulang.

Baiklah untuk Anda yang tidak sabar ingin melakukan flashing ROM  dengan metode pilihan ini, maka saya akan langsung jelaskan secara detail. Perhatikan untuk meniti setiap langkah yang dijelaskan dan Anda tidak perlu terburu-buru. Silahkan siapkan bahanya dan untuk ini Anda bisa memilih varian ROM sesuai keinginan Anda.

Yang diperlukan ketika melakukan flashing dengan MiFlash adalah memilih file yang berakhiran tgz. Silahkan Anda tentukan sendiri pilihan Anda jika ingin install ROM dengan versi baru. ROM pertama yang dipakai oleh Xiaomi Redmi 3 merupakan versi 7.2.1 dan ini lebih optimal untuk seluruh fungsi sistem termasuk lebih menghemat daya baterai dibandingkan ROM yang versi terbaru.

Siapkan bahan:

Langkah Flash Xiaomi Redmi 3 via MiFlash
  1. Siapkan smartphone Anda dengan daya baterai full
  2. File yang sudah Anda download silahkan kumpulkan jadi satu folder
  3. Ekstrak file ROM
  4. Install Qualcomm USB Driver hingga proses finish
  5. Install Miflash hingga proses finish
  6. Matikan dahulu smartphone Anda dan diamkan beberapa menit saja
  7. Run as aplikasi XiaoMiFlash.exe hingga terbuka seperti berikutMulai Mengarahkan ROM Xiaomi Redmi 3
  8. Kemudian Anda klik Select lalu arahkan pada file ROM yang sudah Anda ekstrak tadi
  9. Dari posisi smartphone Anda off, Anda hidupkan lagi dengan tekan tombol Volume (+) dan tombol Power lalu tahan beberapa detik hingga muncul beberapa menu pilihan
  10. Setelah Anda melihat beberapa menu yang dimaksud maka pilih Download
  11. Selanjutnya hubungkan smartphone Anda dengan USB kabel dan tunggu hingga smartphone Anda terdeteksi pada PC/laptopMulai Install ROM Xiaomi Redmi 3
  12. Setelah itu klik Refresh pada Miflash untuk melihat apakah smartphone Anda sudah terdetek dengan PC/laptop dan pada Miflash
  13. Berikutnya pada bagian bawah Miflash silahkan pilih Clean all
  14. Ketika semua tahap sudah benar maka Anda klik Flash untuk memulai install ROM
  15. Tunggu selama progres berlangsung dan mungkin hanya beberapa menit saja
  16. Sesudah selesai maka Anda lepaskan sambungan USB kabel dari smartphone
  17. Hidupakan smartphone Anda setelahnya dengan tekan tombol power selama beberapa detik
  18. Kembali Anda tunggu sementara smartphone Anda sedang menyala dan loading

Itulah beberapa langkah untuk melakukan update firmware maupun flashing ROM Xiaomi Redmi 3. Semoga dengan apa yang sudah saya ulas diatas dapat menjadi referensi untuk Anda semua. Terutama untuk Anda yang belum memahami langkah flashing dan ini baru pertama kalinya Anda lakukan.

Add Comment