Cara Flash Xiaomi Mi4 Dengan Langkah Mudah

Apakah Anda sedang menghadapi sesuatu dengan smartphone Anda? Baru saja beberapa minggu Anda menggunakan smartphone namun ada sedikit masalah yang membuat Anda tidak tahu harus melakukan apa.

Apa itu terjadi baru-baru ini sehingga smartphone Anda butuh untuk diflashing? Bila Anda tidak tahu langkah apa yang harus Anda pilih untuk memulihkan smartphone, saya akan coba bantu Anda dengan tips ini.

Anda mungkin melihat smartphone Anda sekarang telah bootloop atau disisi lain ada beberapa performa kinerja mulai tidak berimbang. Lemot adalah satu masalah ringan namun itu kadang mengganggu Anda ketika menggunakan smartphone. Ketika smartphone mendapati softbrick atau bootloop, memungkinkan Anda perlu untuk melakukan update pembaruan.

Kinerja sistem tidak stabil terkadang sulit untuk Anda tebak apalagi masalahnya hanya keberatan data. Melepaskan satu persatu aplikasi juga kadang tidak membantu kecuali Anda memilih untuk mereset ulang smartphone Anda sendiri atau melakukan flashing ulang.

Sementara Anda baru membeli smartphone Xiaomi Mi4 dan masih menyandang ROM dari distributor, saatnya Anda harus merubahnya dengan menggunakan ROM Global. Diartikel ini Anda akan saya pandu dengan beberapa tahap mengenai cara menginstall ulang ROM ke smartphone Anda tersebut.

Meskipun Anda baru pertama kali ingin memulai ini, bukan sesuatu hal yang sulit untuk Anda ketahui. Cara ini tidak hanya berguna untuk saat ini saja karena dilain waktu Anda bisa melakukanya lagi. Apalagi ini merupakan satu bentuk langkah dan keputusan terbaik untuk kembali memulihkan smartphone Anda.

Saatnya Anda tahu apa maksud dari ini dan bagaimana tindakan ini perlu Anda lakukan. Bukan berarti ketika smartphone Anda akan terus bermasalah kecuali ada hal yang membuatnya seperti itu. Memang sebagai pemilik kadang kita tidak bisa memprediksi hal apa yang menyebabkan smartphone kita bisa lemot.

Cara Flash Xiaomi Mi4 Dengan MudahKita hanya bisa menebak mungkin karena kebanyakan data atau memang karena terkena virus. Kebanyakan ini yang bisa kita ambil sebagai kesimpulan bahwa smartphone muncul sebuah problem. Bootloop bisa juga terjadi memang karena awalnya keberatan data entah itu aplikasi dan bisa saja Anda baru memasangnya.

Ya sudahlah dari pada saya atau Anda hanya bisa mengira-ngira, lebih baik kita langsung melangkah untuk mulai menyelesaikanya. Memulai langkah flashing atau menginstall ROM, Anda memerlukan bahan yang tepat yang sesuai dengan model smartphone Anda yakni Xiaomi Mi4. Kendati bahwa ROM telah saya sajikan diartikel sebelum ini saya tulis dan Anda bisa mengambilnya sekarang untuk bahan.

Sesuai dengan apa yang ingin saya ulas, cara menginstall ROM ini akan saya bahas dengan beberapa langkah yang berbeda. Pastikan Anda bisa memilih salah satu yang menurut Anda itu adalah sesuai dengan cara yang harus Anda lakukan. Karena terkadang masalah smartphone berbeda-beda jadi Anda hanya perlu mengikuti insting Anda apakah ingin cara intall dari recovery atau via fastboot.

Cara Flashing Xiaomi Mi4 via OTA Update

Anda bisa memilih cara ini ketika Anda hanya ingin melakukan update firmware maupun memulihkan smartphone saat terjadinya ngelag dan mungkin beberapa aplikasi tidak bekerja dengan baik.

  1. Pertama Anda siapkan bahanya yaitu firmware miui_MI3WMI4WGlobal_V8.5.1.0.MXDMIED
  2. Hubungkan smartphone Anda dengan PC/laptop menggunakan USB kabel
  3. Pindahkan file hasil Anda download tersebut kedalam folder Downloader_ROM dimemori Internal smartphone Anda
  4. Anda tidak perlu ekstrak file dan biarkan saja seperti apa adanya
  5. Pastikan bahwa daya baterai yang dimiliki smartphone Anda terisi sekitar 80 persen
  6. Sekarang lepaskan sambungan USB kabel dari smartphone Anda
  7. Jalankan aplikasi Updater dari menu smartphone Anda sehingga terbuka seperti gambar berikutUpdate ROM Xiaomi Mi4 via OTA
  8. Pilih ikon dibagian menu atas lalu ketik Choose Upadate Package sehingga terbuka tampilan seperti berikutMemulai update ROM Global Xiaomi Mi4
  9. Sekarang Anda pilih file zip yang sudah ada dan proses update ROM akan berlangsung beberapa menit
  10. Anda tunggu hingga proses update pembaruan selesai dan smartphone Anda reboot dengan sendirinya
  11. Anda tinggal melihat hasilnya setelah smartphone Anda selesai booting

Selanjutnya saya akan pandu Anda untuk cara mudah menginstall ROM Xiaomi Mi4 melalui menu Mi Recovery. Cara ini akan membantu Anda untuk melakukan update pembaruan dimana ketika smartphone mungkin mengalami bootloop. Ini biasanya terjadinya proses loading dilogo Mi saja ketika Anda menyalakan smartphone namun tidak sampai-sampai kemenu.

File yang akan Anda jadikan update masih sama dengan file yang pertama diatas dan disini saya tidak perlu menautkanya lagi. Bila Anda belum sempat mengunduh maka silahkan mulai dari sekarang Anda mengambilnya untuk persiapan cara install yang kedua ini.

Cara Flashing Xiaomi Mi4 via Mi Recovery
  1. Pertama siapkan smartphone dengan daya baterai minimal 70-80 persen
  2. Siapkan juga memori microSD dan formatlah dahulu dari komputer Anda
  3. Pindahkan file yang sudah Anda unduh tadi kedalam memori microSD
  4. Sesudah itu pasanglah pada smartphone Anda memori microSD yang sudah Anda isi ROM tersebut
  5. Anda harus matikan dulu smartphone Anda karena proses ini akan dilakukan mulai dari smartphone off
  6. Setelah itu Anda nyalakan kembali smartphone dengan hanya menekan kombinasi tombol yakni Vol (+) dan Power kemudian tekan terus keduanya
  7. Beberapa saat kemudian Anda akan melihat smartphone masuk ke menu Mi Recovery seperti berikutCara masuk Recovery Xiaomi Mi4
  8. Sebagai navigasi Anda bisa menekan Vol (-) atau Vol (+) dan Power untuk mengkonfirmasi pilihan opsi atau Anda bisa mengetuknya dengan jari Anda sendiri
  9. Pilih bahasa English untuk melanjutkan
  10. Berikutnya pilih menu Install update.zip to System
  11. Sekarang Anda pilih file yang Anda simpan di memori microSD tadi lalu konfirmasi OK untuk memulai update ROM
  12. Proses update akan berlangsung beberapa menit dan sabarlah untuk menunggu
  13. Ketika Anda sudah melihat notifikasi update complete maka pilih Back untuk kembali kemenu awal
  14. Selanjutnya pilih Reboot dan tunggu kembali ketika smartphone Anda restart

Anda harus tahu bahwa proses loading karena Anda baru saja menginstall ROM pada smartphone Anda maka itu memakan waktu cukup lama. Hal itu terjadi karena proses penyiapan sistem yang baru Anda install maka diperlukan sebuah pengoptimalan.

Berikutnya adalah mengenai panduan cara flash ulang smartphone Xiaomi Mi4 dengan Miflashtool. Anda mungkin tertarik untuk memilih langkah ini dan itu bisa mudah untuk Anda lakukan. Mungkin Anda harus menyiapkan beberapa file sebagai bahan karena ini adalah proses flashing manual dengan tool.

Persiapan bahan:

Cara Flashing Xiaomi Mi4 via MiFlashtool
  1. Anda harus menyiapkan smartpone dengan daya baterai mencapai 80 persen
  2. Posisikan smartphone Anda dalam kondisi dimatikan dulu
  3. Ekstrak firmware yang sudah Anda unduh
  4. Install dahulu MiPC Suite di PC/laptop Anda
  5. Install juga MiFlashtoolCara Install MiFlashtool
  6. Sekarang Anda menuju ke Local Disk (C) lalu Program Files kemudian cari folder Xiaomi diurutan bawah lalu buka MiPhone
  7. Jalankan aplikasi MiFlash hingga terbuka seperti berikutMenjalankan aplikasi MiFlash
  8. Anda sekarang mulai untuk mengarahkan file Xiaomi Mi4 dengan cara klik Browse lalu arahkan pada file yang sudah Anda ekstrak dan pilih folder Image lalu OKMengarahkan file Xiaomi Mi4 dari Miflash
  9. Siapkan smartphone Anda tetap dalam posisi dimatikan dan siapkan USB kabel lalu hubungkan pada PC/laptop Anda
  10. Ketika Anda sudah mengarahkan file, kemudian pada bagian Browse lagi pilih Advance hingga terbuka folder
  11. Mengarahkan file all bat Xiaomi Mi4Arahkan pada forlder firmware Xiaomi Mi4 kemudian pilih flash_all
  12. Hidupkan smartphone Anda dengan menekan dua tombol yakni Vol (-) dan Power kemudian tahan beberapa detik kedua tombol tersebut hingga smartphone Anda masuk pada mode FastbootMasuk Mode Fastboot Xiaomi Mi4
  13. Kemudian Anda sambungkan dengan USB kabel lalu klik Refresh pada MiFlash
  14. Smartphone Anda akan terdeteksi oleh aplikasi MiFlashMemulai Flash Xiaomi Mi4
  15. Selanjutnya klik Flash untuk memulai menginstall ROM kesmartphone Anda
  16. Perhatikan bahwa proses ini akan memakan waktu beberapa menit
  17. Setelah muncul notifikasi The Operation Complete maka smartphone Anda akan reboot
  18. Tunggu hingga smartphone Anda menampilkan layar utama seperti pilihan bahasa
  19. Anda sudah berhasil melakukan flash ulang smartphone Anda

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Sekian tips dari saya tentang langkah melakukan flash ulang smartphone Xiaomi Mi4 dengan beberapa pilihan dan dengan langkah yang berbeda. Semoga dari beberapa cara diatas dapat membantu Anda untuk memulihkan smartphone.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.