Cara Flash Ulang Acer Liquid X1 S53

Cara flash ulang Acer Liquid X1 S53 akan menjadi tahap baru bagi kami dalam berbagi tips mengatasi smartphone Anda ketika terjadinya bootloop. Dua langkah flashing akan kami sajikan dipostingan ini dan semoga bisa membantu Anda memulihkan smartphone.

Terkadang Anda tidak bisa menduga kapan smartphone Anda bisa timbul masalah. Ini terjadi juga bukan karena kecerobohan atau memang juga kesalahan yang Anda buat dengan smartphone sendiri.

Berbeda jika smartphone Anda hanya mengalami lemot ketika menjalankan aplikasi sudah pasti ini hanya membutuhkan cara untuk direset ulang. Anda juga bisa mengoptimalkan untuk mengurangi beberapa aplikasi yang tidak Anda pakai untuk mengatasi masalah lemot tersebut.

Semakin luas memori internal dismartphone Anda maka akan semakin berkurang kinerja prosesor dan RAM untuk menjalankan aplikasi. Dari pada hanya membuat lambat kinerja sistem atau malah tidak responsif maka lebih baik Anda melakukan sesuatu yang bisa membuat smartphone tetap stabil.

Melakukan flashing firmware bukan berarti ini akan menyelesaikan masalah dismartphone Anda dan itupun tergantung dimana masalah yang sebenarnya. Kecuali jika sekarang smartphone Anda memiliki masalah dengan hardware tentu ini sudah bersangkutan dengan IC dan mungkin harus melakukan pergantian komponen.

Masalah hardware biasanya bisa dilihat ketika smartphone berhasil diflashing dan itu menunjukan hasil sukses namun smartphone tetap bootloop. Seperti ini kadang hanya membuat Anda susah payah saja karena sudah menyiapkan file dan melakukan flashing malah hasilnya sama.

Itulah kesimpulan bahwa smartphone Anda 50% antara bisa atau tidak untuk kembali dengan normal. Tapi, tidak ada salahnya bagi yang sekarang smartphonenya mengalami bootloop dan ingin mencoba cara ini yaitu melakukan flashing. Tanpa adanya upaya maka Anda tidak akan pernah tahu yang sebenarnya apakah smartphone Anda bisa kembali normal atau tidak.

Cara Flash Ulang Acer Liquid X1 S53Atau jika Anda ingin mencoba teknik untuk melakukan hard reset terlebih dahulu, Anda bisa juga menyimak tips yang sudah kami sajikan dipostingan lainya. Siapa tahu cara tersebut bisa membantu Anda untuk memahami bagaimana mereset ulang smartphone Anda dan apakah itu bisa berhasil.

Simak: Cara Hard Reset Acer Liquid X1 S53

Sekarang yang harus Anda ketahui adalah menyiapkan bahan jika sudah menginginkan langkah flashing firmware. Beberapa bahan seperti tool dan firmware telah kami sediakan dengan lengkap dan Anda tinggal mengunduhnya.

Bahan-bahan:

Cara Flash Ulang Acer Liquid X1 S53 via Flashtool Silahkan Simak Dengan Teliti
  1. Ekstrak ketiga file yang sudah Anda unduh
  2. Install dahulu SP Driver
  3. Siapkan juga smartphone dengan daya baterai sekitar 80%
  4. Buka folder SP Flashtool dan Run as aplikasi flash_tool didalamnya
  5. Ketika aplikasi flash_tool sudah terbuka dikomputer Anda maka klik Scatter Loading dipojok kemudian arahkan pada folder firmware yang diekstrak tadi
  6. Pilih file Scaterr (MT65xx_Android_scatter) dan biarkan flashtool mengindentifikasi semua file
  7. Jangan centang dahulu bagian preloader dan jika gagal nanti baru Anda centang
  8. Siapkan USB kabel dan hubungkan dahulu dengan port USB di komputer Anda
  9. Siapkan smartphone Anda dengan tetap pada posisi smartphone dimatikan
  10. Klik Download pada flash_tool
  11. Sekarang Anda sambungkan smartphone dengan USB kabel tadiProses flash Acer Liquid X1 S53
  12. Tidak alama kemudian Anda akan melihat sebuah progres
  13. Ini memakan waktu sekitar 20 menit jadi tunggu saja Notifikasi Flash Sukses Acer Liquid X1 S53
  14. Ketika flash_tool sudah muncul Download OK berarti flashing firmware telah sukses
  15. Langsung saja lepaskan sambungan USB kabel dari smartphone Anda lalu hidupkan

Loading pertama ketika Anda menghidupkan smartphone setelah flashing sukses mungkin memerlukan waktu beberapa menit. Tunggu saja hingga smartphone Anda selesai booting dan sesampainya berada dilayar utama.

Kami akan tambahakan juga panduan untuk melakukan flashing Acer Liquid X1 S53 dari menu recovery. Cara ini mungkin lebih mudah karena Anda hanya akan memerlukan satu buah firmware saja. Mengenai firmware sudah kami sajikan beberapa pilihan dan silahkan pilih file sesuai dengan varian smartphone Anda.

Cara Flash Ulang Acer Liquid X1 S53 via Recovery
  1. Pertama silahkan unduh file OTA OTA/AAP_GEN1S/AV0K0_RV0QRC06.zip
  2. Siapkan microSD dan format dahulu
  3. Pastikan smartphone sudah memiliki daya baterai yang cukup sekitar 60-80%
  4. Posisi smartphone Anda dengan dimatikan dahulu
  5. Setelah file sudah Anda unduh maka jangan diekstrak, simpan file kedalam microSD yang sudah diformat tadi
  6. Kemudian pasang microSD yang sudah terisi file tersebut ke smartphone Anda
  7. Hidupkan smartphone Anda dengan tekan kombinasi tombol Volume (-) dan Power lalu tahan beberapa detik untuk bisa masuk menu Recovery
  8. Anda akan melihat menu dilayar dan Anda bisa menekan tombol Volume (-) dan Volume (+) sebagai navigasi dan Power untuk memilih opsi
  9. Sekarang navigasikan ke menu Apply update form sdcard lalu tekan Power
  10. Kembali navigasikan untuk memilih file yang sudah ada dimicroSD tadi kemudian tekan Power
  11. Anda akan melihat proses update firmware selama beberapa detik
  12. Pilih Reboot system now ketika proses flashing telah sukses
  13. Sekarang Anda hanya tinggal menunggu smartphone Anda restart dan mulai booting sampai kemenu awal

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Demikian dua tips tentang cara flash ulang smartphone Acer Liquid X1 S53 yang bisa kami rekomendasikan melalui postingan ini sebagai panduan.