Cara Flash Samsung Galaxy M20 SM-M205G Tested 4 Files

Sebagai lanjutan postingan yang baru saja kami share yaitu mengenai firmware dan sekarang kami akan bahas tentang cara flash Samsung Galaxy M20 SM-M205G. Ini akan menjadi tutorial pertama yang bisa Anda pahami dalam menemukan solusi atas smartphone terbaru Anda tersebut.

Bukan saja mengenai solusi namun juga saat Anda ingin melakukan update tentang OS hari ini yang mungkin telah dirilis. Bagaimana pun bahwa sebagai pengguna Samsung Galaxy M20 maka Anda wajib mengetahui tentang banyak hal dan bukan hanya karena bisa mengoperasikan aplikasinya saja.

Memang berbeda dari cara penggunaan dengan cara melakukan perbaikan. Karena, kalau smartphone yang Anda miliki memang menemui masalah diluar Anda tahu seperti berkedip atau bootloop, maka ini sudah harus dimulai ulang. Entah Anda menggunakan cara dari tutorial ini atau memilih untuk factory reset.

Cara Flash Samsung Galaxy M20 SM-M205G

Melakukan tahapan factory reset memang lebih mudah dan sangat cepat proses pemulihannya. Namun, kalau itu tidak bisa memulihkan kondisi yang sedang terjadi pada smartphone tentunya lebih baik mengambil dengan cara flashing sebagai penyelesaian.

Walau pun sedikit membuat Anda berpikir karena belum mengetahui langkahnya, bukan berarti Anda harus menyerah sampai disitu. Perlu tindakan dari Anda sebagai pemilik sehingga smartphone Anda tersebut bisa kembali pulih seperti semula.

Simak juga: Cara Hard Reset Samsung Galaxy M20

Sebagai solusi dan tahap yang bisa kami bantu, maka Anda bisa menggunakan 4 file dari firmware yang sesuai dan itu adalah original. Seperti yang sudah kami katakan bahwa sebelumnya kami telah share, Anda bisa menggunakan varian sesuai dengan kode negara Anda dari file tersebut.

Karena tahapan perbaikan ini menggunakan Tool dan beberapa diantaranya, maka Anda harus menyiapkan itu semua. Sekarang Anda wajib mengambil semua peralatan tersebut sehingga tahapan ini bisa langsung Anda mulai. Hal yang perlu Anda ketahui pertama ialah, tindakan ini akan menghapus data dismartphone terkecuali yang ada pada memori microSD.

Kalau Anda hanya ingin melakukan update, upayakan untuk membuat salinan data atau melakukan backup. Hal ini untuk menghindari akan terhapusnya data penting Anda yang tersimpan dimemori internal smartphone Anda.

Sekarang Anda bisa mulai dengan menyiapkan bahan berikut:

  • PC/laptop
  • USB kabel
  • Samsung USB Driver
  • Tool Odin
  • Firmware Samsung Galaxy M20 SM-M205G

Berikut adalah mengenai tahap flashing silahkan simak dengan baik:

Tahap pertama, sebelum memulai pastikan daya baterai smartphone Anda tidak kosong dan harus ada minimal 50 persen

Tahap kedua, dari semua file yang sudah Anda unduh silahkan kumpulkan dalam satu folder dan ekstrak semua dengan Rar

Tahap ketiga, colok dahulu USB kabel yang sudah Anda siapkan pada port PC/laptop yang Anda miliki

Tahap keempat, silahkan mulai install Samsung USB Driver dan jika sebelumnya pernah terinstall maka abaikan saja tahap yang satu ini

Tahap kelima, sekarang Anda tekan tombol Power pada smartphone untuk mulai matikan daya atau membuatnya off

Tahap keenam, dari smartphone Anda off tersebut maka tekan saja kedua tombol yaitu Vol (-) dan Vol (+) kemudian tahan keduanya lalu colok dengan USB kabel

Tahap ketujuh, kalau dilayar sudah muncul layar biru dengan tanda seru dan Warning maka lepas kedua tombol yang Anda tekan tadi

Tahap kedelapan, setelah itu Anda bisa tekan Vol (+) supaya smartphone bisa masuk di Odin Mode dengan tanda Downloading

Tahap kesembilan, Anda bisa Run as aplikasi Odin hingga terbuka di layar PC/laptop Anda dan Anda bisa melihat bahwa smartphone akan langsung dikenali dikolom ID COM

Tahap kesepuluh, dibagian ini menjadi tahap penting karena Anda harus memilih 4 file yakni BL, AP, CP, CSC dimasing kolom seperti berikut dan ini yang akan diinstall pada smartphone Anda

Memilih 4 File Samsung Galaxy M20

Tahap kesebelas, kalau semua file sudah Anda tentukan maka klik tombol Start

Tahap kedua belas, mungkin Anda harus bersantai dan menunggu beberapa menit dari proses flashing tersebut

Tahap ketiga belas, kalau proses di Odin sudah mencapai PASS berarti sudah selesai

Anda sudah melakukan tahapan diatas hingga semua berjalan dengan baik dan sekarang Anda tinggal menunggu smartphone karena ia akan restart dengan sendirinya.

Simak juga: Cara Downgrade Lenovo A6000 ke Android Kitkat

Selamat, smartphone Anda sudah diperbaiki dan kalau tujuan Anda melakukan update maka itu sudah berhasil. Sekarang Anda bisa mulai menggunakan smartphone untuk aktifitas seperti biasanya.

Add Comment