Cara Flashing Samsung Galaxy J5 SM-J500G via Odin

Setelah sebelumnya kami memposting artikel mengenai cara hard reset Samsung Galaxy J5, sekarang dipostingan kita terbaru ini akan berbagi tantang cara flash Samsung Galaxy J5 via Odin dengan langkah mudah.

Samsung Galaxy J5 merupakan smartphone yang resmi diluncurkan oleh vendor Samsung Juni 2015. Smartphone ini menawarkan berbagai fitur-fitur lengkap serta kinerja prosesor Quad-core berkecepatan 1.2 GHz. Chipset yang dibenamkan kedalam smartphone ini ialah Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410.

Prosesor Quad-core tersebut telah dipadukan dengan RAM 1.5 GB demi memudahkan kinerja multitasking lebih cepat. Kinerja grafis layar telah disokong menggunakan GPU dari Adreno 306. Luas layar mencapai 5.0 inci dengan mengadopsi teknologi Super AMOLED.Cara Flashing Samsung Galaxy J5 SM-J500GFitur dual SIM dan kelebihan dalam kecepatan internet dijalur 3G HSPA serta 4G LTE. Sistem operasi menjalankan Android 5.1 Lollipop yang kaya fitur dan kinerja lebih mulus. Kamera utama 13 megapiksel serta kamera keduanya berukuran 5 megapiksel.

Konektivitasnya juga lengkap yakni menyediakan Wifi, Bluetooth, GPS, microUSB, USB On- The-Go, dan NFC. Samsung Galaxy J5 dibekali baterai dari Li-Ion yang memiliki kapasitas sebesar 2600 mAh. Smartphone ini mampu menarik simpati berkat spesifikasi dan fitur yang dibawanya sehingga cukup memadati pasar gadget ditanah air.

Simak: Cara Hard Reset Samsung Galaxy J5 SM-J500F

Seumpamanya smartphone kesayanganmu mengalami softbrick atau bisa dibilang seperti bata, bootloop dilogo Samsung saja, kamu tidak perlu panik mengenai hal ini. Jika kamu memiliki komputer atau laptop dirumah dengan persediaan koneksi internet yang baik, Kamu bisa mencoba mengindetifikasi dengan cara flash ulang firmware dan kamu kerjakan sendiri.

Sebagai perlengkapan untuk flashnya, bisa mengumpulkan bahan seperti firmware file, Odin, dan Samsung USB Driver.

Catatan: Perlu diketahui bahwa jika smartphone sudah mengalami softbrick atau bootloop dilogo, kemungkinan jika kamu menyimpan data penting diperangkat akan terhapus sesudah proses flash. Kecuali kamu memiliki salinan data dan sering melakukan backup data, atau memiliki aplikasi untuk backup data dismartphone, pasti bisa dipulihkan setelah selesai flash firmware.

Download ketiga bahan berikut:
Siapkan bahan pendukung:
  • Kabel USB
  • Siapkan juga smartphone dengan daya baterai 80%
Buat smartphone kamu dalam posisi Odin Mode caranya:
  • Matikan smartphone, tekan dan tahan Home lalu Volume (-) dan tombol Power selama beberapa detik.
  • Setelah muncul tulisan Warning!! dilayar, lanjut tekan tombol Volume (+) dan smartphone akan masuk ke Odin Mode seperti gambar berikut sebagai contohOdin Mode Samsung Galaxy
Langkah flash firmware Samsung Galaxy J5 via Odin
  1. Ekstrak ketiga bahan hasil download
  2. Install terlebih dahulu Samsung USB Driver
  3. Siapkan kabel USB dan tancapkan ke komputer/laptop
  4. Jalankan aplikasi OdinProses flash ulang Samsung Galaxy J5
  5. Sambungkan smartphone Samsung Galaxy J5 dengan kabel USB tadi hingga terdeteksi ID:COM diaplikasi Odin
  6. Klik AP lalu cari file firmware hasil dari ekstrak tadi lalu pilih
  7. Tunggu beberapa detik saat Odin mengecek file
  8. Selanjutnya klik Start dan proses akan berlangsung
  9. Pastikan koneksi smartphone dan USB ke komputer tidak terputusSuskses Flash Samsung Galaxy J5
  10. Jika flash telah selesai smartphone akan reboot dan aplikasi Odin menunjukkan PASS

Lihat juga : Cara Flash Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H

Bagaiman cukup mudahkan cara flash Samsung Galaxy J5 via Odin? Untuk pertama kali mungkin kamu akan merasa rumit dan seolah tidak bisa melakukannya.

Langkah ini bisa kamu ulang kembali jika dilain waktu smartphone mengalami masalah yang sama. Sekian postingan kami kali ini semoga bermanfaat dan jangan lupa stay terus dikhasbi.com untuk mendapatkan artikel-artikel tips dan trik lainnya.