Cara Flash Samsung Galaxy A9 2018 (SM-A920F)

Tutorial tentang cara flash Samsung Galaxy A9 akan menjadi bagian yang dapat Anda pahami dalam memperbaiki smartphone Anda sendiri. Ini dilakukan dengan menggunakan PC dan tentu dengan dukungan Tool Odin yang ada. Tahap ini bukan mengenai flash tanpa menggunakan PC yang prosesnya melalui recovery.

Beberapa masalah yang muncul pada smartphone Anda akan diselesaikan dengan cara yang satu ini. Begitu juga yang ingin melakukan pembaruan firmware dan cara yang dilakukan untuk menginstal adalah sama seperti pada postingan saya ini.

Cara Flash Samsung Galaxy A9

Mengatasi masalah bootloop dan mungkin crash sangat disarankan dengan menggunakan tahapan flash. Itu termasuk mengisi data baru kedalam smartphone dan data lama akan diganti. Sehingga, smartphone dapat dimulai ulang dari awal seperti baru membelinya menggunakan firmware yang diinstal.

Kalau Anda memang memilih untuk tidak dengan mem-flash, pertolongan yang bisa dilakukan selain itu adalah mengembalikan stelan pabrikan. Mengembalikan pengaturan keawal atau hard reset terbilang lebih mudah. Anda dapat melakukannya sendiri dari menu settings atau pada mode pemulihan.

Sedangkan flash menggunakan firmware resmi adalah pilihan yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah system operasi. Seperti ketika smartphone Anda stuck dilogo, lupa password dan yang lainnya. Pastinya tindakan ini sangat aman untuk dilakukan dan lebih berhasil dibandingkan hanya melakukan wipe data atau factory reset.

Apakah smartphone Anda memang stuck dilogo? Sangat saya sarankan akan lebih baik Anda menyiapkan firmware resmi yang sudah saya sajikan. Memulia tindakan perbaikan dengan mem-flash adalah yang terbaik karena Anda dapat melakukannya dengan sangat cepat dan mudah.

Terlebih kalau Anda sendiri belum paham tentang tahapan tersebut, hari ini Anda bisa menemukan panduan dari saya. Sederhana saja mengenai itu dan Anda dapat melakukannya secara pelan dan teliti. Yang terpenting Anda sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan. Kalau Anda belum memilikinya, saya sudah pernah bagikan dipostingan sebelumnya.

Berikut adalah bahan persiapannya:

Berikut adalah cara flash Samsung Galaxy A9:

Tahap pertama, Ekstrak file firmware yang baru saja Anda unduh dan Anda akan mendapatkan 5 file didalam folder. Pastikan daya baterai pada smartphone Samsung Anda terisi minimal 70%.

Tahap kedua, Pastikan driver SAMSUNG yang Anda download tadi sudah diinstal pada PC Anda.

Tahap ketiga, Nonaktifkan smartphone Anda terlebih dahulu lalu biarkan beberapa detik. Kemudian, tekan saja tombol Volume (-) dan Volume (+) secara bareng sambil colok dengan USB kabel. Lebih baik menggunakan kabel USB asli yang Anda dapatkan dengan smartphone Anda.

Mode Odin Samsung Galaxy A9

Tahap keempat, Smartphone akan dalam mode download lalu buka Odin dan Anda akan melihat bahwa Odin akan mendeteksi perangkat Anda dengan kotak biru dan muncul dengan nomor port COM.

Tahap kelima, Silahkan Anda tambahkan setiap file ke setiap bidang di Odin sesuai dengan nama kolom BL, AP, CP, CSC. Gunakan file CSC jika Anda ingin melakukan flash bersih atau HOME CSC jika Anda ingin menyimpan aplikasi dan data Anda.

Menambahkan File BL, AP, CP, CSC Samsung A9

Tahap keenam, Perlu diperhatikan untuk tidak centang kotak tambahan dan satu-satunya pilihan yang akan diperiksa adalah F Reset Time dan Auto-Reboot.

Tahap ketujuh, Selanjutnya Anda klik tombol Start, tunggu Odin untuk mengatakan ‘PASS’ di kotak biru.

Tahap kedelapan, Setelah flash selesai, smartphone Anda akan reboot, dan Anda dapat memutuskan koneksi smartphone dari USB kabel.

Dengan demikian dan hanya dengan beberapa tahap saja, smartphone Anda yang sebelumnya mendapati bootloop akan dimulai ulang. Mungkin resiko yang Anda dapatkan adalah beberapa data telah dihapus. Ini bukan merupakan kesalah untuk Anda. Kalau sebelumnya pernah melakukan backup, semua data Anda akan aman-aman saja.

Sekarang, Anda tidak perlu memikirkan itu. Intinya, Anda bisa melihat perangkat Anda kembali normal. Anda juga dapat menggunakan smartphone seperti baru lagi. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan email yang sebelumnya sudah aktif dismartphone tersebut. Itu kalau diminta untuk memasukkan email. Seandainya tidak diminta, Anda dapat membuat akun email yang baru.

Simak Juga:

    Add Comment