Cara Flash Samsung Galaxy A50 (SM-A505F/DS)

Cara flash Samsung Galaxy A50 SM-A505F menjadi ulasan terbaru yang akan membantu Anda memahami proses perbaikan perangkat lunak. Seandainya smartphone Anda mendapati masalah stuck dilogo atau bootloop, cara ini dapat menjadi solusi yang tepat untuk smartphone Samsung Anda.

Apa pun yang terjadi saat ini pada smartphone Anda, usahakan untuk dapat memulihkannya adalah suatu keharusan. Kalau ia hanya mendapati masalah kecil seperti hang, kemungkinan lebih mudah penanganannya. Mengembalikan pengaturan pabrikan adalah tahap yang dapat Anda pilih sebelum tahap lainnya.

Cara Flash Samsung Galaxy A50

Itu bisa Anda terapkan terlebih dahulu sebelum Anda menginstal firmware resmi. Biasanya, ketika Anda mendapati masalah dengan lupa password, Anda tidak perlu repot untuk melakukan flash. Hard reset sangatlah cukup untuk dapat memperbaiki Samsung Galaxy A50 Anda tersebut.

Prosesnya juga terbilang lebih ringkas karena tidak memerlukan persiapan firmware yang harus didownload terlebih dahulu. Kalau Anda merasa bahwa hard reset tidak cukup untuk memperbaiki keadaan dari Samsung Galaxy A50 Anda, terpaksa Anda memerlukan langkah lainnya. Masih banyak yang bisa Anda lakukan untuk smartphone Anda sendiri.

Termasuk dengan flashing menggunakan Tool Odin yang sering digunakan untuk pembaruan. Saya telah memberikan pilihan firmware sebagai file dukungan untuk perbaikan software pada Samsung Galaxy A50. Anda dapat mengambil semua bahan yang diperlukan dan sesuaikan dengan kebutuhannya.

Sebelum Anda melakukan flash, usahakan untuk dapat menyalin data Anda terlebih dahulu. Itu adalah langkah penting yang dapat menyelamatkan data Anda didalam smartphone. Seandainya smartphone sudah dalam kondisi bootloop, Anda tidak akan mendapati kesempatan untuk melakukan backup.

Biarkan saja dan Anda dapat langsung memperbaiki perangkat Anda dengan memflash. Agar, smartphone Anda bisa kembali normal dan dapat dioperasikan. Terlebih lagi kalau Anda membiarkan ia tetap bootloop yang kenyataannya tidak bisa Anda gunakan. Sekarang Anda dapat memulai tindakan untuk flashing dengan keyakinan Anda bahwa itu memang bisa Anda lakukan.

Sebelum memulai, siapkan bahan berikut terlebih dulu:

  • PC/laptop
  • USB kabel yang bagus
  • USB Driver Samsung
  • Odin Tool
  • Firmware resmi Galaxy A50
Cara flash Samsung Galaxy A50 silahkan simak langkah berikut:

Langkah pertama, Ekstrak semua file termasuk firmware Samsung yang baru saja Anda unduh dan Anda akan mendapatkan 5 file didalamnya.

Langkah ke dua, Pastikan driver SAMSUNG diinstal pada PC Anda. Lewati ini jika sebelumnya sudah dilakukan.

Langkah ke tiga, Matikan smartphone Anda lalu nyalakan kembali dalam mode Odin dengan cara tekan Vol (-) dan Vol (+) sambil colok dengan USB kabel.

Masuk Mode Odin Samsung A50

Langkah ke empat, Setelah dalam mode Downloading, buka aplikasi Odin Tool. Anda akan melihat bahwa Odin akan mendeteksi perangkat Anda dengan kotak biru dan muncul dengan nomor port COM.

Menambahkan File Samsung Galaxy A50

Langkah ke lima, Sekarang Anda dapat menambahkan file ke setiap bidang di Odin sesuai dengan nama kolom BL, AP, CP, CSC. Gunakan file CSC jika Anda ingin melakukan flash bersih atau HOME CSC jika Anda ingin menyimpan aplikasi dan data Anda.

Langkah ke enam, Jangan centang kotak tambahan dan satu-satunya pilihan yang akan diperiksa adalah F Reset Time dan Auto-Reboot.

Langkah ketujuh, Klik tombol Start untuk mulai flash dan ini akan memakan waktu sampai beberapa menit.

Flash Samsung Galaxy A50 Selesai

Langkah ke delapan, Jangan coba untuk melepas sambungan USB kabel dan tunggu saja sampai Odin mengatakan ‘PASS’ di kotak hijau.

Langkah ke sembilan, Setelah flash selesai, smartphone Samsung Galaxy A50 Anda akan reboot secara otomatis, dan Anda sudah dapat memutuskan koneksi telepon Anda dari PC.

Dengan hanya beberapa langkah saja seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Anda dapat mengulangi itu untuk melakukan pembaruan perangkat lunak. Begitu juga jika ingin melakukan perbaikan dengan beberapa masalah yang terjadi dan caranya tetap sama. Dengan itu, smartphone Anda akan dimulai ulang dan Anda dapat menggunakannya lagi dalam kondisi sudah kembali normal.

Jangan lupa juga, kalau Anda memiliki akun email yang tersinkron dengan perangkat maka harus login terlebih dulu. Seandainya Anda tidak bisa login karena lupa akun, Anda bisa melakukan bypass untuk menghapus email lama. Anda dapat membuat akun email yang baru untuk smartphone Anda.

Add Comment