Cara Flash Samsung Galaxy A5 SM-A520F

Anda mungkin akan merasa bingung ketika smartphone Anda sedikit bermasalah entah respon kinerja maupun mendadak tidak bisa booting. Sadari bahwa hal tersebut perlu Anda tindak lanjuti dengan mecari solusi yang tepat.

Anda harus bisa memahami bagaimana memulihkan smartphone Anda Samsung Galaxy A5 SM-A520F dan bagaimana cara mengoptimalkan ulang smartphone terbaru Anda tersebut. Meski terjadi secara tidak sadar dan diluar kendali Anda sendiri, pastikan Anda tahu akan penyebab utamanya.

Apa yang Anda lakukan sebelumnya dan selama Anda menggunakan smartphone tersebut. Apa sebelumnya hanya sering hang atau Anda baru saja memasang dan memainkan aplikasi game berat. Memang kita sudah ketahui akan performa dari smartphone Samsung Galaxy A5 SM-A520F selain sudah mendukung kinerja prosesor yang tangguh, tetap Anda harus bisa berhati-hati cara menggunakanya.

Tidak terlalu berlebihan aplikasi atau ketika memasang aplikasi Anda harus bisa cek apakah aplikasi tersebut menimbulkan respon yang berbeda dari sebelumnya. Apakah smartphone Anda jadi tidak responsif atau malah sering hang gara-gara aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS.

Sepenuhnya, smartphone yang Anda miliki berada pada kontrol Anda sendiri karena Andalah sang pemilik. Jika terjadi hal-hal yang berbeda karena smartphone berpindah tangan seperti setelah dipinjam teman Anda, selayaknya Anda menanyakan teman Anda.

Apa yang ia lakukan dengan smartphone Anda sewaktu ia meminjamnya dari Anda sendiri. Saat Anda melihat performa smartphone terbaru Anda tersebut mulai lambat, ngelag dan bahkan terjadi sesuatu yang secara pasti tidak Anda pahami, Anda perlu bertindak lebih lanjut.

Optimalkan smartphone Anda kembali dengan cara mengulang pengaturan sistem atau Anda melakukan hard reset. Inilah satu tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk solusi pemulihan. Jika Anda sendiri tidak memahami bagaimana mengulang pengaturan smartphone kedefault, Anda bisa menyimak tips yang telah kami ulas dipostingan lainya.

Simak: Cara Hard Reset Samsung Galaxy A5 SM-A520F via Android Recovery

Sekarang apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya jika yang terjadi adalah bootlogo? Memulihkan smartphone ketika menghadapi kondisi bootlogo tersebut memang diperlukan tindakan lebih lanjut. Secara pasti, Anda hanya harus memulai memulihkanya dengan langkah-langkah flash ulang firmware.

Langkah tersebut juga bisa disebut melakukan pembaharuan sistem atau melakukan update firmware. Anda bisa menyiapkan beberapa file pendukung dan mulai untuk tahap-tahap melakukan flash. Sementara caranya, Anda bisa mengikuti panduan yang akan kami ulas disini sebagai pemahaman Anda.

Bahan pendukung flash ulang seperti Odin dan lainya sudah kami sajikan secara lengkap dan Anda tinggal mengunduhnya. Perlu Anda ketahui bahwa tindakan menginstall firmware dengan tool Odin untuk solusi pemulihan adalah langkah yang serius.

Ketika Anda memiliki data penting di smartphone Anda dan sekarang smartphone Anda kondisinya boologo, setelah selesai semua data Anda yang tersimpan sebelumnya bisa saja terhapus. Tindakan ini tidak ada kesempatan untuk membuat file cadangan karena smartphone Anda sudah dalam posisi bootlogo.

Oleh karena itu, Anda hanya bisa menjadikan flash firmware ini sebagai langkah untuk memulihkan smartphone Anda dari bootlogo. Sudah paham ya? Sekarang Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang harus diunduh terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

Langkah flash Samsung Galaxy A5 SM-A520F dengan tool Odin silahkan simak dengan baik:
  1. Pertama Anda harus tahu bahwa smartphone Anda memiliki daya baterai sekitar 80%
  2. Ekstrak semua file mulai dari Odin, Samsung USB Driver, dan Firmware
  3. Matikan smartphone Anda dahulu
  4. Siapkan USB kabelnya dan hubungkan dengan port PC/laptop Anda
  5. Langkah selanjutnya adalah membuat smartphone Anda berada pada posisi Odin Mode dengan cara menekan bersamaan tombol Volume (-), Home, dan Power.
  6. Setelah Anda melihat tampilan Warning maka lepaskan semua tombol
  7. Kemudian Anda tekan tombol Volume (+) dan posisinya menjadi seperti berikut Mode Odin Galaxy A5 SM-A520F
  8. Sambungkan smartphone Anda dengan USB kabel tadi
  9. Sekarang buka folder Odin dan jalankan tool Odin v3.12.7 hingga terbuka seperti berikut dan Anda akan melihat bahwa smartphone tengah terdeteksi dengan toolMenjalankan Odin
  10. Langkah berikutnya, Anda mulai untuk mengarahkan file dengan klik AP seperti gambar berikutMemulai mengarahkan firmware Galaxy A5 SM-A520F
  11. Arahkan saja pada firmware Galaxy A5 SM-A520F yang sudah Anda ekstrak tadi dan tunggu beberapa detik supaya tool Odin mengidentifikasi file
  12. Setelah Anda selesai mengarahkan firmware dengan tepat maka mulai langkah flash dengan klik StartMemulai flash Galaxy A5 SM-A520F
  13. Anda akan melihat progres flash firmware berlangsung beberapa menit dan perlu Anda ketahui bahwa proses ini tidak harus Anda hentikan
  14. Anda tunggu hingga tool Odin menandakan PASS yang berarti bahwa flash firmware telah sukses dan smartphone Anda akan reboot dengan sendirinya
  15. Anda harus menunggu kembali ketika smartphone reboot dan ini hanya memakan waktu sekitar 10 menit
  16. Setelah smartphone berada diposisi layar awal, silahkan pilih bahasa yang Anda ingin gunakan pada smartphone

Sedikit tambahan jika saat klik Start tidak ada respon flash berlangsung maka Anda install kembali Samsung USB Driver dan restart PC/laptop Anda. Sesudah itu Anda harus mulai lagi dari langkah pertama diatas.

Demikian postingan ini kami buat untuk membantu Anda memahami secara pasti mengenai cara melakukan flash ulang smartphone Samsung Galaxy A5 SM-A520F. Semoga postingan yang sudah kami uraikan diatas bisa Anda pahami dengan baik.