Cara Flash Realme X3 SuperZoom (RMX2081)

Cara Flash Realme X3 SuperZoom (RMX2081) dapat menjadi tahapan untuk melakukan pembaruan software dan perbaikan. Ini juga dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah bootloop, bugs pada aplikasi. Jika itu terjadi pada device Anda, semua bisa dikembalikan seperti semula dengan metode yang sangat sederhana.

Cara Flash Realme X3 SuperZoom (RMX2081)

Itu kalau Anda memang sudah mengetahui caranya dan prosedur yang dijadikan solusi pun sesuai. Jika Anda memang baru membeli smartphone Realme ini, tentunya Anda harus belajar lebih jauh tentang hal ini. Cara flash Realme X3 SuperZoom merupakan tindakan untuk dapat diterapkan di perangkat Anda untuk memulai ulang.

Itu bisa membantu meningkatkan stabilitas sistem di device Anda. Sehingga, smartphone Anda akan terus optimal dengan pembaruan software yang Anda lakukan. Selain itu, pentingnya melakukan update merupakan yang disarankan untuk semua penggguna smartphone Realme.

Setiap smartphone memang memiliki masalah yang berbeda-beda. Meski demikian, cara untuk melakukan perbaikan bisa saja sama. Ada yang sebagian bisa berhasil kalau hanya di reset data pabrik. Mengembalikan setelan pabrikan memang dapat dilakukan sebagai langkah yang tepat soal penanganan.

Jika memang harus dilakukan flash ROM, bukan berarti mereset data pabrik tidak dapat membantu. Kita bisa berpikir bahwa smartphone menginginkan tahap flash atau pembaruan firmware dan bukan hard reset. Meski mereset data dapat membantu, itu juga tidak semuanya.

Lebih mudah memang dengan hanya cara flash Realme X3 SuperZoom dibandingkan hard reset. Namun, Anda dapat menggunakan metode tersebut sebagai bagian yang tidak harus di lewatkan. Flashing bisa Anda lakukan kalau memang kendala pada smartphone Anda cukup meyakinkan seperti bootloop.

Disamping itu, ada juga karena terjadinya bugs atau beberapa aplikasi tidak merespon. Ini cukup sering terjadi pada beberapa smartphone Android. Bisanya hanya karena masalah kecil atau aplikasi yang Anda gunakan belum di update. Maka dari itu sebagai pengguna smartphone, haruslah super aktif untuk segala hal.

Meski hanya karena masalah aplikasi telah terhenti, Anda harus bisa memperbaikinya sendiri dengan metode yang benar. Ini jauh lebih baik dari pada Anda tidak dapat menemukan solusi. Tindakan Anda dalam cara flash Realme X3 SuperZoom sangat diperlukan.

Tidak ada pilihan lain untuk mengatasi masalah bugs atau karena bootloop. Flashing firmware bisa Anda lakukan sebagai pertolongan dalam melakukan perbaikan. Melalui postingan ini, Anda bisa belajar tentang cara menginstal ROM OTA dari mode recovery. Saya akan membahasnya untuk Anda agar Anda paham tentang cara memulihkan device Anda sendiri.

Pertama, silahkan download firmware berikut sebagai persiapan :

Catatan: Panduan tentang cara flash Realme X3 SuperZoom ini akan membantu Anda untuk melakukan update software dan perbaikan. Semua data bisa saja hilang dalam proses ini. Sebelum melanjutkan tindakan ini, pastikan Anda sudah melakukan backup data.

Cara Backup:

  • Anda buka menu Pengaturan
  • Buka lagi Pengaturan Tambahan
  • Pilih Buat Cadangan & Reset
  • Pilih Cadangan & Pulihkan
  • Anda dapat memilih data mana yang akan di backup

Cara Flash Realme X3 SuperZoom (RMX2081) Melalui Mode Recovery

1. Silahkan mulai dengan mengisi daya smartphone Realme Anda hingga tingkat baterai minimal di atas 50%.

2. Jika daya baterai sudah mencukupi, kemudian matikan smartphone Anda dengan menekan tombol Power untuk beberapa detik dan sampai ia benar-benar off.

3. Hubungkan Realme Anda ke PC Windows/laptop menggunakan kabel micro USB, salin firmware unduhan ke dokumen internal atau root perangkat Anda dalam memori SD Card. Jangan Anda taruh firmware tersebut di dalam folder.

4. Setelah itu, tekan dan tahan tombol Power dan tombol Volume Turun, hingga smartphone Anda memasuki mode pilihan bahasa. Anda dapat memilih English untuk melanjutkan.

mode recovery realme x3 superzoom

5. Device Anda akan memasuki Recovery. Di bawah Mode Recovery, pilih saja Instal from storage device. Selanjutnya pilih From phone Storage atau From SD (Tergantung dimana Anda menyimpan file), cari firmware yang Anda simpan tadi dalam memori.

6. Pilih firmware tersebut untuk mulai menginstal. Jika pesan konfirmasi muncul di layar Anda, cukup tekan Ya untuk melanjutkan.

7. Smartphone Anda akan reboot dan mulai memperbarui perangkat lunak. Proses pembaruan ini memakan waktu beberapa menit dan Anda harus menunggu sampai update sukses.

8. Setelah selesai, Anda dapat memilih Reboot.

Anda sudah berhasil menyelesaikan semua langkah yang sudah saya jelaskan diatas mengenai cara flash Realme X3 SuperZoom. Anda tinggal menunggu bahwa smartphone Anda akan restart. Setelah ini, smartphone akan berjalan dengan OS terbaru yang sudah Anda install. Tentunya device Anda juga akan terlihat seperti baru dan lebih stabil.

Sekarang Anda bisa menyiapkan email untuk login dan mulai menggunakan smartphone. Mengenai aplikasi yang telah terhapus, Anda dapat mengunduhnya kembali melalui Play Store.

Mungkin cukup sekian saja tutorial saya hari ini tentang cara flash Realme X3 SuperZoom (RMX2081). Sebagai bagian penting dalam mengoperasikan device Anda, ini dapat Anda jadikan tips kapan saja untuk pembaruan perangkat lunak maupun perbaikan.

Add Comment