Cara Flash Oppo A57 CPH1701 via Recovery

Artikel lanjutan saya hari ini akan memberitahu Anda mengenai langkah melakukan update smartphone Oppo A57. Dimana cara ini merupakan langkah yang tepat untuk menentukan bila Anda ingin memulihkan smartphone Anda dari problem bootloop.

Mungkin Anda tidak tahu apa saja yang menyebabkan smartphone Anda mengalami problem tersebut. Namun, pada dasarnya masalah ini hanyalah disebabkan oleh operating sistem yang sudah tidak bekerja secara normal. Penyebabnya bisa Anda simpulkan sendiri atau Anda ingin mengetahui dasarnya bisa jadi terkena virus atau kepenuhan data pada memori internal.

Otomatis smartphone terasa kekenyangan makan sehingga kinerja sistem menjadi berat. Efek dari Anda ketika terlalu banyak memasang aplikasi juga bisa berdampak smartphone menjadi sering lemot. Ini mencakup proses awal dan lama kelamaan akan menjadi satu masalah yang akan timbul seperti, smartphone sulit untuk dihidupkan atau dimatikan dan pembukaan aplikasi yang merespon lambat.

Bisa juga ketika Anda merestart smartphone Anda malah menjadi stuck dilogo. Pasti Anda akan kaget bila terjadi secara dadakan dan secara pengetahuan Anda sepertinya Anda tidak melakukan sesuatu yang menyebabkan masalah stuck dilogo tersebut.

Bila smartphone Anda masih bisa memproses menu recovery yang bisa Anda akses, Anda bisa memulai langkah untuk melakukan wipe data. Buat Anda yang belum memahami caranya, Anda bisa mengikuti langkah yang sudah saya bahas diartikel sebelumnya.

Simak: Cara Mudah Hard Reset Oppo A57 CPH1701

Terkadang, mereset ulang bisa menyelesaikan masalah bila smartphone Anda tidak bisa booting kemenu karena keberatan aplikasi. Namun, tidak hanya itu saja yang bisa Anda selesaikan tapi ada dimana ketika smartphone Anda sudah mulai lemot.

Cara flash ulang ini saya bahas hanya untuk memandu Anda dengan tips yang sederhana dan ini bertujuan bila Anda ingin memulihkan seluruhnya kinerja operating sistem dismartphone Anda. Bisa saja Anda juga memiliki tujuan ingin melakukan update OS maka cara ini dapat Anda pilih.

Sekarang bila Anda sudah berkeyakinan bahwa cara ini sudah menjadi keputusan Anda akan solusi atas smartphone Anda, mulailah dengan menyiapkan bahanya terlebih dahulu. Ya.., bahan untuk melakukan update OTA via recovery telah saya sajikan.

Selain itu, bila Anda ingin melakukan flashing dengan tool, saya juga sudah siapkan file-file yang harus diperlukan. Anda tinggal pilih saja apakah Anda ingin memulai langkah flashing dengan proses dari recovery atau via tool yang khusus untuk smartphone Oppo A57 ini.

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Untuk bahan update silahkan siapkan dan Anda unduh terlebih dahulu filenya:

Langkah flash Oppo A57 CPH1701 via Recovery silahkan Anda simak dengan baik:
  1. Siapkan smartphone Anda dengan kondisi daya baterai minimal adalah 80%
  2. Format dahulu microSD yang sudah Anda siapkan
  3. Pindahkan file yang sudah Anda download tadi yakni CPH1701EX_11_A.30_OTA_030_all_201709301307.zip ke microSD dan ingat jangan Anda ekstrak maupun jangan Anda tempatkan didalam folder
  4. Pasang microSD yang sudah Anda isi dengan file tersebut pada smartphone Anda
  5. Pastikan juga bahwa smartphone Anda sekarang sudah Anda buat off
  6. Dari posisi off maka Anda hidupkan kembali smartphone Anda dengan menekan tombol Vol (-) dan Power lalu tahan beberapa detik saja
  7. Setelah muncul logo Oppo dilayar maka hanya Anda lepaskan tombol Power dan Vol (-) tetap Anda tahan sampai muncul menu pilihan bahasa
  8. Anda pilih English dengan mengetuk menggunakan jari Anda
  9. Ketika sudah berada pada menu Oppo Recovery seperti berikut, maka Anda tinggal menyesuaikan menu yang harus Anda pilih untuk memulai langkah updateMemulai masuk menu Oppo Recovery Oppo A57
  10. Anda hanya perlu mengetuk pilihan  Install from storage devices
  11. Kemudian pilih menu From SD card
  12. Pada langkah berikutnya silahkan Anda pilih file yang sudah Anda copy tadi di microSD
  13. Konfirmasi Yes untuk melanjutkan
  14. Progres Updating akan segera berlangsung beberapa menit dan tunggu hingga menandakan notifikasi Installation successfully
  15. Kemudian Anda perlu memilih Reboot untuk memulai merestart smartphone Anda
  16. Perlu Anda ketahui bahwa smartphone Anda akan restart cukup lama dan Anda hanya tinggal menunggu sampai pada layar utama

[postingan number=3 tag=”Flashing+Oppo”]

Dengan hanya beberapa langkah saja, Anda bisa memulihkan smartphone Anda yang tadinya tengah bootloop atau mengalami erorr yang sering muncul dismartphone Anda. Perhatikan bahwa bila Anda sudah selesai melakukan update maka dilayar utama setelah restart Anda harus menyelesaikan pengaturan. Anda juga perlu login dengan akun gmail Anda bila tersinkron dengan smartphone Anda.

Itulah tips saya hari ini semoga bisa Anda pahami dengan mudah karena menurut saya langkah diatas sudah diulas secara jelas dari setiap tahap dan sesuai prosedur yang saya pahami.