Cara Flashing Ulang Oppo A37f via microSD

Dimalam ini kami mencoba menyempatkan waktu dikala santai karena baru saja menyelesaikan satu servisan.

Masih mengenai cara flash ulang dan kami akan memposting cara flash pada smartphone Oppo A37 tanpa melalui PC dengan langkah yang sederhana.

Sementara sambil menunggu upload firmware Oppo A37 dalam waktu yang cukup lama, saya akan langsung mencoba menguraikan prosedur langkah flashnya.

Oppo A37 memang memiliki spesifikasi yang terbilang gahar berkat chipset yang digunakannya menggunakan Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan kecepatan kinerja prosesor Quad-core 1.2 GHz.

Dukungan RAM-nya sebesar 2GB dan GPU dari Adreno 306. Smartphone ini juga telah didukung jaringan 4G LTE sebagai konektivitas internet yang sangat cepat.

Cara Flash Oppo A37 via recoveryMeskipun dari sudut pandang bahwa spesifikasi menjadi hal yang akan membuat smartphone ini tangguh, jika saat sedang mengalami masalah karena yang terjadi adalah softbrick kita harus segera melakukan perbaikan.

Smartphone mengalami softbrick bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan kemungkinan memori internalnya kepenuhan data aplikasi. Awalnya bisa jadi responnya agak lambat dalam kinerja dan pada akhirnya kalau dibiarkan saja menjadi fatal.

Untuk masalah softbrick atau mudahnya dibilang stuck dilogo sebenarnya bisa diketahui secara mendetail apakah memang sudah harus melakukan flash apakah ada cara lain yang bisa dijadikan solusi pertamanya.

Sebagai solusi awal dan untuk mengetahui bahwa ini harus diflash atau tidak, kamu bisa dengan cara mencoba hard reset terlebih dahulu. Dipostingan sebelumnya sudah kami bahas langkah-langkah masuk menu recovery juga melakukan hard reset Oppo A37.

Setelah mencoba hard reset namun tidaklah merubah kondisi dan smartphone masih softbrick, sekarang yang harus dilakukan ialah melakukan flash atau upgrade. Sementara keperluan untuk melakukan flash dengan melalui menu recovery diperlukan menyiapkan microSD dan juga file firmware.

Langkah Flashing Ulang Oppo A37 via Oppo Recovery
  1. Usahakan daya baterai full 100 persen
  2. Format microSD yang telah disiapkan
  3. Matikan smartphone Oppo A37 dan lepaskan SIM
  4. Ekstrak file hasil dari download
  5. Buka folder maka kamu akan menemui file dalam winrar.zip dan jangan diekstrak lagi
  6. Copy file firmware dalam bentuk winrar ke microSD jangan didalam folder
  7. Setelah file firmware selesai di copy lalu pasang dismartphone
  8. Dari posisi smartphone mati, tekan dan tahan tombol Volume (-), Volume (+) dan tombol Power selama beberapa detik
  9. Setelah itu logo Android akan muncul dilayar dan smartphone akan masuk kemenu Recovery
  10. Pilih Wipe data and chace lalu tunggu hingga selesaiCara Flash Oppo A37 via recovery
  11. Kemudian pilih Install Form SD CarD
  12. Cari file ekstensi winrar tadi dan pilih
  13. Proses flash file firmware akan berlangsung beberapa menit
  14. Jika proses telah selesai pilih Reboot dan konfirmasi Ok
  15. Sesudah itu kamu harus menunggu hingga smartphone selesai reboot dan ini akan memakan waktu cukup lama jadi tidak usah panik
  16. Sekerang kamu akan mendapati dilayar smartphone Oppo A37 dengan pilihan bahasa lalu proses untuk yang lainnya
  17. Ikuti perintah dan panduan yang muncul dilayar hingga smartphone Oppo A37 siap untuk digunakan

Sekian Cara Flash Oppo A37 via microSD yang bisa kami bagikan dipostingan ini dan semoga langkah diatas bisa menjadi panduan dalam memulihkan smartphone dari kendala softbrick atau stuck dilogo saja.