Cara Flash Oppo A37f via MicroSD

Cara flash Oppo A37f via microSD melalui recovery mode sebagai tahap untuk pembaruan software dan mengatasi masalah bootloop, aplikasi telah terhenti dan mengembalikan setelan pabrik. Cara ini akan membantu disaat smartphone mengalami hal yang tidak kita ketahui atau mungkin yang banyak terjadi adalah stuck di logo.

Bagi Anda yang mendapati Oppo A37f lupa password, itu juga dapat diatasi dengan flash menggunakan Tools yang tersedia. Kami akan langsung membahas mengenai cara flash Oppo A37 sebagai panduan untuk Anda yang belum pernah melakukannya. Semoga tutorial ini dapat membantu Anda untuk menyelesaikan masalah device Anda dan membuatnya kembali normal.

Cara Flash Oppo A37 via recovery

Oppo A37 memang memiliki spesifikasi yang terbilang bagus karena chipset yang digunakannya menggunakan Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang mempunyai kecepatan prosesor Quad-core 1.2 GHz. Dukungan RAM 2GB dan GPU dari Adreno 306 membuatnya lebih optimal. Smartphone ini juga telah didukung dengan jaringan 4G LTE sebagai konektivitas internet yang sangat cepat. 

Meskipun spesifikasi menjadi hal yang akan membuat smartphone ini bagus, jika saat sedang mengalami kendala karena yang terjadi adalah bootloop, kita harus segera melakukan perbaikan dengan cara flash Oppo A37 menggunakan firmware resmi.

Mungkin cara yang paling sederhana jika kita sendiri tidak ingin melakukan flash, Anda bisa memilih untuk memulai wipe data. Mengenai tips ini jika Anda sendiri belum tahu, maka itu bisa ditemukan pada panduan yang sudah dibahas sebelumnya yakni tentang hard reset.

Simak: Cara Mudah Hard Reset Oppo A37F via Recovery

Smartphone bootloop bisa disebabkan oleh beberapa hal dan kemungkinan memori internalnya hampir penuh dengan data aplikasi. Awalnya bisa jadi responnya sangat lemot dalam kinerja sistem dan pada akhirnya kalau dibiarkan saja maka akan menjadi masalah.

Untuk masalah stuck di logo sebenarnya bisa diketahui secara mudah. Apakah memang sudah harus melakukan pembaruan atau ada cara lain yang bisa dijadikan solusi untuk pertamanya. Sebagai solusi awal dan untuk mengetahui bahwa ini harus di flash atau tidak, Anda bisa mencoba dengan memulai langkah hard reset terlebih dahulu.

Setelah mencoba mereset data pabrik namun tidak merubah kondisi dan smartphone masih bootloop, sekarang yang harus dilakukan ialah dengan cara flash Oppo A37 menggunakan firmware OTA. Cara ini juga bisa dijadikan solusi jika ingin mengoptimalkan kinerja sistem seperti baru lagi. Sementara keperluan untuk melakukan flash melalui recovery mode, Anda hanya cukup menyiapkan memori microSD dan juga file dukungan resmi.

Berikut Cara Flash Oppo A37 via MicroSD Menggunakan File OTA

1. Usahakan daya baterai smartphone Oppo Anda terisi diatas 50 persen sebelum memulai langkah ini.

2. Format dahulu memori MicroSD yang telah disiapkan melalui Windows PC/Laptop yang Anda miliki. Anda juga bisa menggunakan smartphone lain untuk memformatnya.

3. Setelah itu, matikan smartphone Oppo A37 Anda dan lepaskan SIM dari slot yang ada.

4. Kemudian, jangan di ekstrak file hasil dari Anda download tadi. Pindahkan saja file firmware ‘A37fEX_11_OTA_038_all_201907110016.zip’ ke dalam MicroSD dan jangan ditempatkan didalam folder. Setelah file selesai di pindahkan ke memori, lalu pasang di smartphone Anda.

5. Dari smartphone Anda off, tekan lalu tahan tombol Volume Bawah dan tombol Power selama beberapa detik saja. Jika logo Oppo muncul di layar, lepaskan hanya tombol Power saja. Anda tahan terus tombol Volume Bawah hingga smartphone bisa masuk ke menu pilihan bahasa.

6. Anda bisa mulai navigasi menggunakan tombol Volume dan Power untuk konfirmasi Ok. Pilih saja bahasa English dan device Anda akan masuk di menu ColorOS Recovery seperti berikut.

Cara Flash Oppo A37 via mode recovery

7. Pilih Wipe data and chace lalu tunggu hingga selesai. Kemudian pilih Install Form Storage Device. Selanjutnya pilih From SD.

8. Temukan file yang Anda simpan di MicroSD tadi dan pilih firmware tersebut. Konfirmasi Ok untuk melanjutkan. Proses update akan berlangsung beberapa menit. Jika proses telah selesai, pilih saja Reboot dan konfirmasi Ok.

9. Sesudah itu, Anda harus menunggu hingga smartphone selesai reboot dan ini akan memakan waktu cukup lama. Sekarang Anda akan mendapati di layar smartphone Oppo A37 dengan pilihan bahasa lalu proses untuk konfigurasi lainnya. Ikuti perintah dan panduan yang muncul dilayar hingga smartphone siap untuk digunakan.

Catatan: Bagi yang melakukan update dan muncul notifikasi ” the installed version lower than current”,  silahkan Anda gunakan firmware versi terbaru atau versi yang paling tinggi dari yang terinstal di smartphone Anda.

Untuk Anda yang pada hari ini mengalami masalah lupa pola atau lupa password dan tidak berhasil di reset maupun cara flash Oppo A37 diatas tidak membantu, kami sudah siapkan postingan terbaru untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Terkadang, Anda harus mencari cara lainnya untuk bisa memperbaiki smartphone Anda agar dapat kembali normal.

Simak juga: Cara Flash Oppo A37f via MSM DownloadTool

Sekian tutorial dari kami pada kesempatan ini tentang cara flash Oppo A37 via MicroSD. Semoga langkah yang sudah kami jelaskan bisa menjadi panduan Anda dalam melakukan pembaruan software dan perbaikan pada smartphone Anda.

18 Comments

  1. AANK BUDI June 14, 2019
    • Heppy June 14, 2019
  2. Fishteri August 27, 2019
    • Mas Hadi August 27, 2019
  3. AANK BIANGKA December 15, 2019
    • Mas Hadi December 16, 2019
  4. Ahmad March 28, 2020
    • Mas Hadi March 28, 2020
  5. Ambon May 17, 2020
    • Mas Hadi May 18, 2020
  6. Herny Enjay May 26, 2020
    • Mas Hadi May 27, 2020
  7. Eko July 18, 2020
    • Mas Hadi July 19, 2020
  8. Hanstore August 21, 2020
    • Mas Hadi August 22, 2020
  9. Adi November 16, 2020
    • Heppy November 16, 2020

Add Comment