Cara Flash Lenovo Vibe P1Ma40 via SP Flashtool

Dihari minggu yang cerah karena kesibukan juga tidak ada kami akan mencoba menuliskan artikel terbaru untuk semua pembaca setia blog kami khasbi.com.

Rencananya hari ini kami akan memposting tutorial yang lebih detail mengenai cara flash ulang. Sementara bahan yang akan kami jadikan bentuk tutorialnya mengambil dari smartphone model Lenovo Vibe P1Ma40.

Kami yakinkan bahwa semua pengguna smartphone ini bisa terbantukan oleh tutorial kami mengenai cara perbaikan atau memulihkan bermacam-macam kendala dan yang kami maksud adalah diluar kendala mesin.

Perlu kami sebutkan kendala apa saja sehingga langkah flashing harus dilakukan pada smartphone Lenovo Vibe P1Ma40.

Jika sobat sudah tidak menemukan solusi atas kendala seperti mendapati smartphone stuck dilogo karena kegagalan pada saat ngeroot. Smartphone ngelag tidak berkutik setelah main game, tidak bisa diketuk dan munculnya erorr karena akibat virus dari file yang ada di memori.

Baca : Cara Hard Reset Smartphone Lenovo Vibe P1Ma40

Namun, kami akan referesikan artikel kami lainnya mengenai cara hard reset untuk mencoba memulihkan semua kendala yang kami sebutkan diatas. Mungkin dengan langkah sederhana mereset ulang kembali kepengaturan pabrikan bisa menjadi pilihan dan tanpa harus repot mendownload bahan untuk memproses melakukan flashing.

Sekarang kami akan segera uraikan tutorial yang kami lengkapi dengan gambar untuk memudahkan sobat yang belum tahu caranya. Flashing ulang akan dilakukan melalui PC/komputer jadi sobat harus menyediakannya. Jika tidak punya PC pastikan juga ada laptop atau minjam temen dekat atau bisa pinjam ketetangga.

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Mengenai bahan firmware, kami sudah sediakan beberapa varian yang bisa Anda pilih dan semua bahan pendukung lainya seperti SP Flashtool, Lenovo USB Driver sudah menjadi satu paket didalam file zip. Kebetulan kami sudah tested salah satu dari firmware ini dengan file update terbaru yakni P1ma40 SO40 ROW.

Siapkan bahan dan file berikut:

Langkah flash Lenovo Vibe P1Ma40 via Sp Flashtool silahkan simak dengan teliti dari setiap tahapanya berikut ini:
  1. Ekstrak filenya terlebih dahulu
  2. Menjaga agar daya baterai tidak kosong sebaiknya dicharger minimal 80 persen
  3. Sambil menunggu baterai smartphone terisi maka siapkan kabel USB dan hubungkan ke PC
  4. Buka folder hasil ekstrak tadi dan akan ditemui beberapa folder yang masing-masing memiliki peranan sendiri
  5. Pada folder Driver, silahkan install Lenovo USB Driver hingga finish
  6. Selanjutnya buka folder Sp Flashtool v5 maka akan menemukan tool aplikasi didalamnya bernama flash_tool
  7. Memulai Run as aplikasi flash_tool hingga terbukaMengarahkan file Lenovo Vibe P1ma40
  8. Selanjutnya adalah klik pada kolom Scatter Loading
  9. Cari file txt Android scatter tepatnya didalam folder SW dan target bin dari hasil ekstrtak dengan nama file MT6753M_Android_sactter lalu pilih
  10. Selanjutnya memulai dengan klik Download
  11. Siapkan smartphone dari keadaan off lalu tekan tombol boot yaitu Vol (-) dan tahan lalu sambungkan smartphone dengan kabel USB yang sudah terhubung pada PCProses Flash Lenovo Vibe P1ma40
  12. Sementara flash_tool akan memulai flashing file firmware selama beberapa menit seperti gambar diatas yang bisa kita lihat
  13. Tinggal santai dan menunggu hingga proses bar kuning selesai mencapai 100 persenFlash sukses Lenovo Vibe P1ma40
  14. Setelah itu akan muncul kotak Download OK dan berarti flashing file telah sukses diproses
  15. Lepaskan sambungan kabel USB dari smartphone lalu mencoba untuk menghidupkan dengan tekan power
  16. Selesai

Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai cara flash ulang maka Anda bisa menyimak tutorial yang kami bisa tambahkan disini dalam bentuk video dari chanel kami. Perhatikan bahwa melakukan flash ulang dengan smartphone hanya membutuhkan ketelitian saja dan biasanya hanya terhambat oleh koneksi smartphone dan PC/laptop seolah flash tidak berjalan saat klik Download.

Untuk mengatasi masalah koneksi smartphone dengan PC/laptop adalah dengan kembali menginstall Lenovo USB Driver, memindahkan USB kabel dengan port lainya lalu restart PC/laptop kemudian mulai dari langkah awal lagi.

Perhatian: Setelah Anda berhasil melakukan flash ulang firmware dengan smartphone dan telah dihidupkan maka disini Anda harus tahu betul bahwa booting pertama akan memakan waktu hingga 15 menit. Anda tidak harus panik mengenai hal tersebut karena memang seperti itulah ketika smartphone baru memulai pengoptimalan sistem operasi sesudah diflash ulang.

Referesi tutorial flash lainnya :

Seperti itulah diatas langkah flashing ulang file pada smartphone Lenovo Vibe P1Ma40 via Sp Flashtool. Semoga sobat semua yang sedang membaca dan mengikuti langkah flash diatas bisa memahami dengan smartphone yang sedang diflash bisa berhasil diperbaiki setelah sebelumnya fatal karena stuck dilogo atau kendala yang lain.