Cara Flash Lenovo P1a42 via QPST Download

Cara Flash Lenovo P1a42 kali ini kami bahas untuk memandu Anda dalam memahami langkah menginstall firmware. Untuk memulai memulihkan smartphone Anda Lenovo P1a42 yang sekarang tengah mengalami stuck dilogo, kita coba gunakan beberapa langkah yang cukup mudah.

Jika smartphone Lenovo P1a42 mengalami problem stuck dilogo, akan sangat kecil kemungkinanya jika hanya ingin direcovery atau melakukan hard reset. Meskipun ada hal yang menyebabkan terjadinya masalah ini, ini menjadikan Anda untuk mengetahui tips mengenai cara menyelesaikan problem tersebut.

Sekarang Anda akan belajar bagaimana memperbaiki smartphone Anda sendiri sehingga Anda tidak perlu panik ketika terjadi hal yang sama dikemudian hari. Untuk melakukan flashing firmware dengan smartphone Lenovo P1a42, Anda bisa menggunakan QPST Tool.

Anda tidak bisa mengandalkan SP Flashtool untuk proses ini dikarenakan smartphone Lenovo P1a42 secara spesifikasi tidak ditanami chipset MediaTek. Sekarang kita coba pahami dulu mengenai informasi spesifikasi dari smartphone luncuran pihak Lenovo ini.

Lenovo P1a42 pertama kali diluncurkan sekitar tahun 2015 lalu dengan disandang sistem operasi Android Lollipop. Sejatinya smartphone ini dibekali layar seluas 5,5 Inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dan pelapisan pelindung layar dari Corning Gorilla Glass 3.

Cara Flash Lenovo P1a42 via QPST

Kelebihan dari smartphone ini berada pada kemampuan prosesor yang dimilikinya. Secara responsif, Lenovo P1a42 ditanami chipset prosesor dari Qualcomm Snapdragon 615 64-bit dengan kinerja mencapai 1.5 GHz.

Sebagai pendukung prosesornya ini, pihak Lenovo menanamkan RAM sebesar 2 GB dan dukungan pengolahan grafis dari Adreno 405. Inilah mengapa smartphone ini memiliki respon kinerja yang cukup amulatif ketika menjalankan berbagai macam aplikasi. Dan smartphone ini juga dioptimalkan pada bagian kamera yaitu kamera belakang dan depan.

Untuk kamera belakangnya, Lenovo P1a42 dilengkapi satu kamera dengan resolusi 13 Megapiksel beserta pendukung cahaya LED flash. Sedangkan untuk kamera depannya, Lenovo P1a42 ini disemati kamera dengan resolusi sebesar 5 Megapiksel beserta Fixed-focus. Sebagai penopang sumber daya energi, smartphone ini dibekali baterai yang memiliki daya sekitar 5000 mAh.

Sekarang Anda hanya perlu memahami saja mengenai cara yang bisa Anda lakukan untuk kembali memulihkan smartphone ketika terjadi suatu hal yang diluar pengetahuan Anda. Melakukan flashing dengan firmware ini bukan semata untuk memulihkan smartphone dari stuck dilogo saja.

Semua jenis problem entah terjadinya erorr atau aplikasi yang menjadi bawaan smartphone tidak bisa dibuka, Anda juga bisa memulihkannya. Terkadang ini terjadi atas lamanya aplikasi tidak diupdate atau bisa jadi karena tidak melakukan pembaharuan saat adanya notifikasi persediaan pembaharuan aplikasi.

Ada juga problem lain diluar kontrol Anda seperti smartphone ngelag dan tidak responsif ketika Anda ketuk tombol back hanya terlihat kaku. Untuk hal ini sebenarnya bisa Anda selesaikan dengan smartphone direset ulang.  Namun, jika ternyata Anda memilih langkah flash ulang sebagai solusi terbaik maka ini bisa Anda mulai langsung.

Untuk memulai langkah ini, Anda harus sudah siap dengan file pendukung yang harus Anda sediakan. Mengenai file ini sudah kami sajikan lengkap satu paket zip yang didalamnya sudah terdapat file pendukung lainnya seperti tool maupun Lenovo USB Driver. Anda hanya harus mendownload file sesuai nama yang kami sajikan.

Siapkan Bahan: 

Cara Flash Ulang Lenovo P1a42 via QPST Download

  1. Ekstrak file jika sudah selesai didownload
  2. Siapkan dulu smartphone Anda dengan daya baterai minimal 80% atau penuh
  3. Tancapkan dahulu USB kabel dengan PC/laptop Anda
  4. Sekarang buka folder hasil dari ekstrak dan buka lagi folder Driver kemudian install dahulu kedua driver yaitu Lenovo_USB_Driver_1.1.23_Setup dan Qualcomm_USB_Driver_2.2.0.0_Setup
  5. Selanjutnya buka folder Tools dan segera Setup aplikasi QPST hingga selesai
  6. Sekarang Anda pergi ke Lokal Disk (C) > Program Files > Qualcomm > QPST > BinMemulai flash Lenovo Vibe P1a42
  7. Anda akan melihat aplikasi bernama QFIL dibagian tengah
  8. Setelah itu siapkan smartphone dengan tekan dan tahan Volume (+) lalu hubungkan dengan USB kabel sambil membuka aplikasi QFIL dan smartphone akan terdetek pada QFILE dibagian atas port COM Qualcomm HS-USB
  9. Sekarang Anda klik Browse dibagian kanan dan cari file prog_emmc_firehose_8936.mbn difolder SW hasil ekstrak tadiMengarahkan file Lenovo Vibe P1 P1a42 ROW
  10. Selanjutnya klik Load XML dan cari file rawprogram0 dan berikutnya pilih patch0Mengarahkan file patc lenovo P1a42
  11. Jika semua file sudah terarah dengan benar dan smartphone Anda sudah terdetek dengan QPST maka kita mulai tahap selanjutnya
  12. Klik Download untuk memulai proses flash fimwareProses flash file Lenovo P1a42
  13. Sekarang Anda tinggal menunggu saja beberapa menit dan jangan pernah melepaskan sambungan USB kabel dari smartphone selama proses tersebut berlangsung
  14. Tunggu dan sabar hingga QPST menandakan flash selesai yaitu Finish Download
  15. Segera lepaskan sambungan USB kabel jika smartphone tidak reboot secara otomatis
  16. Kemudian hidupkan smartphone dan Anda harus menunggu lagi sampai smartphone loading dan menampilkan layar awal

[postingan number=3 tag=”Flashing+Lenovo”]

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Demikian postingan kami yang mengulas tentang panduan cara melakukan flash ulang firmware untuk smartphone Lenovo P1a42 dengan QPST dan semoga bisa menjadi referensi terbaik Anda.