Cara Flash Lenovo A399 via SP Flashtool

Cara Flash Lenovo A399 akan saya bagikan kepada Anda sebagai tips untuk memulihkan smartphone Anda atas beberapa problem yang terjadi pada smartphone. Kemungkinan Anda sebagai pemilik smartphone Lenovo A399 kebetulan tidak mengetahui cara ini dan sekarang Anda akan belajar.

Menempati satu bagian dari sang pemilk bahwa Anda merasa smartphone sudah mulai tidak stabil. Entah lemot dan bahkan mengalami erorr yang membuat Anda sangat prihatin akan kondisi tersebut. Bukan berarti itu merupakan masalah besar yang terlihat rumit untuk Anda selesaikan sendiri.

Smartphone terbaru Anda jika dirasa tiba-tiba tidak terasa optimal dalam pembukaan aplikasi sangat membuat Anda sedikit marah. Sebenarnya Anda tidak harus terjebak dalam kondisi ini jika Anda tahu bagaimana cara mengoptimalkan kinerja smartphone tanpa menimbulkan efek berkelanjutan.

Anda tidak harus repot-repot menyiapkan beberapa file untuk mengoptimalkan smartphone Anda dengan cara melakukan flashing firmware. Langkah dalam pengotimalan smartphone bisa Anda lakukan dengan tidak berlebihan seperti menginstall aplikasi game berat. Saat respon kinerja sudah mulai lambat, ini bisa juga Anda pulihkan dengan cara mereset ulang.

Sedangkan pada tingkat spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone Lenovo A399 sudah cukup berkualitas. Ini adalah smartphone kelas menengah yang telah diluncurkan oleh pihak Lenovo dengan harga yang sangat terjangkau.

Smartphone Lenovo A399 beradopsikan prosesor berkekuatan Quad-core 1,3 GHz dengan chipset andalanya adalah MediaTek.  Meski demikian, sayangnya untuk mendukung kinerja multitasking pada prosesor tersebut hanya dilengkapi RAM sebesar 512MB. Memori internal yang ada pada smartphone Lenovo A399 ini hanya mencakup kapasitas mencapai 4GB.

Cara Flash Lenovo A399 via SP Flashtool

Beberapa dukungan hardware pada smartphone ini terlihat cukup minim dan itu tampak akan berefek buruk ketika Anda menjalankan aplikasi jenis game. Apalagi Anda sangat gemar bermain game dengan smartphone dan jika dipaksa, ini akan berakibat laging dan bahkan mesin smartphone Anda menjadi cepat panas.

Melakukan flashing bisa Anda pilih sebagai solusi ketika smartphone Anda menjadi bootloop. Ini tidak bisa ditentukan secara jelas akan penyebabnya karena kadang hal tersebut bisa terjadi begitu saja. Mungkin Anda sebagai pemilik smartphone bisa memberikan penilaian sendiri akan faktor yang mengakibatkan smartphone Anda tidak bisa booting kemenu.

Ketika itu terjadi, cara yang akan Anda lakukan sebagai penanganan untuk menyelesaikan itu adalah menyiapkan peralatan pendukung terlebih dahulu. Anda memerlukan beberapa file yang menjadi bahan dan sekarang silahkan Anda unduh terlebih dahulu.

Catatan: Flashing ulang dengan tujuan untuk menginstall firmware pada smartphone adalah langkah serius yang harus Anda perhatikan. Tindakan ini akan menghapus data yang ada sebelumnya. Pastikan Anda sudah melakukan backup data jika memang ada kesempatan dan memang ada data penting yang tersimpan di dalamnya.

Bahan persiapan:

Langkah Flashing Lenovo A399 via SP Flashtool
  1. Ektrak file yang sudah Anda dan akan menjadi beberapa folder
  2. Install USB Driver terlebih dahulu
  3. Siapkan smartphone Anda dengan daya baterai sekitar 60%
  4. Buka folder SP FlashTool dan jalankan aplikasi bernama flashtoolMengarahkan Firmware Lenovo A399
  5. Setelah aplikasi flashtool terbuka maka klik scatter loading seperti contoh diatas kemudian Anda cari file scatter yang berada  folder firmware dan pilih MT6582_Android_scatter
  6. Langkah selanjutnya klik Download
  7. Siapkan smartphone Lenovo A399 Anda dalam posisi tidak menyala
  8. Setelah itu sambungkan smartphone Anda kekomputer dengan USB kabel tetap pada posisi tidak dinyalakan
  9. Jika smartphone Anda telah terdeteksi oleh komputer maka proses flashing atau download firmware akan berlangsung beberapa menit seperti berikutNotifikasi Flashing Lenovo A399 Sukses
  10. Jika Anda melihat tidak ada respon pada saat klik download di flashtool silahkan cek pada USB kabel atau USB Driver dengan cara melihat di device manager
  11. Pastikan smartphone Anda sudah terlihat terdeteksi dengan benar oleh komputer
  12. Ketika semua berjalan dengan baik maka Anda tinggal menunggu proses flashing selesai
  13. Proses flashing firmware selesai atau sukses akan terlihat mencapai 100% dan akan muncul Download OK.
  14. Setelah itu Anda sudah bisa melepaskan sambungan USB kabel dan menyalakan smartphone Anda

Melakukan flashing pada smartphone Anda dengan SP Flashtool bisa Anda lakukan dengan mudah ketika Anda sudah memahami prosedurnya dengan tepat. Ini bisa Anda jadikan pelajaran untuk lain kali sekaligus solusi saat smartphone Anda mendapati masalah yang sama.