Cara Flash Asus ZenFone AR A002 ZS571KL

Postingan ini kami tujukan buat sobat disini yang ingin mengetahui caranya melakukan flash ulang firmware Asus ZenFone AR A002 ZS571KL.

Terutama ketika sobat ingin melakukan perbaikan maupun memulihkan kondisi smartphone yang mengalami hardbrick maka cara ini bisa sobat ambil.

Kita harus bisa memastikan bahwa smartphone yang sekarang mengalami problem masih bersangkutan dengan bagian software dan bukanlah hardware.

Mengenai cara mengindentifikasi masalah ini bisa dengan sobat mengambil langkah mereset ulang. Untuk langkahnya sobat bisa mengikuti tips yang sudah kami sediakan sebagai panduan dan silahkan sobat simak dengan teliti.

Simak: Cara Hard Reset Asus ZenFone AR A002 ZS571KL

Membahas mengenai kelebihan, Asus ZenFone AR memang tidak bisa diragukan lagi dengan spesifikasi yang di usungnya. Meski smartphone ini memiliki harga cukup mahal namun fitur yang dibawanya juga sangat lengkap.

Meliputi kamera belakang yang disematkan kamera sebesar 23 MP dan dilengkapi sensor IMX318 beserta aperture f/2.0 dan dual-LED flash. Pada kamera depannya juga tersemat kamera sebesar 8 MP dan lengkap dengan aperture f/2.0.

Cara Flash Asus ZenFone AR A002 ZS571KL

Asus ZenFone AR disandangi chipset Qualcomm Snapdragon 821 dan mampu memberikan kinerja pada CPU Quad-core 2,35 GHz. Ini baru prosesornya dan masih juga dipadukan dengan RAM dengan kapasitas antara 6GB dan 8GB serta dukungan grafis dari Adreno 530.

Selain dari RAMnya yang disematkan cukup besar, Asus ZenFone AR juga menawarkan ruang penyimpanan memori internal yang berkapasitas hingga 32/64/128/256 GB. Sedangkan penyimpanan eksternal sejenis microSD yang ditawarkan mencakup kapasitas hingga 2 TB.

Asus ZenFone AR dijalankan dengan sistem operasi dari Android v7.0 Nougat dan di percantik juga dengan antarmuka dari ASUS ZenUI 3.0. Dilengkapi sumber daya baterai yang memiliki kapasitas mencapai 3.300 mAh.

Baterai tersebut didukung dengan adanya fitur Quick Charge 3.0 dan BoostMaster Fast Carghing yang memungkinkan baterai bisa di isi dengan lebih cepat. Smartphone Asus ZenFone AR dilengkapi layar Super AMOLED seluas 5,7 Inci yang memiliki resolusi QWHD 2.560 x 1.440 piksel dan dilapisi Corning Gorilla Glass 4.

Smartphone luncuran Asus ini juga di bekali teknologi sensor Finger Print di bagian depan yakni home yang akan memudahkan pengguna dalam membuka konci smartphone serta memudahkan untuk menjalankan aplikasi.

Setelah kita tahu bahwa spesifikasi smartphone ini memang sangat menakjubkan oleh fitur dan cukup di andalkan dalam faktor kinerja. Sekarang kita perlu tahu caranya untuk melakukan pembaharuan pada OS bila sedang mengalami masalah seperti terjadinya hardbrick atau stuck dilogo.

Kita bisa mengambil langkah dengan menyiapkan bahan yakni firmware kemudian kita install pada smartphone melalui menu recovery. Ini adalah langkah yang sangat mudah untuk memperbaiki smartphone.

Kami juga sudah sajikan dua firmware pada postingan sebelumnya untuk sobat pilih untuk di jadikan bahan.

Persiapan bahan yang diperlukan:

Sobat bisa menyimpan file di memori internal jika smartphone sobat tidak mengalami hardbrick atau stuck di logo dan hanya bertujuan untuk melakukan flash dan pembaharuan OS. Flash ulang firmware ini bisa kita lakukan ketika hard reset sudah tidak membuahkan hasil.

Note: Upgrade ulang dan melakukan pembaharuan sistem pada perangkat smartphone merupakan langkah serius yang harus Anda perhatikan. Pastikan Anda sudah melakukan backup data sebelumnya jika memang ada data penting yang tersimpan di dalam perangkat atau smartphone.

Cara Flash Asus ZenFone AR A002 ZS571KL via Recovery
  1. Pastikan kondisi daya baterai minimal terisi 80%
  2. Formatlah microSD terlebih dahulu
  3. Copy file hasil download UL-ASUS_A002-WW-14.1600.1706.19-user.zip tadi ke dalam microSD
  4. Matikanlah terlebih dahulu smartphone sobat dan biarkan off selama beberapa detik
  5. Sisipkan microSD yang sudah terisi file ke smartphone
  6. Setelah itu hidupkan smartphone dengan menekan tombol Vol (+) dan Power
  7. Tahan kedua tombol selama beberapa detik hingga logo Asus muncul kemudian lepaskan keduanya
  8. Setelah terdapat beberapa menu kemudian tekan tombol Vol (-) ke menu Recovery lalu tekan tombol Power
  9. Saat robot Android muncul kemudian tekan lagi tombol Power lalu Vol (+) sekali saja
  10. Smartphone akan masuk di menu Android Recovery lalu tekan Vol (-) ke bagian Apply Update From SDcard lalu tekan lagi Power
  11.  Selanjutnya pilih file yang berada di microSD tadi lalu tekan Power dan proses update file akan dimulai
  12. Tungggu saja hingga proses selesai
  13. Ketika update telah komplit maka pilih Reboot system now untuk merestart smartphone

Ketika smartphone restart mungkin akan memerlukan waktu karena ini adalah proses pengoptimalan sistem operasi setelah selesai mengisntall file firmware.

Demikian tutorial flash ulang Asus ZenFone AR A002 ZS571KL dari kami untuk panduan dalam melakukan upgrade maupun pembaharuan sistem dan memulihkan smartphone dari problem software seperti hardbrick.