Cara Flash Asus ZenFone 3 Max X008DA (ZC520TL) via Recovery

Malam ini kami sempatkan untuk kembali berbagi tips mengenai cara flash ulang Asus ZenFone 3 Max X008DA (ZC520TL) via Recovery.

Sebelum postingan ini kami bagikan, sobat juga perlu tahu bahwa kami baru saja mempublikasikan postingan kami tentang cara flash Asus ZenFone Max ZC550KL.

Memulai langkah flash ulang ini berarti sudah menjadi kewajiban kita sebagai pemilik jika smartphone mengalami masalah bootloop.

Ini adalah masalah di mana smartphone sobat sudah menjadi tampilan logo saja. Sementara itu, bisa di pastikan semua data di dalamnya juga sudah hilang entah corrupt atau karena memori smartphone kepenuhan data sehingga tidak bisa booting kemenu.

Lihat juga: Cara Flash Ulang Asus ZenFone Selfie ZD551KL

Sobat disini bisa saja berbagi pengalaman saat menggunakan smartphone Asus ZenFone 3 Max dan bisa langsung ke bagian komentar. Kami akan coba ulas dahulu mengenai kelebihan dari smartphone luncuran Asus ini.

Asus ZenFone 3 Max memiliki kelebihan pada sektor baterai dengan daya sangat besar yakni 4130 mAh dan bisa dimanfaatkan sebagai power bank. Jika hanya waktu standby, smartphone ini bisa hidup dalam waktu hingga 30 hari.

Terbilang ini adalah smartphone yang memiliki daya tahan luar biasa karena jika dimanfaatkan untuk browsing saja, smartphone ini bisa bertahan hingga 18 jam. Kelebihan lainnya adalah pada perlengkapan sensor Fingerprint yang dapat di manfaatkan untuk ke amanan smartphone.

Flash Asus ZenFone 3 Max X008DA (ZC520TL)

Desain mewah dengan balutan material metal menjadikan smartphone ini terlihat seperti smartphone kelas premium. Terdapat slot dibagian samping untuk penempatan Dual SIM yang dilengkapi dukungan jaringan 4G LTE.

Adapun kekurangan dari smartphone Asus ZenFone 3 Max meliputi baterai yang bersifat Non-removable sehingga baterai tertanam di dalam dan belum dilengkapi fitur Fast charging.

Sementara saat smartphone sobat mendapati sebuah problem software dan menyangkut pada sistem operasi maka sobat bisa memulihkannya hanya dengan beberapa langkah saja. Tentunya sobat harus menyiapkan filenya untuk memulihkan kondisi smartphone sobat karena mengalami masalah bootloop.

Kami juga sudah siapkan beberapa file yang bisa menjadi pilihan sobat untuk di jadikan bahan. Setelah bahan sudah siap maka sobat bisa langsung kelangkah memulai flash firmware ke smartphone.

Simak juga: Cara Hard Reset Asus ZenFone 3 Max X008DA (ZC520TL) via Recovery

Note: Upgrade ulang dan melakukan pembaharuan sistem pada perangkat smartphone merupakan langkah serius yang harus Anda perhatikan. Pastikan Anda sudah melakukan backup data sebelumnya jika memang ada data penting yang tersimpan di dalam perangkat atau smartphone.

Berikut Bahan Yang Harus Sobat Siapkan:

Cara Flash Ulang Asus ZenFone 3 Max X008DA (ZC520TL) via Recovery

  1. Format dahulu microSD
  2. Setelah file firmware sudah di download maka copy saja ke dalam microSD tadi
  3. Pastikan daya baterai smartphone terisi 80%
  4. Posisikan smartphone dalam kondisi off atau matikan dahulu bila dalam keadaan menyala
  5. Pasang microSD ke slot yang tersedia di smartphone
  6.  Hidupkan ulang smartphone dengan menekan tombol Volume (+) dan Power dan tahan sampai logo Asus muncul dan ada pilihan menu fastboot
  7. Pada menu ini sobat bisa menekan tombol Volume (+) untuk menggulir ke menu Recovery lalu tekan Volume (-)
  8. Tidak lama menu recovery Android akan ditampilkan
  9. Sobat bisa menekan Volume untuk menggulir ke menu Apply update from SDcard lalu tekan tombol Power
  10. Selanjutnya pilih file zip yang sobat copy tadi maka proses update akan berlangsung
  11. Tunggu hingga proses tersebut sampai menandakan Update Complete
  12. Setelah selesai maka sobat pilih Reboot system now
  13. Selesai

Perlu sobat tahu ketika smartphone telah di reboot biasanya memerlukan booting cukup lama. Maka dari itu sobat tidak perlu panik dan hanya tinggal menunggu smartphone memasuki layar dengan beberapa perintah settingan bahasa.

Setelah sobat mencoba melakukan flash ulang dengan menggunakan file zip via recovery mendapati kasus failed atau muncul notifikasi lain maka sobat bisa mencoba cara ini. Melakukan flash dengan tool ADB Fastboot juga perlu dicoba untuk memperbaiki smartphone ketika stuck dilogo.

Siapkan Bahannya Dulu Berikut ini:

Cara Flash Asus ZenFone 3 Max X008DA (ZC520TL) via ADB Fastboot Tool

  1. Pertama siapkan smartphone dengan daya baterai cukup
  2. Buatlah satu folder lalu kumpulkan bahan hasil download tadi kedalamnya
  3. Kemudian ekstrak semua bahan kecuali firmware
  4. Selanjutnya instal Asus USB Driver dan Intel Android Driver
  5. Rubah dulu file firmware dalam format zip UL-ZB500KG_ASUS_X00BD-WW-12.0.0.0139-user.zip tadi menjadi  user.zipCara Flash Asus Zenfone X008DA via ADB Fastboot
  6. Copy file user.zip kedalam ADB Fastboot tool yang sudah diekstrak tadi
  7. Hidupkan smartphone dengan menekan tombol Volume (+) dan Power dan tahan sampai logo Asus muncul dan ada pilihan menu fastboot
  8. Pada menu ini sobat bisa menekan tombol Volume (+) untuk menggulir ke menu Recovery lalu tekan Volume (-)
  9. Pilih Recovery maka smartphone akan masuk pada Android system recovery
  10. Tekan Volume (-) dan gulir ke Apply update from ADB lalu tekan Power
  11. Jalankan START ADB Fastboot tool hingga terbuka seperti berikut dan hubungkan smartphone sobat dengan USB kabel yang sudah tersambung dengan PC
  12. Setelah itu ketikan perintah adb devices lalu enter hingga menandakan bahwa smartphone sukses terdetek dengan ADB Fastboot toolCara Flash Asus Zenfone X008DA
  13. Selanjutnya ketikan lagi adb sideload user.zip kemudian enter
  14. Sobat akan melihat sending proses menginstall firmware ke smartphone dan proses ini hanya memakan waktu beberapa menit saja
  15. Tunggu proses mencapai 100% yang menandakan bahwa flash firmware telah sukses
  16. Kemudian hidupkan smartphone sobat

[postingan number=2 tag=”Flashing Asus”]

Demikianlah postingan kami yang mengulas tentang panduan cara flash ulang smartphone Asus ZenFone 3 Max X008DA (ZC520TL). Semoga langkah yang kami sajikan di atas bisa menjadi sangat bermanfaat dalam membantu sobat yang belum memahami cara melakukan flash ulang firmware.