Mengapa Anda Harus Ikut Program Affiliate Marketing

Apakah Anda seorang Blogger yang membutuhkan penghasilan tambahan? Atau Anda berencana untuk mendirikan bisnis online shop sendiri, tetapi masalahnya Anda masih belum memiliki stock produk untuk dijual?


mengapa-anda-harus-ikut-program-affiliate-marketing

Jika demikian, afiliasi merupakan solusi terbaik sebagai tujuan tepat Anda saat ini. Dengan program ini, Anda tidak perlu khawatir tentang produk yang harus dijual. Yang perlu Anda miliki hanyalah situs web dengan konten bagus yang terkait dengan produk dari perusahaan online tertentu. 

Dengan bergabung menjadi anggota atau menjadi afiliasi, Anda dapat mulai mendapatkan sejumlah uang dari blog.

Affiliate marketing adalah hubungan bisnis yang didirikan antara perusahaan atau pedagang dan afiliasinya. Seorang anggota setuju untuk mengarahkan beberapa lalu lintas ke situs web pedagang melalui link tautan. 


Misalkan lalu lintas diubah menjadi tindakan, seperti pengunjung yang membeli produk di situs web pedagang tersebut. Afiliasi yang mengarahkan lalu lintas akan diberi kompensasi. Kompensasi dapat berupa persentase komisi penjualan untuk penjualan yang dihasilkan. 

Atau biaya tetap yang ditentukan sebelumnya pada aplikasi afiliasi pada program afiliasi merchant. Keduanya menjanjikan banyak manfaat baik dari pedagang (Perusahaan) dan juga kepada afiliasi. 

Affiliate telah menjadi salah satu metode pemasaran online paling populer saat ini. Hampir setiap situs merchant atau pengecer menawarkan program afiliasi yang dapat diikuti oleh siapa saja. Termasuk Anda yang pada kesempatan ini mencari atau ingin bergabung pada program bisnis ini.

Kebanyakan pemilik program akan menarik orang untuk menjadi afiliasi atau anggota mereka dengan menjanjikan keuntungan besar seperti komisi besar, komisi seumur hidup, pendapatan klik-tayang, dan banyak manfaat lainnya.

Tetapi apakah semua program afiliasi ini memberikan manfaat yang sama?

Sebagian besar program afiliasi akan membayar Anda sesuai dengan perjanjian sebagai afiliasi. Komisi satu kali untuk setiap penjualan atau prospek yang Anda bawa ke situs web mereka. Komisi untuk program afiliasi semacam ini biasanya besar, mulai dari 15% hingga tinggi sekitar 60%.

Program afiliasi lainnya akan membayar Anda biaya tetap untuk setiap klik-tayang atau lalu lintas yang Anda kirim ke situs web. Program seperti ini sering membayar biaya yang lebih kecil untuk setiap klik-tayang, biasanya tidak mendapatkan lebih dari setengah juta.


Namun, hal yang baik tentang program semacam ini adalah bahwa pengunjung tidak perlu membeli apapun untuk afiliasi agar bisa mendapatkan kompensasi. Jenis lain dari program afiliasi adalah program afiliasi pendapatan residual.

Program afiliasi ini biasanya hanya membayar sebagian kecil dari komisi penjualan untuk setiap penjualan yang diarahkan oleh afiliasi ke situs web pedagang. Komisi ini sering datang hanya dalam 10% sampai 20% untuk komisi penjualan produk.

Program afiliasi sisa memang akan membayar dengan tarif yang lebih rendah. Namun, pedagang yang menawarkan program seperti itu umumnya akan membayar Anda komisi reguler dan berkelanjutan untuk satu penjualan yang dimulai oleh afiliasi.

Itu berarti, untuk upaya yang sama yang Anda lakukan dalam mempromosikan program afiliasi tertentu, Anda hanya dibayar sekali dalam program komisi satu kali dan komisi reguler dan berkelanjutan untuk program residual.


Jadi, apakah manfaat dari mempromosikan program afiliasi residual lebih jelas bagi Anda sekarang? Atau masih belum paham? Jika masih belum mengerti, mari kita perjelas dengan contoh ini.

Misalkan dua pedagang online sama-sama menawarkan layanan web hosting di situs web mereka. Pedagang pertama menawarkan jenis komisi satu kali dari program afiliasi dan membayar sebesar Rp 80.000 untuk setiap penjualan yang dilakukan oleh afiliasi.

Pedagang kedua juga menawarkan program afiliasi, akan tetapi program afiliasi sisa hanya membayar Rp 50.000 untuk setiap penjualan yang dilakukan oleh afiliasi. Sebagai afiliasi, kami mungkin langsung tertarik dengan apa yang ditawarkan pedagang pertama, karena nilai komisinya Rp 80.000. Jauh lebih besar dari penawaran pertama.

Tetapi dengan memikirkan hal-hal sebelum benar-benar masuk ke dalamnya, orang mungkin melihat bahwa pedagang kedua menawarkan lebih banyak kesempatan kepada kita untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Misalkan Anda telah mengarahkan lalu lintas ke pedagang, dan itu diubah menjadi penjualan, Anda akan dibayar sekali oleh pedagang pertama untuk penjualan yang telah Anda hasilkan. 


Tetapi dengan pedagang kedua, Anda akan dibayar setiap bulan selama pelanggan yang Anda rujuk ke pedagang terus memanfaatkan layanan web hosting tersebut.

Itu berarti bahwa Anda dibayar bulanan dalam program afiliasi sisa untuk upaya yang sama mendapatkan satu pelanggan untuk memanfaatkan layanan pedagang.

Jadi, apakah program afiliasi pedagang yang kedua layak untuk dipromosikan? Pasti ya, karena Anda sebenarnya mendapatkan lebih banyak uang dari jenis program afiliasi ini dalam jangka panjang.

Dan apakah program afiliasi dari contoh pedagang yang kedua bekerja paling baik untuk Anda? Mungkin tidak, mungkin saja iya. Sebenarnya bukan hak saya untuk mengatakannya lebih cerdas. Itu tergantung bagaimana kita menjalaninya sebagai afiliasi agar bisa menghasilkan komisi yang lebih besar.